ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PRODUK JAMUR PRIYAYI OEMAH DJAMUR SAWAH DI KABUPATEN KLATEN
Abstract
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui siklus hidup produk dan mendapatkan alternatif strategi pemasaran yang sesuai dengan posisi produk untuk meningkatkan penjualan. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan pelaksanaan penelitian studi kasus. Teknik analisis data mencakup analisis Polly & Cook, Evaluasi Faktor Internal, Evaluasi Faktor Eksternal, matriks Internal – Eksternal, dan Matriks Strength, Weakness, Opportunity, Threat (SWOT). Jenis data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk berada pada fase pertumbuhan dan alternatif strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan produk yaitu strategi pemasaran yang agresif melalui pemasaran secara digital, brand activation, serta penambahan saluran distribusi.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Siklus Hidup Produk, Keripik Jamur
Abstract
This study aimed to determine the product life cycle and obtain alternative marketing strategies that are in accordance with product positioning to increase sales. The research method used quantitative descriptive methods with the implementation of case study research. Data analysis techniques include Polly & Cook analysis, Internal Factor Evaluation, External Factor Evaluation, Internal – External matrix, and Strength, Weakness, Opportunity, Threat (SWOT) matrix. The type of data used is primary data and secondary data. The results showed that the product is in the growth phase and alternative marketing strategies to increase product sales, namely aggressive marketing strategies through digital marketing, brand activation, and additional distribution channels.
Keywords: Marketing Strategy, Mushrooms Chips, Product Life Cycle
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran (Dasar Konsep dan Strategi) (1st ed.). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
David, F. R., & David, F. R. (2019). Manajemen Strategik Suatu Pendekatan Keunggulan Bersaing (15th ed.). Jakarta: Salemba Empat.
Fawzi, M. G. H., Iskandar, A. S., Erlangga, H., Nurjaya, & Sunarsi, D. (2022). Strategi Pemasaran. Tangerang Selatan: Pascal Books.
Jaiz, M. (2014). Dasar – Dasar Periklanan. Yogyakarta: Graha Ilmu
Khumaira, N.A. Nugraha, I. (2024). Analisis Efektivitas Digital Marketing Dengan Metode Marketing Funnel Terhadap Penjualan Graha Office. Jurnal Pendidikan Tata Niaga. 12 (1) : 27 – 34.
Melati. (2021). Manajemen Pemasaran. Sleman: Deepublish (Grup Penerbitan CV. Budi Utama).
Polli, R., & Cook, V. (1969). Validity of the Product Life Cycle. Source: The Journal of Business, 42(4), 385–400. https://www.jstor.org/stable/2351877?seq=1&cid=pdf-
Puspitaningrum, D. A., Ilham, A., & Hikmah, K. (2021). Manajemen Strategi Dalam Agroindustri Nusantara (1st ed.). Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UPN Veteran Yogyakarta.
Saleh, M. Y., & Said, M. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran. Makassar: CV. Sah Media.
Sayekti, D.W. Ismono. H.R. Dyah Aring. (2018). Analisis Daur Hidup Produk Dan Strategi Pemasaran Bihun Tapioka Di Provinsi Lampung. Prosiding Seminar dan Lokakarya Nasional Forum Komunikasi Perguruan Tinggi Indonesia (FKPTPI). ISSN: 978 – 002 – 5679 – 70 – 4.
Widodo, S. (2018). Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Siklus Hidup Produk (Product Life Cycle). 4 (1): 84 – 90.
Yusuf, R. (2016). Optimalisasi Program Branding Dan Aktivasi Merek Di Era Digital. Jurnal Komunikasi. 7 (1): 9 – 13.
DOI: https://doi.org/10.29103/ag.v9i2.18819
Article Metrics
Abstract Views : 0 timesPDF Downloaded : 1 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Fatya Virnanda Sasetyawati, Dwi Aulia Puspitaningrum