Penguatan Modal Sosial melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat

Lia Muliana, Muammar Mustaqim

Abstract


Kelompok Simpan Pinjam Perempuan (SPP) adalah bagian dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) yang diluncurkan pada Tahun 2007. Program ini ditujukan oleh pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan, meningkatkan pendapatan masyarakat, dan mensejahterakan masyarakat miskin. Desa Cot Peradi adalah salah satu desa di Kecamatan Suka Makmue Kabupaten Nagan Raya, yang menjalankan program kelompok Simpan Pinjam Perempuan. Tujuan penulisan jurnal ini untuk mengetahui dan menjelaskan efektivitas program kelompok SPP di Desa Cot Peradi, mengetahui modal sosial mempunyai peranan yang penting demi keberlangsungan program Simpan Pinjam Perempuan. Tujuan lainnya untuk menjelaskan bahwa modal sosial yang dibentuk masyarakat dalam program kelompok SPP berdampak terhadap penurunan angka kemiskinan di Kabupaten Nagan Raya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian mengemukakan bahwa kelompok Simpan Pinjam Perempuan di Desa Cot Peradi berjalan dengan optimal sebagaimana tujuan awal dari program ini, dikarenakan masyarakat mampu membentuk modal sosial yang baik, sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan menurunkan angka kemiskinan.


Keywords


Modal Sosial, Pemberdayaan, Kemiskinan

Full Text:

PDF

References


Ade Kumala Sari. 2015. Analisis Pengaruh Program Nasional Pemberdayaan Masyara-kat (PNPM) Mandiri Perkotaan Terhadap Tingkat Pendapatan Masyarakat Di Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat. Skripsi Ekonomi Pem-bangunan, Meulaboh: Universitas Teuku Umar.

Ahmadriswan Nasution, 2016. Peranan Modal Sosial Dalam Pengurangan Kemiskinan Rumah Tangga Di Perdesaan Indonesia, Jurnal Ekonomi Kebijakan Publik. Vol. 7 No 2, Hal. 171-183.

Badan Pusat Statistik, 2021. Garis Kemiskinan (Rp). Https://naganrayakab.bps.go.id.

Badan Pusat Statistik, 2021. Persentase Penduduk Miskin. Https://naganrayakab.bps.go.id.

Bayu Kharisma, 2020. Modal Sosial dan Kemiskinan di Jawa Barat. Jurnal Ekonomi dan Bisnis. Vol. 23 No 2, Hal. 317-318.

Dwiningrum, Siti Irene Astuti. 2014. Modal Sosial dalam Pengembangan Pendidikan dalam Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press.

Hamsah. 2017. Modal Sosial dalam Program Makassar tidak Rantasa. Jakarta: MIB In-donesia.

M. Aidhil Sahlan, Ubaidillah, 2019. Pengaruh Pelaksanaan Program Nasional Pem-berdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan Dalam Mengurangi Kemiski-nan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa. Vol. 4 No. 2, Hal. 1-15.

Maratul Muslimah, 2015. Analisis Modal Sosial Dalam Program Pemberdayaan Masyarakat Di Desa Sungai Pinang Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar, Jurnal Fakultas Pertanian. Vol. 2 No 1, Hal. 13-14.

Nur Salfrida, 2019. Efektivitas Program PNPM, Jurnal Sosiologi Unsyiah. Volume 4 Nomor 4, Hal.1-2.

Santoso, Thomas. 2020. Memahami Modal Sosial. Surabaya: CV Saga Jawadwipa.

Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Siti Ikramatoun, Khairulyadi, K., & Riduan, R. (2020). Pemberdayaan Masyarakat me-lalui Pengelolaan Hutan Pinus di Kecamatan Linge Aceh Tengah. Jurnal So-siologi Agama Indonesia (JSAI), 1(3), 238-249. https://doi.org/10.22373/jsai.v1i3.804

Yunus, Saifuddin. Zainal, Suadi. Jalil, Fadli. Sari, Cut Maya Aprita. 2020. Correlation Of Social Capital And Poverty Farmers InAceh. Humanities dan Social Sciences Reviews. Vol 8, No 1, pp 20-26. https://doi.org/10.18510/hssr.2020.813.

Yunus, Saifuddin. Zainal, Suadi. Jalil, Fadli, 2021. Modal Sosial, Kemiskinan dan Pem-bangunan. Lhokseumawe: Sefa Bumi Persada




DOI: https://doi.org/10.29103/jsds.v1i2.5110

Article Metrics

 Abstract Views : 470 times
 PDF Downloaded : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Sosiologi Dialektika Sosial

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Diterbitkan Oleh: Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh

REDAKSI JURNAL SOSIOLOGI DIALEKTIKA SOSIAL

Gedung Program Studi Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Malikussaleh. Kampus Bukit Indah, Jln. Sumatera No.8, Kec. Muara Satu Kota Lhokseumawe, Prov. Aceh, Indonesia.

Email: jurnalsosiologi@unimal.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats