Author Guidlines

PETUNJUK PENULISAN NASKAH JURNAL

JURNAL AGRIUM

 

J

urnal AGRIUM merupakan media publikasi ilmiah bidang pertanian. Naskah berasal dari hasil penelitian dasar dan terapan, makalah yang telah diseminarkan dan ulasan (review).

Pedoman Umum

Naskah yang diajukan belum pernah diterbitkan atau tidak sedang dalam proses evaluasi pada media lain. Penerbit tidak bertanggung jawab terhadap klaim atau permintaan kompensasi terhadap hal-hal yang berhubungan dengan naskah. Naskah dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dengan memenuhi kaidah-kaidah tulisan ilmiah dengan menggunakan gaya bahasa yang efektif dan akademis. Naskah diketik pada kertas ukuran A4, ketikan dua spasi menggunakan huruf tipe Times New Roman berukuran 11 point. Tabel dan gambar diketik pada lembar terpisah untuk memudahkan pengeditan. Naskah asli dikirim sebanyak dua eksemplar beserta dokumen dalam bentuk soft copy. Naskah dapat diantar langsung atau dapat diemail ke alamat agrium.unimal@.ac.id

Susunan Naskah

Naskah disusun dalam urutan judul, penulis dan institusi, abstrak, pendahuluan, bahan dan metode, hasil dan pembahasan, kesimpulan, ucapan terima kasih (bila diperlukan), serta daftar pustaka.

Judul: Singkat, jelas, menggambarkan isi naskah dan informatif (tidak lebih dari 15 kata), ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Penulis dan Institusi: Nama ditulis tanpa gelar dan nama penulis pertama adalah penulis utama. Institusi dan alamat penulis pertama, kedua, dan seterusnya ditulis lengkap apabila berbeda termasuk nomor Kode Pos. Alamat email dicantumkan untuk penulis korespondensi.

Abstrak: Abstrak harus mewakili seluruh materi penulisan dan implikasinya secara ringkas, berisi  maksimum 250 kata dan diketik 1 spasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.  

Kata Kunci: dipilih kata yang mudah ditelusuri dan mewakili isi naskah (3-5 kata). Disajikan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Pendahuluan: Memuat latar belakang, rumusan masalah, kutipan pustaka yang relevan, dan tujuan.

Bahan dan Metode: Meliputi tempat dan waktu, rancangan percobaan, pelaksanaan, dan metode analisis.

Hasil dan Pembahasan: Hasil harus dikemukan secara jelas dan baik dengan penggunaan (tabel, grafik, diagram, foto, lukisan/gambar, dan ilustrasi). Pembahasan harus mampu mengulas data yang berisi pemecahan terhadap masalah yang dikemukakan. Hasil dan pembahasan disusun dalam satu bab.

Kesimpulan: Sintesis atau simpulan dari hasil dan pemBahasan secara singkat dan jelas. Jawaban tujuan dan hipotesis dari penelitian.

Daftar Pustaka: Disusun berdasarkan alfabet. Memuat nama pengarang, tahun, judul tulisan atau majalah, volume, nomor seri, halaman, dan kota terbit. Sumber pustaka dari website harus disertakan website dan tanggal unduh.

Contoh Penulisan:

Buku:

Tabe, L.M., Higgins, C.M., McNabb, C.M., Higgins, T.J.V., ‘Genetic engineering of grain and pasture legumes for improved nutritive value’, Genetica, Vol 90, 1993, pp 181–200.

Jurnal:

AG Rosnina, YS Tan, N Abdullah, S Vikineswary.   2016. Morphological and molecular characterization of yellow oyster mushroom, Pleurotus citrinopileatus, hybrids obtained by interspecies mating. World Journal of Microbiology and Biotechnology 32 (2), 18

Skripsi/Tesis/Disertasi:

Rosnina A.G. 2017. Conventional Interstrain Mating Between Pleurotus pulmonarius (FR.) Quél and Pleurotus citrinopileatus Singer and Yield Performance of Selected Hybrids (Disertation). Universiti Malaya Kuala Lumpur. P. 112.

Informasi dari Internet:

Wills, T.A., Sandy, J.M., Yaeger, A., and Shinar, O. 2001. Family Risk Factors And Adolescent Substances Use: Moderation Effects For Temperament Dimensions. Developmental Physchology. 37: 238-297. http://www.apa. org/journals/dev/dev373283.html. [8 Januari 2010].

Naskah siap cetak (proof draft): Contoh naskah siap cetak akan dikirimkan melalui email kepada penulis korespondensi untuk diteliti secara seksama. Koreksian harus dikembalikan  ke Jurnal Agrium dua hari setelah email diterima.