RANCANG BANGUN SISTEM PENYIRAMAN KLOSET MASJID OTOMATIS BERBASIS MIKROKONTROLER

Wanda Syahayu, Muchlis Abdul Muthalib, Kartika Kartika

Abstract


Sistem penyiraman kloset otomatis dapat menjaga kebersihan dan memberikan rasa nyaman kepada pengguna toilet. Selain itu, sistem otomatis dari penyiraman kloset dapat juga membantu para lansia atau orang yang sudah memiliki keterbatasan keterbatasan kemampuan dalam menggunakan toilet, sebuah alat otomatis telah dirancang dan telah direalisasikan menggunakan mikrokontroler Arduino dengan bahasa C/C++. Mode penyiraman otomatis sensor jarak merk Sharp GP2D12 digunakan untuk mendeteksi objek pada jarak di bawah 20 cm yang ada di depannya. Alat otomatis ini dilengkapi dengan sistem jeda waktu 3 menit sekali untuk penyiramannya secara terus menerus selama objek masih terdeteksi. Sensor Obascle di gunakan untuk mendeteksi objek pintu tertutup atau tidak dan mengintruksikan Motor Servo dan LED digunakan sebagai sistem informasi mengindikasikan ada atau tidak adanya orang. Berdasarkan hasil pengujian, disimpulkan bahwa alat otomatis ini dapat bekerja dengan baik pada jarak baca sensor di bawah 22 cm.

Keywords


Kloset, Arduino Uno, Pompa Air, Motor Driver L298N, Sensor Jarak

References


“Sistem Penyiraman Klosét Otomatis Menggunakan Mikrokontroler Atmega PDF Download Gratis.pdf.” .

A. Anindita, “Sistem Informasi Area Parkir Berbasis Mikrokontroler Atmega 16,” Transmisi, vol. 15, no. 3, hal. 132-137–137, 2013.

A. Uno dan S. Valve, “Prototype Smart Bathroom Berbasis Arduino Uno ( Febry Hario Wibowo ) 1 Prototype Smart Bathroom Berbasis Arduino Uno ( Febry Hario Wibowo ) 2,” no. 5, hal. 1–9.

T. K. W. Dirman Nurlette, “Perancangan Alat Pengukur Tinggi dan Berat Badan Ideal Berbasis Arduino,” Journal of Chemical Information and Modeling, vol. 1, no. 2, hal. 172–184, 2018.

B. Bin Dahlan, “Sistem Kontrol Penerangan Menggunakan Arduino Uno Pada Universitas Ichsan Gorontalo,” ILKOM Jurnal Ilmiah, vol. 9, no. 3, hal. 282, 2017.

U. Usman, A. Abdul Azis Rahmansyah, dan N. Fajri Apriadi, “Rancang Bangun Pagar Otomatis dengan Finger Print Berbasis Mikrokontroller,” JTT (Jurnal Teknologi Terapan), vol. 3, no. 1, hal. 35–40, 2017.

A. P. Zanofa, R. Arrahman, M. Bakri, dan A. Budiman, “Pintu Gerbang Otomatis Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno R3,” Jurnal Teknik dan Sistem Komputer, vol. 1, no. 1, hal. 22–27, 2020.

Syahrul, “Karakteristik dan Pengontrolan Servomotor,” Majalah Ilmiah UNIKOM, vol. 8, no. 2, hal. 143–150, 2013.

N. Anggraeni et al., “Rancang Bangun Power Supply Dan Function Generator Pada Laboratorium Telekomunikasi Polteknik Negeri Malang,” Jartel Issn, vol. 9, hal. 0–5, 2019.




DOI: https://doi.org/10.29103/jee.v10i2.6622

Article Metrics

 Abstract Views : 248 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Wanda Syahayu, Muchlis Abdul Muthalib, Kartika Kartika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats