Pemodelan Karakter 3-Dimensi Menggunakan Geometri Shape Polygon dengan Tehnik Extrude Face

Rahmad Hidayat

Abstract


Abstrak  Karakter 3-dimensi banyak digunakan diberbagai industri antara lain film, animasi, iklan dan game. Karakter 3-dimensi juga banyak digunakan dalam dunia medis sebagai representasi interaktif anatomi manusia.  Pemodelan karakter 3-dimensi merupakan serangkaian proses representasi sebuah karakter dalam ruang 3-dimensi. Pada tahap awal sebelum memodelkan karakter 3-dimensi, terlebih dahulu karakter tersebut dibuat sketsa tampak depan, tampak atas, dan tampak samping. Sketsa itulah yang kemudian dituangkan kedalam perangkat lunak untuk menghasilkan model objek tersebut dalam bentuk 3-dimensi. Terakhir adalah proses untuk menjadikan suatu objek menjadi realistis yaitu proses rendering. Jika pada dua proses sebelumnya, objek yang diolah masih berupa kerangka kasar, maka dalam proses inilah suatu objek akan diubah sehingga objek tersebut menjadi realistis dengan melakukan texture mapping, pencahayaan, refleksi, penambahan bayangan, transparansi atau opacity.  Pemodelan objek dengan menggunakan polygon dapat dilakukan dengan mudah dan proses rendering juga menjadi lebih cepat.

Kata Kunci: pemodelan, polygon, karakter 3-dimensi, rendering


Keywords


Katapemodelan, polygon, karakter 3-dimensi, rendering

References


Chopin, Ami. 2003. 3D Art Essentials: The Fundamentals of 3D Modeling, Texturing, and Animation. Edisi ke-1. United States : New Riders Publishing

Vaughan, W. 2011 Digital Modeling. Edisi ke-1. United States : Charles River Media.

Dwyer, D. 2000. Digital Lighting And Rendering. Edisi ke-1. United States : New Riders Publishing

Dwyer, D. 2000. Digital Lighting And Rendering. Edisi ke-1. United States : New Riders Publishing

Kundert-Gibbs, J dan D’Arrigo, E. 2002. Maya Secret Of The Pros. Edisi ke-1.United States : Sybex.

Kundert-Gibbs, J dan D’Arrigo, E. 2005. Maya Secret Of The Pros 2nd Edition. Edisi ke2.United States : Sybex.

Marrafi, C. 2003. Maya® Character Creation: Modeling and Animation Controls. Edisi ke – 1. United States : New Riders Publishing.

Murdock, K. 2004. Maya 6 Revealed. Edisi ke-1. Thomson Course Technology.

Sarris, N dan Strintzis, M. 3D Modeling and Animation : Synthesis And Analysis Techniques




DOI: https://doi.org/10.29103/arj.v6i6.1210

Article Metrics

 Abstract Views : 1086 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rahmad Hidayat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



Indexed in:

Crossref logo  Portal Garuda   Google Scholar      Dimension

Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by:
Architecture Program
Universitas Malikussaleh