Analisis Hubungan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan Kejadian Skabies pada Santri di Pesantren Wilayah Kerja Puskesmas Peudada Tahun 2022

Cut Titien Mauliza, Harvina Sawitri, Mohammad Mimbar Topik

Abstract


Skabies merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh hewan sejenis tungau atau kutu Sarcoptes scabiei varietas hominis yang menyebabkan ruam dan kemerahan dikulit. Penyakit skabies sangat mudah menular dan menyerang pada komunitas yang padat terutama pada santri yang kurang menjaga kebersihan. Prevalensi skabies di Indonesia menurut data Departemen kesehatan Indonesia pada tahun 2013 mencapai 3,9–6%. Perilaku hidup bersih sehat (PHBS) memegang peranan penting dalam mencegah terjadinya penularan skabies. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara PHBS yang dilakukan santri dengan kejadian skabies di pesantren wilayah kerja Puskesmas Peudada. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan case control dan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini melibatkan 68 sampel yang terdiri dari 34 responden kasus, dan 34 responden kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara PHBS dengan kejadian skabies dengan nilai p-value 0,000 (<0,05) menggunakan uji chi-square. Nilai odd ratio menunjukkan bahwa santri yang tidak skabies memiliki tingkatan PHBS dua kali lebih baik dibandingkan dengan santri yang terkena skabies. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) yang dilakukan santri di pesantren dapat mempengaruhi terjadinya kejadian skabies.

Keywords


PHBS, skabies, eritematosa, papula eritematosa

Full Text:

PDF

References


Djuanda A. Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin Edisi 7. Jakarta: Balai Penerbit FKUI; 2018.

Khotimah H, Andayani SA, Maulidah R. Pengalaman Personal hygiene Pada Santri Putra Dengan Penyakit Skabies Di Pondok Pesantren Darullughah Wal Karomah Sidomukti Kraksaan Probolinggo. 2021;9(1):70–9

Naftassa Z, Putri TR. Hubungan Jenis Kelamin, Tingkat Pendidikan Dan Pengetahuan Terhadap Kejadian Skabies Pada Santri Pondok Pesantren Qotrun Nada Kota Depok. Biomedika. 2018;10(2):115–9.

Sayuti M, Mardiati, Zara N, Fikri HK. Analisis Faktor Risiko Kejadian Skabies Di Wilayah Kerja Puskesmas Dewantara Kabupaten Aceh Utara Tahun 2019. 2020;5(10):35–41.

Saputra R, Rahayu W, Putri RM. Hubungan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Dengan Timbulnya Penyakit Skabies Pada Santri. 2019.

Nadiya A, Listiawaty R, Wuni C. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Penyakit Skabies pada Santri di Pondok Pesantren Qotrun Nada Cipayung Depok Februari Tahun 2016;33–45.

Ihtiaringtyas S, Mulyaningsih B, Umniyati SR. Faktor Risiko Penularan Penyakit Skabies pada Santri di Pondok Pesantren An Nawawi Berjan Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo Jawa Tengah. Balaba Jurnal. 2019;83–90.

Patandung VP, Yolanda M, Sepang L, Dewi Wowor M, Studi P, Keperawatan D, et al. Tingkat Pengetahuan Masyarakat tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. An Idea Health Journal. 2022.

Juliansyah E, Minartami LA. Jenis Kelamin, Personal Hygiene, Dan Sanitasi Lingkungan Dengan Kejadian Penyakit Scabies Pada Santri Di Pondok Pesantren Darul Ma’Arif Kabupaten Sintang. Jurnal Mahasiswa Dan Peneliti Kesehatan. 2017;1–11.

Mubarak W. Promosi Kesehatan Masyarakat Untuk Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika; 2011.

Handoko RP. Scabies : Penyakit Kulit dan Kelamin. 5th ed. Balai Penerbit FKUI; 2009. 25–122 p.

Masruroh AT. Hubungan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Dengan Kejadian Skabies Pada Santriwati Pondok Pesantren. Jurnal Kesehatan. 2014




DOI: https://doi.org/10.29103/jkkmm.v2i4.10756

Article Metrics

 Abstract Views : 384 times
 PDF Downloaded : 50 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Cut Titien Mauliza, Harvina Sawitri, Mohammad Mimbar Topik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2830-6473 (media online)

Flag Counter

 

 

 

 

 

 

View Galenical Stats

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.