Studi Kasus Gizi Buruk pada Anak Usia 36 Bulan di Desa Cot Kumbang Puskesmas Baktiya Kabupaten Aceh Utara

Dio Gusfanny, Isra Namira, Noviana Zara, Nur Fardian, Mardiati Mardiati, Julia Fitriani, Ridhalul Ikhsan, Meutia Maulina, Cut Ita Zahara, Zurratul Muna, Rahmia Dewi

Abstract


Malnutrisi merupakan masalah kesehatan masyarakat yang bersifat universal baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Terdapat dua kategori besar malnutrisi yaitu gizi kurang dan gizi lebih. Stunting, wasting dan underweight paling banyak terjadi di negara berpenghasilan rendah dan menengah ke bawah. Pasien An. R usia 36 bulan dengan jenis kelamin perempuan, datang ke Puskesmas dengan keluhan diare yang dialaminya dalam 2 hari ini. Dalam pengukuran antropometri didapatkan TB anak 87 cm, BB 8 Kg. Status gizi pasien berdasarkan Z-Score TB/U -2 SD, BB/U -3,4 SD dengan demikian dapat di interpretasikan anak mengalami pendek (stunting) dan gizi buruk. Terdapat dua faktor yang mempengaruhi pasien mengalami gizi buruk dan stunting, diantaranya adalah faktor internal (meliputi asupan makanan dan infeksi) dan faktor eksternal (penghasilan orang tua rendah, pendidikan orang tua, pola asuh yang kurang baik). Kunjungan dilakukan ke rumah pasien sebanyak 3 kali dengan interval tiap kali kunjungan adalah 1 minggu. Kunjungan pertama dan kedua belum ada peningkatan berat badan anak dan perubahan perilaku ibu/keluarga. Namun pada kunjungan terakhir ibu telah memahami dan melakukan anjuran dari edukasi yang telah disampaikan, seperti pola pemberian makan pada anak, gizi seimbang dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Kunjungan terakhir didapatkan peningkatan BB anak, yaitu dari 8 Kg menjadi 8,5 Kg. Diharapkan pada ibu dan anggota keluarga lain untuk tetap menerapkan perilaku yang telah di anjurkan agar tercapainya BB ideal dan keluarga yang sehat.


Keywords


Edukasi, Gizi buruk, Stunting

Full Text:

PDF

References


Dukhi N. Global Prevalence of Malnutrition: Evidence from Literature. Malnutrition. 2020;(April).

Zhang YQ, Li H, Wu HH, Zong XN. Stunting, wasting, overweight and their coexistence among children under 7 years in the context of the social rapidly developing: Findings from a population-based survey in nine cities of China in 2016. PLoS One [Internet]. 2021;16(1 January):1–15. Available from: http://dx.doi.org/10.1371/journal.pone.0245455

Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. 2019;

Rahmi P. Peran Nutrisi Bagi Tumbuh dan Kembang Anak Usia Dini. J Pendidik Anak Bunayya. 2019;5(1):1–13.

Rahmi H.G I. Telaah Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Status Gizi Balita Di Kota Padang Berdasarkan Berat Badan Per Tinggi Badan Menggunakan Metode Cart. EKSAKTA Berk Ilm Bid MIPA. 2017;18(02):86–99.

Tarigan, IU, Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Status Gizi Anak Umur 6-36 Bulan SSebelum dan Saat Krisis Ekonomi di Jawa Tengah, Buletin Penelitian Kesehatan, 2013.

RisKesDas. Hasil utama RISKESDAS 2018. Kementrian Kesehatan RI. 2018.

Bening, S., Margawati, A. & Rosidi, A. Asupan Zink, Riwayat ISPA dan Penngeluaran Pangan sebagai Faktor Resiko Stunting pada Anak Usia 2-5 tahun di Kota Semarang. J. Gizi 7, 20–29 (2018).

Agus A, Joko T. Literature Review : Faktor Risiko Kejadian Diare Pada Balita Di Indonesia Literature Review : Risk Factors For The Incidence of Diarrhea in Children Under Five in Indonesia. 2021;11(1):1–7.




DOI: https://doi.org/10.29103/jkkmm.v3i1.10009

Article Metrics

 Abstract Views : 105 times
 PDF Downloaded : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Dio Gusfanny, Isra Namira, Noviana Zara, Nur Fardian, Mardiati, Julia Fitriani, Ridhalul Ikhsan, Meutia Maulina, Cut Ita Zahara, Zurratul Muna, Rahmia Dewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ISSN 2830-6473 (media online)

Flag Counter

 

 

 

 

 

 

View Galenical Stats

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.