Strategi Pemasaran Pembiayaan Kepemilikan Rumah Bersubsidi Masa Pandemi Covid-19 Bank Sumut Cabang Syariah Sibolga
DOI:
https://doi.org/10.29103/el-amwal.v4i2.5324Keywords:
Perbankan SyariahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Analisis Strategi Pemasaran Pembiayaan Kepemilikan Rumah Bersubsidi Pada Masa Pandemi Covid-19 di Bank Sumut Cabang Syariah Sibolga. Latar belakang permasalahan adalah jumlah nasabah pembiayaan kepemilikan rumah bersubsidi mengalami perkembangan fluktuatif, dan selama masa pandemi Covid-19 bank melakukan pembatasan target pasar, dengan melakukan pemasaran kepada nasabah dengan pendapatan tetap (fixed income) untuk menghindari peningkatan pembiayaan bermasalah. Sedangkan permintaan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) terhadap pembiayaan kepemilikan rumah bersubsidi relatif tinggi karena masih banyaknya masyarakat yang belum memiliki rumah sendiri. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT dengan penelitian kualitatif deskriptif. Sebelumnya, peneliti harus mengetahui bagaimana kondisi perusahaan, baik faktor internal maupun eksternal yang dilakukan perusahaan dalam melakukan pemasaran produk. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil informasi yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari strategi pemasaran yang dilakukan perusahaan. Kemudian hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Bank Sumut Cabang Syariah Sibolga berada pada kuadran I (growth) yang ditunjukkan pada Diagram Cartesius dengan penerapan strategi Growth Oriented Strategy. Hal ini merupakan situasi yang sangat menguntungkan bagi perusahaan, perusahaan memiliki kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang dan meminimalkan kelemahan untuk menghadapi tantangan.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran dan Analisis SWOT
References
Buku
Kotler, Philip. (1995). Manajemen Pemasaran, Analisa, Perencanaan dan Implementasi. Jakarta : Salemba Empat.
Rangkuti, Freddy. (1997). Analisis SWOT : Teknik Membedah kasus bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama Kompas.
Wardoyo, Paulus. (2011). Alat Analisis Manajemen. Semarang : Semarang University Pres.
Jurnal
Nurani, Muhammad Fahmi dan Abdul Muta Ali. (2019). Pelaksanaan Akad Murabahah pada Pembiayaan Hunian Syariah. Jurnal Riset Akuntansi
Politala, Vol. 2, No. 2, h. 41.
Supriatna, Eman. (2020). Wabah Corona Virus Disease Covid 19 Dalam Pandangan Islam. Jurnal Sosial & Budaya Syari, Vol. 07, No. 6, h. 556.
Skripsi
Novianti, Metty. (2016). Strategi Pemasaran Terhadap Produk KPR BTN Sejahtera IB di BTN Syariah Ditinjau dari Analisis SWOT. Skripsi.
Universitas UIN Walisongo Semarang.
Artikel dari Situs Web:
Bank Sumut, www.banksumut.co.id, diakses tanggal 11 Februari 2021.
Badan Pusat Statistik, www.bps.go.id, diakses pada 10 September 2021.
Otoritas Jasa Keuangan, www.ojk.go.id, diakses tanggal 20 Februari 2021.
Pusat Pengelola Dana Pembiayaan Perumahan, www.ppdpp.id.com, diakses tanggal 4 Juni 2021.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication and this work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
All articles in this journal may be disseminated by listing valid sources and the title of the article should not be omitted. The content of the article is liable to the author.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
In the dissemination of articles by the author must declare the el-Amwal Jurnal as the first party to publish the article.