Strategi Pemasaran Pembiayaan Kepemilikan Rumah Bersubsidi Masa Pandemi Covid-19 Bank Sumut Cabang Syariah Sibolga

Meilyna Febri Norenza, Tri Inda Fadhila Rahma, Muhammad Lathief Ilhamy Nasution

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Analisis Strategi Pemasaran Pembiayaan Kepemilikan Rumah Bersubsidi Pada Masa Pandemi  Covid-19 di Bank Sumut Cabang Syariah Sibolga. Latar belakang permasalahan adalah jumlah nasabah pembiayaan kepemilikan rumah bersubsidi mengalami perkembangan fluktuatif, dan selama masa pandemi Covid-19 bank melakukan pembatasan target pasar, dengan melakukan pemasaran kepada nasabah dengan pendapatan tetap (fixed income) untuk menghindari peningkatan pembiayaan bermasalah. Sedangkan permintaan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) terhadap pembiayaan kepemilikan rumah bersubsidi relatif tinggi karena masih banyaknya masyarakat yang belum memiliki rumah sendiri. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT dengan penelitian kualitatif deskriptif. Sebelumnya, peneliti harus mengetahui bagaimana kondisi perusahaan, baik faktor internal maupun eksternal yang dilakukan perusahaan dalam melakukan pemasaran produk. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil informasi yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan. Kemudian hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Bank Sumut Cabang Syariah Sibolga berada pada kuadran I (growth) yang ditunjukkan pada Diagram Cartesius dengan penerapan strategi Growth Oriented Strategy. Hal ini merupakan situasi yang sangat menguntungkan bagi perusahaan, perusahaan memiliki kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang dan meminimalkan kelemahan untuk menghadapi tantangan.


Kata Kunci : Strategi Pemasaran dan Analisis SWOT


Keywords


Perbankan Syariah

References


Buku

Kotler, Philip. (1995). Manajemen Pemasaran, Analisa, Perencanaan dan Implementasi. Jakarta : Salemba Empat.

Rangkuti, Freddy. (1997). Analisis SWOT : Teknik Membedah kasus bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama Kompas.

Wardoyo, Paulus. (2011). Alat Analisis Manajemen. Semarang : Semarang University Pres.

Jurnal

Nurani, Muhammad Fahmi dan Abdul Muta Ali. (2019). Pelaksanaan Akad Murabahah pada Pembiayaan Hunian Syariah. Jurnal Riset Akuntansi

Politala, Vol. 2, No. 2, h. 41.

Supriatna, Eman. (2020). Wabah Corona Virus Disease Covid 19 Dalam Pandangan Islam. Jurnal Sosial & Budaya Syar’i, Vol. 07, No. 6, h. 556.

Skripsi

Novianti, Metty. (2016). Strategi Pemasaran Terhadap Produk KPR BTN Sejahtera IB di BTN Syariah Ditinjau dari Analisis SWOT. Skripsi.

Universitas UIN Walisongo Semarang.

Artikel dari Situs Web:

Bank Sumut, www.banksumut.co.id, diakses tanggal 11 Februari 2021.

Badan Pusat Statistik, www.bps.go.id, diakses pada 10 September 2021.

Otoritas Jasa Keuangan, www.ojk.go.id, diakses tanggal 20 Februari 2021.

Pusat Pengelola Dana Pembiayaan Perumahan, www.ppdpp.id.com, diakses tanggal 4 Juni 2021.




DOI: https://doi.org/10.29103/el-amwal.v4i2.5324

Article Metrics

 Abstract Views : 313 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 63 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Meilyna Febri Norenza, Tri Inda Fadhila Rahma, Muhammad Lathief Ilhamy Nasution

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Flag Counter