Identifikasi Telur Cacing Nematoda Usus pada Lalapan Kubis (Brassica Oleracea) di Warung Makan Jalan Darussalam Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe

Azman Bripo, Juwita Sahputri, Zubir Zubir

Abstract


Kecacingan menjadi salah satu masalah kesehatan di Indonesia. Telur cacing dapat ditularkan pada manusia dikarenakan mengkonsumsi sayuran yang kurang matang, dan tidak dicuci dengan bersih. Masyarakat Indonesia mempunyai kebiasaan memakan sayuran mentah dalam bentuk lalapan. Kubis merupakan jenis sayuran yang umumnya dikonsumsi secara mentah. Kubis memiliki permukaan daun yang berlekuk-lekuk sehingga memungkinkan telur cacing menetap didalamnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya telur nematoda usus pada lalapan kubis di warung makan dijalan Darussalam kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe. Jenis penelitian ini adalah uji laboratorium dengan menggunakan tektik purposive sampling dengan jumlah 22 warung makan. Pemeriksaan telur nematoda usus menggunakan metode flotasi dan kemudian dianalisis secara univariat. Hasil penelitian ini dari 12 sampel lalapan kubis yang diperiksa didapatkan sebanyak 3 (25,0%) ditemukan telur nematoda usus dan 9 sampel (75,0%) tidak ditemukan kontaminasi telur nematoda usus. Jenis telur nematoda usus yang mengontaminasi adalah Ascaris lumbricoides dengan jumlah 2 sampel (16,7%), Thichuris trhichiura dengan jumlah 1 sampel (8,3%), dan tidak ada kontaminasi telur Hookworm dan Strongiloides stercoralis. Kesimpulan penelitian ini ialah terdapat kontaminasi telur nematoda usus pada lalapan kubis pada sebagian warung makan yang menjual kubis sebagai lalapan.


Keywords


Nematoda usus, warung makan, lalapan kubis

Full Text:

PDF

References


Vina A, Imam F LYR. Identifikasi Telur Ascaris lumbricoides Pada Sayur Kubis (Brassica oleracea). J Borneo Cendekia. 2019;3(2):40–6.

Nasutoin AK. Kontaminasi Telur Soil Transmitted Helminths (STH) Pada Sayuran Mentah Pelengkap Ayam Penyet Di Kecamatan Medan Teladan. 2018;53(9):1689–99.

Suhaillah L, Tianingsih A. Identifikasi telur nematoda usus pada sayur kubis (Brassica oleracea) mentah dan matang di pasar baru GRESIK. J Sains [Internet]. 2017;7(14):1–7. Available from: http://journal.unigres.ac.id/index.php/Sains/article/view/608

Soeharto DF, Sudarmaja IM, Swastika IK. Prevalensi Telur Soil Transmitted Helminths Pada Sayuran Kubis Yang Dijual Di Kota Dennpasar. J Med Udayana [Internet]. 2019;8(11):1–7. Available from: https://ojs.unud.ac.id

Lestari TRP. Keamanan Pangan Sebagai Salah Satu Upaya Perlindungan Hak Masyarakat Sebagai Konsumen. Aspir J Masal Sos. 2020;11(1):57–72.

Angraini DA dan, Kristiawan A. 4. Identifikasi Telur Nematoda Usus Pada Sayuran Kubis (Brasssica oleracea) di Padar Tradisional, Supermarket, dan Warung Makan Gresik 2018. J Sains. 2018;8(16):42–8.

Bedah S, Astuti DD. Pencemaran Telur Nematoda Usus Pada Lalapan Daun Pohpohan, Daun Kenikir Dan Buah Kacang Panjang Yang Dijual Di Pasar Tradisional Embrio Kecamatan Makasar, Jakarta Timur Dan Hubungannya Dengan Tindakan Pencucian. Anakes J Ilm Anal Kesehat. 2020;6(2):169–80.

Science M. Jurnal Fatmawati Laboratory & Medical Science. 2021;1(1):1–10.




DOI: https://doi.org/10.29103/jkkmm.v2i3.10239

Article Metrics

 Abstract Views : 348 times
 PDF Downloaded : 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Azman Bripo, Juwita Sahputri, Zubir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2830-6473 (media online)

Flag Counter

 

 

 

 

 

 

View Galenical Stats

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.