Gambaran Kualitas Hidup Pasien Pasca Stroke Iskemik yang Mendapatkan Fisioterapi di RSUD Dokter Fauziah Bireuen

Safiratul Izzati, Anna Millizia, Maulana Ikhsan

Abstract


Stroke merupakan penyakit gangguan fungsional otak berupa kelumpuhan pada saraf (deficit neurologic) akibat gangguan aliran darah pada salah satu bagian otak. Jaringan otak yang mengalami hal ini akan mati dan tidak dapat berfungsi sehingga berakibat fatal atau bahkan dapat membatasi aktivitas pasien selama bertahun-tahun. Penderita stroke tidak dapat disembuhkan secara total. Namun, apabila ditangani dengan baik maka dapat meringankan beban penderita, meminimalkan kecacatan, dan mengurangi ketergantungan pada orang lain dalam beraktivitas. Untuk menghindari kecacatan pada pasien stroke langkah upaya untuk mencegahnya ialah dengan melakukan rehabilisasi. Salah satu cara rehabilisasi pasien stroke yaitu dengan memberikan terapi fisioterapi dimana tujuan fisioterapi pada penderita pasca stroke adalah untuk meningkatkan kualitas hidup, dapat bekerja kembali sesuai dengan pola gerak yang normal atau mendekati normal serta menurunkan tingkat kecacatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas hidup pasien post-stroke iskemik yang mendapatkan fisioterapi di Rumah Sakit Umum Daerah Dokter Fauziah Bireuen. Metode penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2023 – Mei 2023. Jumlah sampel sebanyak 60 pasien yang terdiagnosis stroke iskemik menggunakan teknik total sampling yang mana jumlah sampel sama dengan populasi. Hasil penelitian ini menunjukkan Gambaran karakteristik pasien post-stroke iskemik mulai dari usia yang paling banyak di dapat pada usia 46-55 tahun dan lebih dominan di derita oleh Laki-Laki. Kualitas hidup pasien post-stroke iskemik yang di dapat adalah pasien dengan kualitas hidup moderate/sedang dan frekuensi fisioterapi yang terbanyak adalah >10 kali.


Keywords


Fisioterapi, Kualitas Hidup, Stroke Iskemik

Full Text:

PDF

References


Pribadhi H PIA. 2019. Perbedaan kejadian depresi pasca-stroke pada pasien stroke iskemik lesi hemisfer kiri dan kanan di RSUP SANGLAH tahun 2017. 2019;8(3).

Firmansyah F, Andayani TM, Pinzon RT. Analisis biaya penyakit stroke iskemik. Manaj Dan Pelayanan Farm. 2016

Hariandja J. Identifikasi kebutuhan akan sistem rehabilitasi berbasis teknologi terjangkau untuk penderita stroke di Indonesia. J Unpar. 2013;2:0–31.

Ponorogo H. Fisioterapi Pada Pasien Pasca Stroke Kesibukan keluarga membuat dukung- penyembuhan berkurang , pasien stroke lebih stroke dan berduka karena kehilangan orang tetap kuat untuk hidup . Dalam kondisi dan menyebabkan citra diri terganggu , me- didalam karirn. J Kesehat Masy. 2021;5(1):12p.

Arianti WD, Ginting S, Tampubolon AC. Hubungan pengetahuan pasien tentang stroke dengan kepatuhan menjalani fisioterapi di Ruang Fisioterapi RSUD Dr.Pirngadi Medan Tahun 2016. J Ilm PANNMED (Pharmacist, Anal Nurse, Nutr Midwivery, Environ Dent. 2019;13(1):54–60.

Krisnawati D, Anggiat L. Terapi latihan pada kondisi stroke: kajian literatur. J Fisioter Terap Indones. 2021;1(1):1–10.

Sitepu NF, Aizar E, Asrizal, Zahara S. Pengaruh spritualitas terhadap motivasi pasien post stroke dalam menjalani fisioterapi di Rumah Sakit. J Kesehat dan Masy (Jurnal KeFis). 2022;2(April):42–7.

Muhrini A, Ika S, Sihombing Y, Hamra Y. hubungan umur, jenis kelamin, dan hipertensi dengan Kejadian Stroke. 2012;24–30.

Widyaswara Suwaryo PA, Widodo WT, Setianingsih E. Faktor Risiko yang Mempengaruhi Kejadian Stroke. J Keperawatan. 2019;11(4):251–60.

Wahyuni S, Dewi C. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi dengan Efikasi Diri Pasien Pasca Stroke: Studi Cross Sectional di RSUD Gambiran Kediri. J Wiyata.

Hajar SS, Hajar SS, Hajar SS. Abdimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat Sosialisasi Fisioterapi Di SMK Negeri 2 Sibolga Kota Sibolga. 2021;1(1).

Nalurani L, Pudji A, Dewa Gede Hari W dan I. Seminar Tugas Akhir Terapi Pasca Stroke Menggunakan Infra Red dan Pijatan Serta Shoulder Wheel. 2014;




DOI: https://doi.org/10.29103/jkkmm.v3i2.11990

Article Metrics

 Abstract Views : 36 times
 PDF Downloaded : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Safiratul Izzati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2830-6473 (media online)

Flag Counter

 

 

 

 

 

 

View Galenical Stats

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.