Sterilisasi Eksplan Pisang Barangan (Musa paradiciaca L.) melalui Teknik In Vitro dengan Perlakuan Lama Perendaman dan konsentrasi Klorok

Lukman Lukman, Maryami Maryami

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui lama perendaman dan konsentrasi klorok terhadap sterilisasi eksplan pisang barangan melalui teknik in vitro. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Kultur Jaringan Tanaman Fakultas Pertanian Universitas Malikussaleh Lhokseumawe. Rancangan yang digunakan adalah  Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial.  Faktor yang diteliti yaitu  konserntasi klorok dan lama perendaman eksplan  dalam klorok yaitu:  P1 = 5 menit perendaman dalam klorok, P2 = 10 menit perendaman dalam klorok, P3 = 15 menit perendaman dalam klorok, dan P4 = 20 menit perendaman dalam klorok. Faktor kedua yaitu Konsentrasi klorok (K) yang terdiri dari K1 = 10 % klorok, K2 =  20 % klorok dan  K3 =   30 % klorok. Terdapat 12 perlakuan yang diulang sebanyak 3 kali sehingga terdapat 36 unit percobaan, dan setiap unit percobaan ditanam 3 eksplan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lama perendaman berkorelasi positif dengan konsentrasi klorok, semakin pekat larutan klorok yang digunakan dalam batas tertentu maka semakin singkat waktu untuk melakukan sterilisasi. Perendaman klorok pada konsentrasi 10 % waktu yang diperlukan adalah 20 menit, konsentrasi klorok 20 % waktu yang diperlukan 10 menit dan konsentrasi klorok 30 % waktu yang diperlukan perendaman 5 menit.


Full Text:

PDF

References


Anonymous. 2004. Budi Daya Pisang Asal Kultur Jaringan. Dinas Pertanian dan Perkebunan. Pemerintah Propinsi DKI, Jakarta.

Anonymous. 2006 Perbanyakan BIbit Pisang Secara Kultur Jaringan. Http://www. dki.go.id

Gunawan L. W. 1992 Tekhnik Kultur Jaringan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Pusat Antara Universitas Bioteknologi. IPB.

Hendaryono, D.P.S. dan Wijayani 1994. Tekhnik Kultur Jaringan dan Petunjuk Perbanyakan Tanaman Secara Vegetatif – Modrn. Kanisius. Yogyakarta.

Priyono D. Suhandi dan Matsaleh. 2000. Pengaruh Zat Pengatur Tumbuh I AA dan z- IP Pada Kultur Jaringan Bakal Buah Pisang. Jurnal Hortikultura.

Sunarjono. 2002. Budi Daya Pisang dan Bibit Ku;tur Jaringan, Penebar Swadaya . Jakarta.

Wattimena GA, Gunawan LW, Mattjik NA, Syamsudin E, Wiendi NM, dan Ernawati A. 1992. Bioteknologi Tanaman, Labora-torium Kultur Jaringan Tanaman. Pusat Antar Universitas Bioteknologi. Institut Petanian Bogor, Bogor.




DOI: https://doi.org/10.29103/agrium.v11i2.641

Article Metrics

 Abstract Views : 4545 times
 PDF Downloaded : 582 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Lukman Lukman, Maryami Maryami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Agrium

ISSN 1829-9288 (Print)

ISSN 2655-1837 (Online)

Published by Faculty of Agriculture, Universitas Malikussaleh
Website : http://ojs.unimal.ac.id/index.php/agrium
E-mail : agrium@unimal.ac.id

Creative Commons License

Jurnal Agrium is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
(c) Author 2018 all rights reserved

Jurnal Agrium Statistics