ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN KELAPA SAWIT PERKEBUNAN RAKYAT (Studi Kasus di Desa Cot Meureubo, Kecamatan Kuta MakmurKabupaten Aceh Utara)
Abstract
Penelitian ini menganalisis efisiensi pemasaran kelapa sawit yang diusahakan di Desa Cot Meureubo, Kuta Makmur. Lokasi ini merupakan sentra produksi kelapa sawit di Aceh Utara. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui (1) struktur pasar dari sistem pemasaran Kelapa Sawit, (2) marjin pemasaran, pangsa harga, keuntungan dan rasio harga di antara lembaga pemasaran.
Berdasarkan hasil penelitian, ada empat saluran pemasaran di lokasi penelitian, yaitu: Saluran I: Petani – pedagang pengumpul desa – pedagang pengumpul kecamatan – pabrik. Saluran II: Petani – pedagang pengumpul kabupaten – pabrik. Saluran III: Petani – pedagang pengumpul kecamatan – pabrik. Saluran IV: Petani – pedagang pengumpul kabupaten – pabrik. Struktur pasar cenderung sebagai pasar kompetisi tidak sempurna, merupakan pasar oligopsoni yang diukur oleh rasio konsentrasi. Keragaan pasar menyatakan bahwa marjin pasar dalam semua saluran beragam, distribusi marjin belum merata, pangsa harga petani masih rendah, keuntungan dan rasio harga juga beragam.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arshad, F.M. 1980. The Integration of Falm Oil Market in Peninsular Malaysia, Indian Journal of Agriculture Economic, Vol.45 No 1.
Azzaino, Zulkifli. 1982. Pengantar Tataniaga Pertanian, Depar-temen Pertanian Ilmu-ilmu Sisial Ekonomi Pertanian, IPB Bogor.
Brorsen, B. Wade. 1985. Marketing Margins and Price Uncertainty: The Case of the U.S. Wheat Market, American Journal of Agriculture Economics. Vol. 67 No 3 p. 521 – 528.
Dajan, Anto. 1986. Pengantar Metode Statistik Jilid II. LP3ES, Jakarta.
Downey, W dan Erickson. 1987. Manajemen Agribisnis (terjemahan Ir. Rochidayat Ganda S dan Alfonsus Sirait), Edisi Kedua, Erlangga, Jakarta.
Hamin, Alhusniduki. 1991. Tataniaga Pertanian. Kumpulan Makalah Penataran Dosen dalam Rangka Peningkatan Mutu Bidang Pertanian Program Kajian Agribisnis, Dirjen Dikti Jakarta.
.Harris, B. 1979. There is Method in My Madness or Is It Vice Versa ? Measuring Agricultural Market Performance, Food Research Institute Studies, Vol. XVII No 2 p. 197 – 218.
Kohls, Richard L dan Joseph N. Uhl. 1980. Marketing of Agriculture Product, Edisi ke 5. Collier International Editions.Macmillan Publishing
Kohls, Richard L dan David Downey. 1972. Marketing of Agricultural Product, Macmillan Publishing Co., Inc. New York.
Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol (terjemahan Hendra Teguh SE, Ak dan Ronny A Rusli SE, AK), Prenhallindo, Jakarta.
Kristanto et al. 1986. Pemasaran Hasil-hasil Pertanian, Yayasan Obor Jakarta.
Martin, Stephen. 1989. Industrial Economics : Economic Ana-lysis and Public Policy, Macmillan Publishing Company, New York.
Masyrofie. 1994. Diktat Pemasaran Hasil Pertanian, Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Universitas Brawijaya Malang.
Mubyarto. 1989. Pengantar Ekonomi Pertanian, LP3ES, Jakarta.
Prasodjo, Adi. 1997. Struktur, Perilaku dan Keragaan Pasar Cabai Rawit di Kecamatan Sukowono Jember, Tesis Program Pascasarjana Universitas Brawijaya Malang.
Purcell, Wayne D. 1979. Agricultural Marketing : System, Coordination, Cash and Future Prices, Reston Publishing Company, Inc. A Prentice Hall Company. Reston Virginia.
Rashid, A dan M.A Chaudhry. 1973. Marketing Efficiency In Theory and Practice, Lowa University Press, Ames.
Ravallion, M. 1986. Testing Market Integration, American Journal of Agricultural Economics, Vol. 68 No 1. p. 102 – 109.
Soekartawi. 1993. Manajemen Pemasaran Hasil-hasil Pertanian: Teori dan Aplikasinya, PT Raja Grapindo Persada Jakarta.
Stifel, L.D. 1975. Imperfect Competition in Vertical Market Network: The Case of Rubber in Thailand, American Journal of Agricultural Economics, Vol. 57 No 4, p. 631 – 640.
Tomek, W.G dan Robinson, K.L. 1997. Agricultural Product Prices. Cornell University Press, London.
DOI: https://doi.org/10.29103/ag.v1i2.766
Article Metrics
Abstract Views : 2842 timesPDF Downloaded : 835 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Muhammad Authar