Konsep Pemasaran Brand Wisata Halal dalam Mewujudkan Industri Pariwisata Kelas Dunia di Kota Banda Aceh

Mukhsin Rizal, Saprijal Saprijal, Adnin AS, Faez Syahroni, Yusra Jamali

Abstract


Halal tourism is a tourism activity that provides facilities and services in accordance with sharia principles, such as food, drinks, places of worship, accessories that meet halal standards. The purpose of this study was to determine the Marketing Concept of Halal Tourism Brands in Realizing a World-Class Tourism Industry in Banda Aceh City. The research method uses qualitative research, technical data collection observation, interviews and documentation. Data analysis techniques, data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of this study indicate that the marketing concept uses tourism activities, supported by various facilities and services that meet the provisions according to Islamic values, the Banda Aceh halal tourism marketing system carries out effective strategies to increase tourist visits and promote halal tourist destinations such as destinations, origins, time, promotional strategies, certification and standardization, management and improvement of facilities and infrastructure, and digital media. The advantages of Banda Aceh halal tourism can grow great tourism potential, implementation of halal tourism strategies, development of tourism based on Islamic law, attractive tourist destinations, national and international awards, community economic growth, halal certificates, and so on.

Abstrak: Wisata halal merupakan suatu kegiatan pariwisata yang menyediakan fasilitas dan layanan yang sesuai dengan prinsip syariah, seperti makanan, minuman, tempat ibadah, asesoris memenuhi standar kehalalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Konsep Pemasaran Brand Wisata Halal Dalam Mewujudkan Industri Pariwisata Kelas Dunia di Kota Banda Aceh. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif, teknis pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pemasaran menggunaakan kegiatan pariwisata, didukung oleh berbagai fasilitas dan layanan yang memenuhi ketentuan sesuai nilai-nilai islami, sistem pemasaran wisata halal Banda Aceh melakukan strategi yang efektif untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dan mempromosikan destinasi wisata halal seperti destination, origin, time, strategi promosi, sertifikasi dan standarisasi, pengelolaan dan pembenahan sarana dan prasarana, dan media digital. Keunggulan wisata halal Banda Aceh dapat menumbuhkan potensi wisata yang besar, implementasi strategi wisata halal, pengembangan pariwisata berdasarkan syariat Islam, destinasi wisata yang menarik, penghargaan nasional dan internasional, pertumbuhan ekonomi masyarakat, sertifikat halal, dan sebagainya.



Keywords


Konsep; Pemasaran; Brand Wisata Halal; Banda Aceh

Full Text:

PDF

References


Peraturan Walikota Banda Aceh Nomor 17 Tahun 2016 Tentang Penyelenggaraan Wisata Halal, (2016).

Adinugraha, H. H., Nasution, I. F. A., Faisal, F., Daulay, M., Harahap, I., Wildan, T., Takhim, M., Riyadi, A., & Purwanto, A. (2021). Halal Tourism in Indonesia: An Indonesian Council of Ulama National Sharia Board Fatwa Perspective. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(3), 665–673. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no3.0665

Affaza, H. (2018). Strategi Komunikasi Pemerintah Kota Banda Aceh Dalam Mempromosikan Wisata Halal [Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh]. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3415/%0Ahttp://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/3415/2/Humaira Affaza.pdf

Bungin, B. (2010). Analisa Data Penelitian Kualitatif. Rajawali Press, Jakarta.

Djakfar, M. (2019). Pariwisata Halal Perspektif Multidimensi (2nd ed.). UIN-MALIKI PRESS.

Ebrahimi, M., Yavarigohar, F., & Hasankashi, M. (2019). Prioritizing Iran’s Competitiveness Factors in Halal Tourism. Tourism Planning and Development, 8(28), 113–137.

Fahmi, R., & Haryanto, H. (2020). Pendayagunaan Kekuasaan Pemerintah Kota Banda Aceh Era Illiza Sa’aduddin Djamal Dalam Mewujudkan Kota Madani. Journal of Governance and Social Policy, 1(2), 86–103. https://doi.org/10.24815/gaspol.v1i2.18538

Hendrawathy Putri, I. D. A., & Ratmini, N. K. S. (2018). Strategi Komunikasi Pramuwisata dalam Menjaga Eksistensi Pariwisata Bali. Pariwisata Budaya, 3(1), 1–19. http://www.tribunnews.com/bisnis/2018/01/02/kunjungan-turis-asing-meningkat-586-persen-di-

Herizal, H., Rassanjani, S., & Muhkrijal, M. (2021). Kebijakan Kepariwisataan di Provinsi Aceh: Peluang dan Tantangan. Jurnal Public Policy, 7(1), 21–28. https://doi.org/10.35308/jpp.v7i1.3341

Hidayah, N. (2019). Pemasaran destinasi pariwisata. Alfabeta.

https://www.newsbandaaceh.com/. (2024). https://www.newsbandaaceh.com/2024

Irwansyah, I., & Zaenuri, M. (2021). Wisata Halal: Strategi dan Implementasinya di Kota Banda Aceh. Journal of Governance and Social Policy, 2(1), 41–45.

Jaelani, A. (2017). International Review of Management and Marketing Halal Tourism Industry in Indonesia: Potential and Prospects. International Review of Management and Marketing, 7(3), 25–34. http:www.econjournals.com

Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran Jilid 1 (12th ed.). PT Indeks.

Manan, A., Wirianto, D., Fadhilah, M. A., & Kamarullah. (2023). Halal Tourism: a Proposed Sharia Model for Implementation. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 11(1), 81–100. https://doi.org/10.26811/peuradeun.v11i1.784

Moleong, L. J. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Muis, M. (2020). Perkembangan Peluang dan Tantangan Wisata Halal di Aceh. Jurnal Adabiya, 22(1), 41–55. https://doi.org/10.22373/adabiya.v22i1.7456

Nasional, P. B. D. P. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pusat Bahasa.

Noviantoro, K. M., & Zurohman, A. (2020). Prospek Pariwisata Syariah (Halal Tourism): Sebuah Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0. Equilibrium: Jurnal Ekonomi Syariah, 8(2), 275–296.

Saleh, M., Kamaruzzaman, K., & Desky, H. (2022). Pengembangan Wisata Islami: Strategi Pemasaran Wisata Halal di Bumi Syariah. Owner, 6(2), 1221–1238. https://doi.org/10.33395/owner.v6i2.767

Saleh, R., & Anisah, N. (2019). Pariwisata Halal Di Aceh: Gagasan dan Realitas di Lapangan. SAHAFA Journal of Islamic Comunication, 1(2), 79–92. http://lifestyle.liputan6.com

Santoso, E. B., Rahmadanita, A., Rahmaniazar, L., Hidayat, E., & Alyani, N. (2021). Pengembangan Wisata Halal Di Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmu Pemerintahan Widya Praja, 47(2), 195–208. https://doi.org/10.33701/jipwp.v47i2.2231

Saprijal, S., Bariah, C., & Syahroni, F. (2023). Pengelolaan Objek Wisata Ie Suum dalam Peningkatan Daya Tarik Wisatawan Luar Daerah di Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Aceh Anthropological Journal, 7(2), 140–153. https://doi.org/10.29103/aaj.v7i2.12699

Segati, A. (2018). Pengaruh Persepsi Sertifikasi Halal, Kualitas Produk, dan Harga Terhadap Persepsi Peningkatan Penjualan. JEBI (Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam), 3(2), 159–169.

Septian Fatianda, A. Manan, N., & Ahmad, M. Y. (2020). Pekan Kebudayaan Aceh Dalam Perspektif Historis. Indonesian Journal of Islamic History and Culture, 1(1), 63–79. https://doi.org/10.22373/ijihc.v1i1.505

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi. In Bandung: Alfabeta.

Sukirman, D., & Zulkarnaen, W. (2022). Manajemen Pariwisata Halal Dalam Perspektif Ekonomi Syariah. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 3(1), 36–47. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/komitmen/article/view/19559%0Ahttp://journal.uinsgd.ac.id/index.php/komitmen/article/viewFile/19559/7496

Sutiksno, D. U., Revida, E., Munsarif, M., Simarmata, H. M., Saputra, D. H., Purnomo, A., Sudirman, A., Sisca, S., Napitupulu, D., & Purba, S. (2020). Tourism Marketing (1st ed., Issue May). Yayasan Kita Menulis.

Syuhada, M. N., Suyono, H., & Sumaryanto. (2020). Panduan Pengembangan Desa Wisata: Pendekatan Psikologi Komunitas (Vol. 19, Issue 5).




DOI: https://doi.org/10.29103/aaj.v8i2.18274

Article Metrics

 Abstract Views : 20 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Mukhsin Rizal, Saprijal Saprijal, Adnin AS, Faez Syahroni, Yusra Jamali

INDEXED BY:

Redaksi Aceh Anthropological Journal (AAJ): Gedung Program Studi Antropologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia. eMail: aaj.antro@unimal.ac.id

Lisensi Creative Commons

All publication by Aceh Anthropological Journal (AAJ) are licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional