Gambaran Determinasi Diri pada Mahasiswa Unimal yang Mondok di Dayah
DOI:
https://doi.org/10.2910/insight.v1i4.10652Keywords:
Dayah, Determinasi Diri, Mahasiswa yang MondokAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran determinasi diri pada mahasiswa Unimal yang mondok di dayah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan analisis univariat yang bertujuan untuk menggambarkan determinasi diri yang dimiliki mahasiswa Unimal yang mondok di dayah. Subjek dalam penelitian ini berjumlah seratus delapan puluh tujuh mahasiswa yang mondok dengan metode simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 47,1% mahasiswa Unimal yang mondok di dayah memiliki determinasi diri yang tergolong tinggi, artinya mahasiswa yang mondok termotivasi, senang berpartisipasi, dan mandiri sehingga para mahasiswa yang mondok mampu optimis dalam menjalani peran sebagai mahasiswa dan juga santri. Walaupun banyak mahasiswa Unimal yang mondok memiliki determinasi diri tinggi, terdapat pula 39% mahasiswa yang mondok tergolong dalam determinasi diri yang rendah. Dilihat dari kategori jenis kelamin, perempuan memiliki determinasi diri yang lebih tinggi dibandingkan laki-laki. Pada aspek determinasi diri ditemukan bahwa aspek otonomi yang paling tinggi dalam mengukur determinasi diri mahasiswa Unimal yang mondok di dayahReferences
Abdullah, N. (2014). Analisis pengaruh iklim lingkungan terhadap motivasi belajar santri dayah berbasis long- life learning di Aceh. Jurnal Pencerahan, 8(2), 122-132. https://jurnal.unsyiah.ac.id/JPP/article/view/2160/2113
Arezah, E., & Haryanta. (2012). Determinasi diri berperan dalam ketangguhan mental pada atlet mahasiswa.Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, Vol. 8 (2): 292. https://www.jurnal-umbuton.ac.id/index.php/Pencerah/article/download/2075/1232
Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2000). The what and why of goal pursuits : Human needs and the self-determination of behavior. Psychological Inquiry, 11(4), 227-268. https://doi.org/10.1207/S15327965PL1104_01
Fitri, H. Y., & Saraswati, S. (2021). Pengaruh self-determination dan prestasi akademik terhadap kematangan karier siswan ma nu nurul huda. Jurnal Bimbimbingan dan Konseling. Vol. 5 No 2. https://journal.upy.ac.id/index.php/bk/article/view/1570/1103
Haqiqi, A. R. (2016). Pengaruh determinasi diri terhadap kedisiplinan mahasiswa tahun pertam dalam mengikuti kegiatan di Mabna Ibnu Mahad Al-Jamiah Uin Maulana Malik Ibrahim Malang. Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/3731/1/12410145.pdf
lyas, M. (2016). Pendidikan dayah setelah undang-undang pemerintahan Aceh. Kanun Jurnal Ilmu Hukum, 18(3, Desember), 459-484. https://jurnal.usk.ac.id/kanun/article/view/5937/0
Lintang, C. N., & Luthfi, M. J. (2020). Kuliah dan nyatri sebagai penerapan visi integrasi interkoneksi. Prosiding Konferensi Interkoneksi Islam Dan Sains. 2, 275-277. http://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/kiiis/article/view/413
Maryuni, S. (2020). Pengaruh self determination terhadap prestasi belajar dengan self regulated learning sebagai variabel mediator. Skripsi. UIN Sunan Gunung Djati Bandung. http://digilib.uinsgd.ac.id/37180/
Nabila, N., & Laksmiwati, H. (2019). Hubungan antara regulasi diri dengan penyesuaian diri pada santri remaja pondok pasantren darut taqwa ponorogo. Jurnal Penelitian Psikologi. Vol. 6 (3). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/charracter/article/view/29499
Nazaruddin, K., & Matsyah, A. (2021). Aneuk meudagang tradition in dayah (a study on santriwati meudagang at Dayah Al-Ikhlas). Indonesian Journal of Islamic History and Culture. 2 (1), 146-166. https://journal.ar-raniry.ac.id/index.php/IJIHC/article/view/749
Nilamsari, G. A., Sugara, G. S., & Sulistiana, D. (2020). Analisis determinasi diri remaja. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research. 4 (1), 20-33. https://journal.umtas.ac.id/index.php/innovative_counseling/article/view/873
Oktavianda, M., Husen, M., & Nurbaity. (2019). Hubungan determinasi diri dengan sosial support di dayah modern darul ˜ulum Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 4(Desember), 81-87. https://rama.unsyiah.ac.id/index.php?p=show_detail&id=1656
Priyono (2008). Metode penelitian kuantitatif. Zifatama Publishing.
Rachman, D. N. (2015). Regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa yang memiliki peran banyak. Jurnal Psikologi. Vol 42, No 1. 61-77. https://jurnal.ugm.ac.id/jpsi/article/view/6943
Rahayu, P. B. (2018). Kajian tentang adaptasi santri baru di pondok pasantren darussalam putri selatan blokagung perspektif psikologi sosial. Jurnal Kreatifitas Mahasiswa, Vol 1, No.1. https://ejournal.iaida.ac.id/index.php/jkm/article/view/318
Retnaningsih, E. (2017). Rasionalitas mahasiswa menjadi santri di Pondok Pasantren Al-Husna Jl. Kalimantan 10 Tegal Boto Lor-Jember. Skripsi. Universitas Jember. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85056
Rhadiatullah, S. H., & Sinulingga, R. F. (2016). Self determination pada relawan pemerdayaan pemuda. Jurnal Diversita. 2 (1). https://doi.org/10.31289/diversita.v2i1.501
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2017). Self-determination theory basic psychological needs in motivation, development, and wellness. The Guilford Press. https://doi.org/10.1521/978.14625/28806
Schunk, Pintrich, Meece. (2012) Motivasi dalam pendidikan- teori, penelitian, dan aplikasi, Edisi ketiga. Terjemahan. Index
Sholehah, U. (2020). Revitalisasi determinasi diri pada mahasiswa pendidikan agama islam fakultas ilmu agama islama Universitas Islam Indonesia. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 3, No.1, Maret: 63-75. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/TARLIM/article/view/2982
Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. ALFABETA, CV.
Suyanta, S. (2012). Idealitas kemandirian dayah. Jurnal Ilmiah Islam Futura, XI (Februari). https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/islamfutura/article/view/52
Tyas, I. A., Komalasari, G., & Wahyuni. E. (2014). Determinasi diri mahasiswa jurusan bimbingan dan konseling universitas negeri jakarta tahun angkatan 2009-2013. Insight: Jurnal Bimbingan dan Konseling, Vol. 3, No. 2: 45-51. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/962721
Wattimena, I., Werdani, Y, D, W., Novita, B, D., & Dewi, D, A, L. (2015). Manajemen laktasi dan kesejahteraan ibu menyusui. Jurnal Psikologi. Vol 42, No.3, Desember: 233. https://journal.ugm.ac.id/jpsi/article/view/9911
Wardini, M., & Periantalo, J. (2019). Hubungan determinasi diri dan kecerdasan adversitas terhadap konflik peran ganda ibu bekerja di kota jambi. Jurnal Psikologi Jambi, Volume 4 (1): 16-24. https://online-journal.unja.ac.id/jpj/article/view/8781
Wijayanti, M., Hidayatullah, M. S., & Ekaputri, F. K. (2019). Hubungan determinasi diri dengan motivasi berwirausaha pada pedagang jamu di kampung pejabat (pengolah dan penjual jamu loktabat). Jurnal Kognisia, Vol. 2, No. 2, Oktober: 157. https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/kog/article/view/1684
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication and this work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
All articles in this journal may be disseminated by listing valid sources and the title of the article should not be omitted. The content of the article is liable to the author.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
In the dissemination of articles, the author must declare the INSIGHT:Jurnal Penelitian Psikologi as the first party to publish the article.