Analysis of the yellowfin tuna marketing chain at PPP Pondok Dadap Sendang Biru, South Malang
Abstract
The goal of this study was to investigate the yellowfin tuna marketing chain in PPP Pondok Dadap Sendang Biru. Additionally, this study determined the margin and price share earned by yellowfin tuna fisherman. This research employed a survey strategy that included direct observation and interviews. The data used were original sources collected during October and November 2021. The respondents were chosen using the snowball sampling technique, which is a technique for identifying informants or respondents who possess a wealth of information on the research being conducted. There were 37 respondents. According to the study's findings, there are three distinct channels for yellowfin tuna marketing at PPP Pondok Dadap Sendang Biru. In chain 2, retailers earned the largest overall margin of Rp. 8,864/Kg, or 29 percent. In channel 3, retailers earned the largest overall margin of Rp. 12,000/Kg, or 34%. The biggest Fisherman's share, at 62 percent, is in the type 2 marketing chain.
Keywords: fisherman’s share; marketing chain; margin; tuna
Full Text:
PDFReferences
Apituley, Y. M. T. N., Nikijuluw, V. P. H., Wiyono, E. S., dan Hubeis, M., 2013. Model pengembangan sistem pemasaran ikan segar di kawasan Maluku Tengah. Institut Pertanian Bogor. Bogor.
Arbi, M., Thirtawati, T., dan Junaidi, Y., 2018. Analisis saluran dan tingkat efisiensi pemasaran beras semi organik di Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin. JSEP (Journal of Social and Agricultural Economics), 11(1): 22-32.
Atmajaya, O. D. D., 2021. Strategi pengembangan usaha perikanan tuna di Sendang Biru Malang pasca pandemi COVID-19. Jurnal Perikanan dan Kelautan, 11(1): 114-125.
Diatin, I., 1996. Strategi pemasaran ekspor ikan tuna beku. Buletin Ekonomi Perikanan, 2(59-68).
Effendy, S. W., 2017. Analisis saluran distribusi gas elpiji 3 kg serta dampaknya terhadap harga pada tingkat konsumen akhir (studi kasus kota Palembang). Sustainable Competitive Advantage (SCA), 7(1): 40-48.
Fauzi, A., 2010. Ekonomi perikanan teori, kebijakan, dan pengelolaan. PT Gramedia Pustaka Utama.
Fiddyawati, E., 2021. Analisis distribusi dan margin pemasaran hasil tangkapan ikan segar di TPI Sendangngbiru Kabupaten Malang Jawa Timur. UIN Sunan Ampel Surabaya. Surabaya.
Hanafiah, A., 1983. Tata Niaga hasil perikanan. Penerbit Universitas Indonesia. Jakarta.
Hapsari, Y. T., dan Fuad, A. D., 2017. Manajemen rantai pasokan pada masyarakat nelayan tradisional (Studi kasus pada nelayan Pfluger Jember). Gulawentah: Jurnal Studi Sosial ISSN: 2528-6293.
Indra, S. B., dan Haser, T. F. (2018). Efisiensi pemasaran kerang tiram Di Desa Kuala Langsa Kecamatan Langsa Barat Kota Langsa. Prosiding Seminar Nasional Pertanian,
Ismail, G., Supardi, S., dan Wahyuningsih, S., 2008. Analysis efficiency marketing system of fresh layang fish (Decapterus russeli) on pelabuhan fish auction place in Tegal City. Mediagro, 4(2): 39-50.
Iswahyudi, S., 2019. Pola saluran pemasaran dan farmer’s share jambu air CV Camplong. Jurnal Hexagro, 3(2): 33-38.
Johanson, D., 2013. Analisis efisiensi pola distribusi hasil penangkapan ikan nelayan Kecamatan Kahayan Kuala Kabupaten Pulang Pisau. Jurnal Sains Manajemen, 1(1): 96-109.
Kantun, W., dan Mallawa, A., 2019. Biologi Tuna Madidihang: Thunnus Albacares. UGM PRESS. Yogyakarta.
Kumbadewi, L. S., Suwendra, I. W., Susila, G. P. A. J., dan SE, M., 2016. Pengaruh umur, pengalaman kerja, upah, teknologi dan lingkungan kerja terhadap produktivitas karyawan. Jurnal Manajemen Indonesia, 4(1): 1-11.
Kusdiantoro, K., Fahrudin, A., Wisudo, S. H., dan Juanda, B., 2019. Kinerja pembangunan perikanan tangkap di Indonesia. Buletin Ilmiah Marina Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan, 5(2): 69-84.
Kusdiyanti, H., Zanky, M. N., Ubaidillah, A. F., Febrianto, I., dan Wijaya, R., 2020. Model eradication of poverty berbasis cycle system product industrial entrepreneur activity untuk membentuk rintisan UMKM di pantai Sendangbiru. at-tamkin: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2): 56-64.
Linthin, R. D., Zakaria, F. R., dan Trilaksani, W., 2018. Manfaat penerapan standar pada perusahaan tuna di DKI Jakarta. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 13(1): 39-45.
Nurdiana, N., 2018. Analisis pemasaran ikan bandeng di Desa Pitue Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. JEKPEND: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 1(1): 64-72.
Putri, A. M. S., 2016. Penataan kawasan wisata pesisir Sendang Biru yang optimal sebagai kawasan terintegrasi dengan pendekatan ICZM (Integrated Coastal Zone Management). Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya.
Qalsum, U., Adhi, A. K., dan Fariyanti, A., 2018. Pemasaran dan nilai tambah rumput laut di kabupaten Takalar, provinsi Sulawesi Selatan. MIX: Jurnal Ilmiah Manajemen, 8(3): 541-561.
Qurrata, V. A., 2017. Patron Client: Kontrak Semi Mudharabah Dalam
Teori Keagenan Di Perikanan Laut. El Dinar: Jurnal Keuangan dan Perbankan Syariah, 5(1): 1-8.
Rais, F., 2013. Analisis efesiensi pemasaran daging sapi di Pasar Sentral Kota Gorontalo. UNG. Gorontalo.
Rukajat, A., 2018. Pendekatan penelitian kualitatif (Qualitative research approach). Deepublish. Yogyakarta.
Saad, H., 2019. Analisis pemasaran jeruk pamelo di Kelurahan Attangsalo Kecamatan Ma’rang Kabupaten Pangkep. Universitas Negeri Makasar. Makasar.
Sakerebau, J., 2018. Memahami Peran Psikologi Pendidikan Bagi Pembelajaran. BIA': Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 1(1): 96-111.
Salganik, M. J., dan Heckathorn, D. D., 2004. Sampling and estimation in hidden populations using respondent‐driven sampling. Sociological methodology, 34(1): 193-240.
Sarmin, W. O. S. A., 2020. Analisis pemasaran kerang mutiara mabe (Pteria penguin) di Kelurahan Palabusa, Kecamatan Lea-lea, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara. Universitas Hasanuddin. Makasar.
Sudana, I. W., 2019. Analisis efisiensi pemasaran ikan teri segar hasil tangkapan nelayan di Desa Sanggalangit Kabupaten Buleleng. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(2): 637-648.
Suyono, B., dan Hermawan, H., 2013. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi produktivitas tenaga kerja pada industri kerajinan kulit di Kabupaten Magetan. Jurnal Ekomaks, 2(2): 1-15.
Talib, A., 2018. Peluang dan tantangan industri teknologi pengolahan hasil perikanan dalam mendukung terwujudnya lumbung ikan nasional (LIN) di Maluku Utara. Agrikan: Jurnal Agribisnis Perikanan, 11(1): 19-27.
Triyanti, R., dan Shafitri, N., 2017. Kajian pemasaran ikan lele (Clarias Sp) dalam mendukung industri perikanan budidaya (studi kasus di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah). Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan, 7(2): 177-191.
Widiana, F., dan Wikantiyoso, R., 2018. Implementasi kearifan lokal dalam strategi Pengembangan Wisata Pantai Sendang Biru untuk Pelestarian Pulau Sempu. Local Wisdom: Jurnal Ilmiah Kajian Kearifan Lokal, 10(1): 9-17.
Yapanto, L. M., 2020. Tataniaga dan margin pemasaran ikan tuna di Kota Gorontalo. Jambura Journal of Animal Science, 2(2): 38-45.
DOI: https://doi.org/10.29103/aa.v9i3.6872
Article Metrics
Abstract Views : 218 timesPDF Downloaded : 7 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) Acta Aquatica: Aquatic Sciences Journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.