ANALISIS MARKETING MIX TERHADAP TINGKAT PENJUALAN KAYU ALBASIA DI INDUSTRI PENGOLAHAN KAYU SUMBER ALBA CIKALONG

Rahman Devit, Ristina Siti Sundari, Reny Hidayati

Abstract


Pengenalan pasar untuk dapat menyesuaikan produk dan jasa perlu dilakukan untuk bisa membuat suatu perusahaan lebih maju dari pesaingnya. Bauran pemasaran (marketing mix) menjadi salah satu alat yang dapat digunakan untuk dapat memperhatikan jangka pendek dan jangka panjang strategi sekaligus perkembangan suatu perusahaan. Marketing mix memiliki peranan penting dalam mempengaruhi tingkat penjualan karena semakin buruk bauran yang dilakukan maka hal tersebut akan memberi pengaruh buruk pada tingkat penjualan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh marketing mix industri pengolahan kayu Sumber Alba Cikalong dalam meningkatkan voleme penjualan dan untuk mengetahui variabel marketing mix apa yang paling berpengaruh terhadap tingkat volume penjualan di industri pengolahan kayu Sumber Alba Cikalong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Sampel dari penelitian ini sebanyak 35 responden yang merupakan konsumen dari industri pengolahan kayu Sumber Alba Cikalong dan dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukan variabel marketing mix yaitu produk, harga, promosi, saluran distribusi berpengaruh terhadap tingkat penjualan di industri pengolahan kayu Sumber Alba Cikalong, dimana variabel marketing mix yang paling berpengaruh terhadap tingkat penjualan di industri pengolahan kayu Sumber Alba Cikalong yaitu variabel produk dan harga. Produk pihak dari industri Sumber Alba Cikalong dapat menyesuaikan kualitas sesuai dengan permintaan dari konsumen serta memiliki kualitas yang baik, selain itu harga yang diberikan pihak industri bersaing menyesuikan dengan kualitas produk tersebut sehingga memberikan peningkatan terhadap volume penjualan.

Keywords


Industri Pengolahan Kayu; Kayu Albasia; Marketing Mix

Full Text:

PDF

References


Fadillah, R., Artiningsih, D.W. and Zamilah, E. (2021) ‘Pengaruh Faktor-Faktor Marketing Mix Terhadap Volume Penjualan Pada Home Industri Ikan Sepat Kering Di Desa Muning Baru Kecamatan Daha Selatan Kabupaten Hulu Sungai Selatan’, Jurnal Uniska [Preprint], (3).

Indrayana, T.. W.P. (2019) Analisis Pengaruh Variabel Marketing Mix Terhadap Volume Penjualan Pada Pt. Danliris Di Sukoharjo. Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Intan, A.J.M. (2020) ‘The Effect of Marketing Mix (Product, Price, Place and Process) on Students’ Desire to Recommend Lectures in Tourism Academy of NHI Bandung’, Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 3(4), pp. 3933–3948. Available at: https://doi.org/10.33258/birci.v3i4.1460.

Murti, N.R., Sundari, R.S., Heryadi, D.Y. (2023). 'Pengaruh Bauran terhadap Volume Penjualan Keripik Tempe'. Mimbar Aagribisnis: Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis.

Nazmi, H. (2021) ‘Keputusan Pembelian Furing Prima Pada Pt. Biru Indokon’, Riset Manajemen & Bisnis (JRMB), 6(1), pp. 79–88. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.30743/jrmb.v6i1.3967.

Rizkya and Syafitri, Y. (2021) ‘Pengaruh Struktur Modal , Pertumbuhan Perusahaan , Ukuran Pada Perusahaan Properti Dan Real Estate Yang Terdaftar Di’, Jurnal Ratri (Riset Akuntansi Tridinanti), 2(2), pp. 36–46. Available at: https://doi.org/http://dx.doi.org/10.52333%2Fratri.v2i2.766.

Sugiyono (2017) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sundari, R.S., Sarmidi, S., Ahmad, F., Nursan, M., Hidayati, R. (2024). Chapter 1 of Water-Air-Soil for Sustainable Agriculture and People Well-Being. IKSAD Publishing House 1-20. ISBN: 978-625-367-670-4

Syam, S. (2022) ‘Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Motor Merek Yamaha Pada PT . Suraco Jaya Abadi Motor , Kota Makassar’, Jurnal Ekonomika, 6, pp. 131–146. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.37541/ekonomika.v6i2.709.

Tinungki, D.D., Tampi, E.R.J. and Punuindoong, Y.A. (2018) ‘Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Tingkat Penjualan Motor Yamaha Mio M3 Pada PT. Hasjrat Abadi Cabang Tumpaan’, Jurnal Administrasi Bisnis, 6(3), pp. 5–24. Available at: https://doi.org/https://doi.org/10.35797/jab.6.003.2018.20279.%25p.

Tjiptono, F. (2014) Pemasaran Jasa. Jakarta: Gramedia.

Wangarry, C.L. et al. (2018) ‘Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Di Pt. Hasjrat Abadi Ranotana’, Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(4). Available at: https://doi.org/10.35794/emba.v6i4.20935.

Wawolumaya, E. D., Tampi, D. L., & Rogahang, J. J. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan Volume Penjualan Pada Rose Collection Manado. Productivity, 1(2), 134-141.




DOI: https://doi.org/10.29103/ag.v9i2.16011

Article Metrics

 Abstract Views : 20 times
 PDF Downloaded : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rahman Devit, Ristina Siti Sundari, Reny Hidayati

Agrifo: Jurnal Agribisnis Universitas Malikussaleh