Hubungan Tingkat Pendidikan dan Pengetahuan Ibu Mengenai MP-ASI dengan Status Gizi Balita Usia 6 sampai 24 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Syamtalira Bayu

Afdhilla Zirva, Noviana Zara, Muhammad Khalilul Akbar

Abstract


Status gizi ekspresi dari keadaan keseimbangan dalam bentuk tertentu atau perwujudan dari nutriture (keadaan gizi) dalam bentuk variabel tertentu. Pada usia 6 sampai 24 bulan anak mulai diperkenalkan dengan makanan tambahan atau yang biasa disebut dengan makanan pendamping ASI. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi status gizi pada balita salah satunya makanan pendamping ASI pendidikan dan pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pendidikan dan pengetahuan Ibu mengenai MP-ASI dengan status gizi pada balita usia 6 sampai 24 bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Syamtalira Bayu Kabupaten Aceh Utara tahun 2019. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 69 balita yang memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi. Analisis data menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ibu yang memiliki pendidikan tinggi mempunyai anak dengan status gizi baik sebanyak 97,7% dan ibu dengan pengetahuan baik memiliki anak dengan status gizi baik sebanyak 95,0%. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan pendidikan dan pengetahuan Ibu mengenai MP-ASI dengan status gizi pada balita usia 6 sampai 24 bulan di wilayah kerja Puskesmas Syamtalira Bayu Kabupaten Aceh Utara tahun 2019 (p=0,030) dan (p=0,001).


Keywords


Status gizi, pendidikan, pengetahuan, MP-ASI

Full Text:

PDF

References


Wahyuni, I 2011. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Mp-Asi Dengan Pemberian Mp-Asi Pada Bayi Usia 6-12 Bulan di Posyandu Pereng Bumirejo, Lendah Kulon Progo Yogyakarta.

Kumusari, 2012. Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Makanan Pendamping ASI Dengan Status Gizi Pada Anak Di Wilayah Kerja Puskesmas Juwiring Klaten. Universitas Muhammaddiyah Surakarta.

ASEAN 2018. Malnutrition in South East Asia, http://theaseanspots.com/article/malnutrition-southeast-asia. Diakses pada 20 juni 2019.

Kemenkes RI, 2018, Hasil Utama Riskesdas 2018, Jakarta: Kemenkes RI Dinkes, Aceh, 2018, Studi Monitoring dan Evaluasi Program Gizi PSG & PKG Aceh

Gibney, M.J. 2008. Gizi Kesehatan Masayarakat, Jakarta, EGC.

Almatsier, S. 2002. Prinsip Dasar Ilmu Gizi, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.

Setiaji, A., 2012. Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Ibu Tentang Gizi Dan Status Gizi Pada Anak Usia Pra Sekolah Di Kabupaten Sukoharjo.Thesis. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mahardiani, A Dwi., 2011. Faktor-Faktor Berhubungan Dengan Pengetahuan Ibu Hamil Dengan Deteksi Dini Tanda Bahaya Kehamilan Di Wilayah Kerja Puskesmas Sawan I, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng Bali. Skripsi. FKMUI. Depok.

Notoadmojo, S., 2013. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Khodiyah, N., 2013. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Dengan Pemberianmakanan Pendamping Asi (Mp-Asi) Di Desa Jatirejo Kecamatan Jumapolo. Karya Tulis Ilmiah. Universitas Sebelas Maret.

Masyitha. 2011. Hubungan Antara Status Ekonomi Dengan Status Gizi Balita Di Desa Sarirogo Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. Karya Tulis Ilmiah. STIKES YARSIS : Surabaya.

Widiyawati, W., 2015. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Balita Mengenai Waktu Pemberian Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) dengan Status Gizi pada Balita Usia 6-24 Bulan di Kelurahan Semanggi Kecamatan Pasar Kliwon Kota Surakarta. Karya Tulis Ilmiah




DOI: https://doi.org/10.29103/jkkmm.v1i1.8031

Article Metrics

 Abstract Views : 430 times
 PDF Downloaded : 64 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Afdhilla Zirva, Noviana Zara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2830-6473 (media online)

Flag Counter

 

 

 

 

 

 

View Galenical Stats

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.