Studi Pertumbuhan Bibit Anggrek Hitam Pada Kondisi Cekaman Kekeringan Menggunakan PEG

Cristi Redenta Manalu, Agustina Listiawati, Asnawati Asnawati

Abstract


Populasi anggrek hitam kian menurun setiap tahunnya yang disebabkan oleh fenomena alam maupun aktivitas manusia yang merambah hutan dan kegiatan eksploitasi anggrek secara besar-besaran. Pelestarian dan budidaya tanaman anggrek hitam di luar habitat aslinya mengalami kendala karena cekaman kekeringan akibat ketersediaan air yang tidak mencukupi. Anggrek hitam memerlukan  kondisi lingkungan dengan kelembapan yang cukup tinggi untuk pertumbuhan yang  optimal. Salah satu senyawa kimia yang umumnya digunakan untuk membantu melihat pengaruh cekaman kekeringan pada tanaman adalah PEG. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh   konsentrasi PEG yang dapat ditolerir oleh anggrek hitam pada fase pembibitan yang diaplikasi pada berbagai konsentrasi sebagai simulasi cekaman kekeringan. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak kelompok (kelompok adalah jumlah daun), yaitu konsentrasi PEG dengan 5 taraf perlakuan. Setiap perlakuan diulang sebanyak 5 kali dan setiap unit percobaan terdiri dari 4 tanaman sampel sehingga jumlah keseluruhan unit percobaan adalah 100. Adapun konsentrasi PEG yang diberikan adalah p0: 0% (kontrol), p1: 5%, p2: 10%, p3:15%, p4: 20%. Variabel yang diamati dalam penelitian ini yaitu, persentase jumlah bibit hidup (%), persentase pengurangan jumlah daun (%), pertambahan panjang akar, pertambahan tinggi tanaman, dan warna daun akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bibit anggrek hitam tidak tahan terhadap cekaman kekeringan melalui pengujian dengan PEG mulai dari konsentrasi 5% hingga 20%.


Keywords


Orchidaceae, Keanekaragaman, in-vitro

Full Text:

PDF

References


[Ditjenhorti] Direktorat Perbenihan Hortikultura. 2012. Anggrek Spesies Indonesia. Jakarta: Direktorat Perbenihan Hortikultura, Direktorat Jenderal Hortikultura, Kementrian Pertanian Republik Indonesia.

Cornic, G., & Massacci, A. 1996. Leaf photosynthesis under drought stress. In Photosynthesis and the Environment. Dordrecht: Springer Netherlands.

Farooq, M., Wahid, A., Kobayashi, N., Fujita, D., & Basra, S. M. A. 2009. Plant drought stress: effects, mechanisms and management. Journal Agron Sustain Dev, 29: 185–212.

Feriza, Y., Nurcahyani, E., Wahyuningsih, S., Yulianty. 2002. Pengaruh Polyethylene Glycol (PEG) 6000 Terhadap Karakter Ekspresi Spesifik Planlet Anggrek Dendrobium Sp. Secara In Vitro. Jurnal Analit: Analytical and Environmental Chemistry, 7: 2.

Gardner, F.P., B.Pearce, R. L. Mitchell. 1991. Physiology of Crops Plants. Iowa: The Iowa State University Press.

Garri, Handayani, T.T., Zulkifli & Handayani, S. 2020. The Effect of Polyethylene Glycol (PEG) on Green Mustard (Brassica juncea L.) Germination and Growth. Jurnal Ilmiah Biologi Eksperimen dan Keanekaragaman Hayati, 7: 1-8.

Oguz, M.C., Aycan, M.; Oguz, E.; Poyraz, I.; Yildiz, M. 2021. Responses and Mechanisms of Plants against Drought Stress. Encyclopedia. Available online: https://encyclopedia.pub/entry/39648 (diakses pada 18 Desember 2023).

Rahayu, E.S., G. Edi., I. Satriyas., & Sudarsono. 2005. Polietilena Glikol (PEG) dalam Media In Vitro Menyebabkan Cekaman yang Menghambat Tunas Kacang Tanah (Arachis Hypogeal L.) . Jurnal Hayati, 11: 39-48.

Salisbury, F.B., & C.W, Ross. 1995. Fisiologi Tumbuhan Jilid III. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Taiz, L. and Zeiger, E. 2002 Plant Physiology (Third Edition). Sunderland: Sinauer Associates, Inc., Publishers




DOI: https://doi.org/10.29103/agrium.v21i2.18304

Article Metrics

 Abstract Views : 82 times
 PDF Downloaded : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Cristi Redenta Manalu, Agustina Listiawati, Asnawati Asnawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Agrium

ISSN 1829-9288 (Print)

ISSN 2655-1837 (Online)

Published by Faculty of Agriculture, Universitas Malikussaleh
Website : http://ojs.unimal.ac.id/index.php/agrium
E-mail : agrium@unimal.ac.id

Creative Commons License

Jurnal Agrium is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
(c) Author 2018 all rights reserved

Jurnal Agrium Statistics