Hubungan Gaya Hidup Pasien Laki-Laki Terhadap Kejadian Hipertensi di Puskesmas Kuta Makmur

Ulfa Zuryani, Noviana Zara, Ridhalul Ikhsan

Abstract


Hipertensi sangat dipengaruhi oleh gaya hidup yang tidak sehat. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya hipertensi diantaranya kebiasaan merokok, aktivitas olahraga dan pola makan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan gaya hidup pada pasien laki-laki terhadap kejadian hipertensi. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 50 orang yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Analisa data menggunakan uji chi square. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa terdapat hubungan antara merokok dengan pasien hipertensi dengan nilai p value=0,012, terdapat hubungan antara olahraga dengan pasien hipertensi dengan nilai p value=0,002 dan terdapat pula hubungan antara pola makan dengan pasien hipertensi dengan nilai p value=0,000. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan antara gaya hidup pada pasien laki-laki terhadap kejadian hipertensi di Puskesmas Kuta Makmur pada tahun 2019. 


Keywords


Hipertensi, gaya hidup, merokok, olahraga, pola makan

Full Text:

PDF

References


Kemenkes RI. 2014. Infodatin Hipertensi. Jakarta : Kementrian Kesehatan RI.

Kemenkes RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) 2013. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Kemenkes RI. 2018. Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) 2018. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Amu, D.A. 2015. “Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Hipertensi di Wilayah Perkotaan dan pedesaan di Indonesia Tahun 2013”. Skripsi. Jakarta: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Ainun, S dkk. 2015. “Hubungan Gaya Hidup dengan Kejadian Hipertensi pada Mahaiswa di Lingkup Kesehatan Universitas Hasanuddin”. Makassar: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin.

Tapan MHA, Erik. 2009. Penyakit Ginjal dan Hipertensi. Jakarta: PT Eek Media Komputindo; hal 90-91.

Junaedi, E. Yulianti, S. Dkk. 2013. “Hipertensi Kandas Berkat Herbal”, ed 1. Jakarta: Fmedia.

Mahmudah, S. Taufik, M. Firlia, A. A, Ibnu, M. 2015., “Hubungan Gaya Hidup dan Pola Makan dengan Kejadian Hipertensi pada Lansia di Kelurahan Sawangan Baru” Kota Depok.

Noor, Nur Nasry. 2008. Pengantar Epidemiologi. Jakarta: Rineka Cipta.

Irza, Syukraini., 2009., “Analisis Faktor-Faktor Risiko Hipertensi pada Masyarakat Nagari Bungo Tanjung Sumatera Barat” Fakultas Farmasi USU.

Black, J.M & Hawks, J.H. 2005. “Medical Surgical Nursing Clinical Magament For Positive Outcomes”. 7th edition. St louis:elsevier saunders.

Rohaendi. 2008. Treatment Of High Blood Pressure. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Eriana, I. 2017., “Hubungan Gaya Hidup dengan Kejadian Hipertensi pada Pegawai Negeri Sipil UIN Alauddin Makasssar Tahun 2017”.

Widia dan Wayan. (2013). “Gambaran Faktor Risiko Hipertensi pada Masyarakat Pralansia di Wilayah Kerja Puskesmas Dawan I Periode Mei 2013”. E-Jurnal Medika Udayana.

Muliyati, H, Syam, A, Sirajuddin, S 2011, "Hubungan Pola Konsumsi Natrium dan Kalium serta Aktifitas Fisik dengan Kejadian Hipertensi pada Pasien Rawat Jalan di RSUP DR.Wahidin Sudirohusodo Makassar’" Media Gizi Masyarakat Indonesia, Vol.1, No.1, Agustus 2011, hlm.46-51.

Halperin et al., 2008., “Smoking And The Risk Of Incident Hypertension In Middle-Aged And Older Men” American Journal of Hypertension. Vol 21.2. hal.148-152.

Pusparani, I.D. 2016. “Gambaran Gaya Hidup pada Penderita Hipertensi di Puskesmas Ciangsana Kecamatan Gunung Putrid Kabupaten Bogor”. Skripsi. Jakarta: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syararif Hidayatullah.

Hanafi, A. 2016. “Gambaran Gaya Hidup Penderita Hipertensi di Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang”. Skripsi. Semarang: fakultas kedokteran Universitas Diponegoro.

Stefhany, E. 2012., “Hubungan Pola Makan, Gaya Hidup, dan Indeks Massa Tubuh dengan Hipertensi pada Pralansia dan Lansia di Posbindu Kelurahan Depok Jaya tahun 2012".

Suiraoka. 2012. “Penyakit Degeneratif Mengenal, Mencegah dan Mengurangi Faktor Risiko 9 Penyakit Degeneratif”. Yogyakarta: Nuha Medika.

Sigarlaki, H. 2006. “Karakteristik dan Faktor Berhubungan dengan Hipertensi di Desa Bocor, Kecamatan Bulus Pesantren, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah”. Makara, Kesehatan, Vol. 10, No. 2, Desember 2006: 78- 88. Jakarta.

Aisyiyah, F.N. 2009. “Faktor Risiko Hipertensi pada Empat Kabupaten/Kota dengan Prevalensi Hipertensi Tertinggi di Jawa dan Sumatera”. IPB. Bogor

Adiningsih, ER 2012, Hubungan Status Gizi, Asupan Makan, Karakteristik, Responden dan Gaya Hidup dengan Kejadian Hipertensi pada Guru-Guru SMAN di Kota Tanggerang Tahun 2012, Skripsi Pasca Sarjana, Universitas Indonesia Depok.

Azhari, M.H., 2017., “Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Hipertensi di Puskesmas Makrayu Kecamatan Ilir Barat II Palembang"




DOI: https://doi.org/10.29103/jkkmm.v1i1.7550

Article Metrics

 Abstract Views : 466 times
 PDF Downloaded : 56 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Noviana Zara, Ulfa Zuryani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2830-6473 (media online)

Flag Counter

 

 

 

 

 

 

View Galenical Stats

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.