Tingkat efektifitas pemberian bantuan dana pengembangan usaha mina pedesaan (PUMP) pada kelompok nelayan di Kota Banda Aceh

Elfa Yeni, Agus Naufal

Abstract


Abstrak

Program Pengembangan Usaha Mina Pedesaan (PUMP) merupakan program yang dibuat oleh Departemen Kelautan dan Perikanan sebagai salah satu upaya untuk menanggulangi masalah kemiskinan pada masyarakat pesisir. Saat ini program PUMP di kota Banda Aceh sudah berjalan tetapi dalam kenyataannya masih banyak masyakat pesisir terutama para nelayan yang belum mendapat manfaat dari program tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat efektivitas bantuan PUMP dan mengetahui manfaat-manfaat dari dari program PUMP pada kelompok nelayan di Kota Banda Aceh. Metode pengambilan data adalah dengan metode survey pada 8 kelompok nelayan yang ada di kecamatan Syah Kuala Kota Banda Aceh. Dari data yang diperoleh diketahui bahwa tingkat pemberian bantuan dana PUMP pada kelompok nelayan adalah 43% dinilai tidak efektif. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pembinaan dan pendampingan terhadap kelompok nelayan yang memerima bantuan dana PUMP.

 Kata kunci: efektivitas; kemiskinanan; nelayan; PUMP

Abstract

Mina Rural Business Development Program (PUMP) is a program created by the Ministry of Marine Affairs and Fisheries as an effort to tackle the problem of poverty in coastal communities. Currently PUMP program in Banda Aceh has been running but, there are still many coastal communities especially fishermen who have not benefited from the program yet. The purpose of this research is to know the level of effectiveness of PUMP assistance and the benefits of PUMP program on fishermen group in Banda Aceh. Survey method was applied by dividing 8 groups of fishermen in Syiah Kuala sub-district of Banda Aceh. As a result, 43% of PUMP funding level was ineffective for fishermen group. It was caused by the lack of guidance and assistance to the fishermen group who receive PUMP funding assistance.

 Keywords: effectiveness; poverty; fishermen; PUMP


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Banda Aceh, 2013. Aceh Dalam Angka Tahun 2013. BPS Banda Aceh.

Imran, M., 2003. Kemiskinan dalam Masyarakat Nelayan. Jurnal Masyarakat dan Budaya. Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Kebudayaan LIPI. Jakarta.

Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP), 2014. Pedoman Teknis Pelaksanaan Kegiatan Pengembangan Usaha Mina Perdesaan Bidang Perikanan Tangkap Nomor KEP. 32/KEP-DJPT/2014.

Kusnadi, 2009. Keberdayaan Nelayan dan Dinamika Ekonomi Pesisir. Pusat Penelitian Wilayah Pesisir Dan Pulau-Pulau Kecil. Jember: Lembaga Penelitian Universitas Jember.

Muhidin, S.A., 2009. Konsep Efektivitas Pembelajaran. (online).http://sambasalim.com/pendidikan/konsep-efektivitas-pembelajaran.html. (diakses 9 oktober 2017).

Mulyadi S., 2007. Ekonomi Kelautan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 148 hlm




DOI: https://doi.org/10.29103/aa.v5i2.776

Article Metrics

 Abstract Views : 503 times
 PDF Downloaded : 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Copyright (c) Acta Aquatica: Aquatic Sciences Journal   

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.