STRATEGI IBU YANG BEKERJA DALAM MENYIAPKAN SARAPAN PAGI BAGI ANAK YANG BERSEKOLAH DI KOTA LHOKSEUMAWE

Nur Jannah, Cut Rizka Al Usrah, Amiruddin Ketaren, Rakhmadsyah P. Rangkuty

Abstract


This research was conducted at Meunasah Alue village, Muara Dua district of Lhokseumawe city. This research study about the mothers working strategy in preparing breakfast for their children who go to school. The purpose of this research is to know how is the strategy used by the mother working to prepare the breakfast for their children who go to school. The method used in this research is descriptive qualitative through the structural functional theory proposed by Talcot Parsons. The result of this research explained that: (1) Breakfast is very important before doing activity in the morning, because thr body need energy for do the acrivity. (2) Breakfast has become a habit must to do because realize about the important of breakfast in the morning. (3) The breakfast menu was made is based on children favorite food and easy to make it also required the nutrition in it. (4) In the preparing breakfast need helpness by family as a husband or parent. (5) They can get breakfast by buying food on weekend. (6) It is any different time for breakfast, there is anyone start to preparing brealfast at 05.00 am because of their office is far, and somebody strat to preparing breakfast after they do shubuh prayer. The conclution is many ways can do the working mothers to prepare breakfast in the morning because they realize that breakfast in very important to do

Penelitian ini dilakukan di Desa Meunasah Alue, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe. Pada penelitian ini mengkaji tentang Strategi Ibu yang Bekerja Dalam Menyiapkan Sarapan Pagi Bagi Anak Yang Bersekolah. Tujuan dari Penelitian ini untuk mendapatkan informasi maupun untuk mengetahui tentang bagaimana strategi yang dilakukan oleh pihak ibu yang bekerja dalam menyiapkan sarapan pagi untuk anaknya yang bersekolah. Metode dalam melakukan penelitian ini ialah metode kualitatif deskriptif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Fungsional Struktural yang dicetuskan oleh Talcot Parsons. Hasil dari penelitian yang telah penulis lakukan menunjukkan bahwa (1) pandangan tentang sarapan pagi ini sangat penting karena untuk melakukan aktivitas dipagi hari memang dibutuhkan asupan untuk bisa beraktivitas dengan lancar, (2) sarapan pagi sudah menjadi suatu kebiasaan yang harus dilakukan karena sadar akan pentingnya sarapan di waktu pagi hari. (3) jenis menu sarapan yang dibuat adalah dari segi kesukaan anak-anak dan gampang untuk membuatnya dan tentunya ada unsur gizi yang terkandung didalamnya. (4) dalam menyiapkan sarapan pagi tentunya dibantu oleh pihak keluarga seperti suami ataupun orangtua. (5) pada waktu akhir pekan atau hari libur kerja mereka membeli sarapan pagi diluar rumahnya. (6) waktu melakukan aktivitas sarapan pagi dilakukan secara berbeda-beda yaitu ada yang melakukan aktivitas memasak sarapan pagi dari jam 05.00 dikarenakan tempat kerjanya yang jauh, dan ada juga yang memulai aktivitas memasak sarapan pagi setelah sholat shubuh. Kesimpulannya yaitu banyak cara yang dapat dilakukan oleh seorang ibu yang bekerja untuk bisa menyiapkan sarapan di waktu pagi hari, karena mereka menganggap sarapan pagi ini sangat penting untuk dipenuhi.


Keywords


Strategi, Ibu Pekerja, Sarapan Pagi, Anak Sekolah

Full Text:

PDF

References


Bunu Y Helmut, M. (2012). Dalam Sosiologi Masyarakat Pesisir. Surabaya: Jenggala Pustaka Utama.

Damsar. (2011). Dalam Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Haidir. (2012). Dalam Strategi Pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.

Herdiansyah, H. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Selemba Humanika.

Mufidah. (2008). Dalam Psikologi Keluarga Islam Berwawasan Gender. Malang: UIN Press.

Notoadmojo, S. (2007). Dalam Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Raho. (2007). Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Kencana

Santrock, J. W. (2007). Dalam Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Tilong, A. D. (2012). Dalam Kebiasaan-Kebiasaan Yang Dapat Memperpanjang Usia Anda. Yogyakarta: Bukubiru.

Waryono. (2010). Dalam Gizi Reproduksi. Yogyakarta: Pustaka Rihama.

Dharmawan. (2007). Sistem Penghidupan dan Nafkah Pedesaan: Pandangan Sosiologi Nafkah (Livelihood Sociology) Mazhab Barat dan Mazhab Bogor. Jurnal Transdisiplin Sosiologi, Komunikasi, dan Ekologi Manusia, 169-192.

khasanah, k. (2012). Kualitas Tidur Lansia. Jurnal Nursing Studies Volume l, Semarang: Universitas Diponegoro.

Maghfiroh, A. (2016). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat beli dan Keputusan Pembelian . Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 152.

Nuruzzaman, H. (2016). Analisis Resiko Kejadian Demam Tifoid Berdasarkan Kebersihan Diri dan Kebiasaan Jajan di Luar Rumah. Jurnal Berkala Epidemiologi, 74-86.

Purtiantini. (2010). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Mengenai Pemilihan Makanan Jajanan Dengan Perilaku Anak Memilih Makanan Di Sekolah Dasar Itidayah Muhammadiyah Al Kautsar Gumpang Kartasura.

Rosyidi, D. (2006). Macam-macam Makanan Tradisional yang Terbuat dari Hasil Ternak yang Beredar di Kota Malang. Jurnal Ilmu dan Teknologi Hasil Ternak, Hal 24.

Saragi. (2015). Hubungan Sarapan Pagi Dengan Aspek Biologis Anak Usia Sekolah. Program Studi Ilmu Keperawatan, Vol 2 No 2.

Kleiman, R. (2013). Retrieved Januari Jumat, 2022, from Manfaat Sarapan: http://www.parenting.co.id/article/artikel/manfaat.sarapan.untuk.prestasi.anak/001/004/267 tanggal 21 Januari 2022, Lhokseumawe, 15.59 WIB.




DOI: https://doi.org/10.29103/jsds.v8i2.8875

Article Metrics

 Abstract Views : 156 times
 PDF Downloaded : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Sosiologi Dialektika Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan Oleh: Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh

REDAKSI JURNAL SOSIOLOGI DIALEKTIKA SOSIAL

Gedung Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah, Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia.

Email: jurnalsosiologi@unimal.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats