PEMANFAATAN LIMBAH AMPAS TEBU SEBAGAI ADSORBEN PENYERAPAN LOGAM DAN KESADAHAN PADA AIR SUMUR

Nur Annisa, Muhammad Muhammad, Masrullita Masrullita, Zulnazri Zulnazri, Rozanna Dewi

Abstract


Ampas tebu mengandung berbagai komponen biomassa, selulosa dan lignin yang berpotensi untuk dikonversikan menjadi sumber arang pada proses adsorpsi. Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan limbah ampas tebu sebagai adsorben penyerapan logam besi dan kesadahan dalam air sumur. Penelitian ini dilakukan dengan pembuatan adsorben, uji kinerja adsorben dengan memvariasikan massa dan waktu kontak yang bertujuan untuk melihat kadar dan kapasitas penyerapan. Penelitian ini hanya memvariasikan massa adsorben ampas tebu dengan jumlah 2,5; 3; 3,5; dan 4 gram dengan memvariasikan waktu kontak yaitu 30, 60, 90, dan 120 menit. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kadar penyerapan logam besi maksimum diperoleh 99,81%, sedangkan pada kesadahan diperoleh 53,846% dengan massa adsorben 4 gr. Lalu kapasitas penyerapan logam besi diperoleh 0,042 mg/gr, sedangkan pada kesadahan diperoleh 0,07 mg/gr.

Kata Kunci : Adsorpsi, Ampas Tebu, Arang Aktif, Logam Besi (II) , Ion Ca2+


Full Text:

PDF

References


Apriliani, A. (2010). Pemanfaatan arang ampas tebu sebagai absorben ion logam Cu, Cd, Cr, dan Pb dalam air limbah. Jurnal lingkungan. Kimia. Sains dan Teknologi. UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Atkins PW. 1999. Kimia Fisika Jilid 1. Irma I Kartohadiprojo, penerjemah; Rohhadyan T, Hadiyana K, editor. Jakarta: Erlangga. Terjemahan dari: physical Chemistry.

Ayawei, N., Ebelegi, A. N., & Wankasi, D. (2017). Modelling and Interpretation of Adsorption Isotherms. Journal of Chemistry, 2017.

Ekatrisnawan, R. (2016). Pemanfaatan karbon aktif ampas tebu untuk menurunkan kadar logam pb dalam larutan air. Skripsi. Semarang:FMIPA-UNNES.

Febrina, L dan Ayuna, A. (2015). Studi penurunan kadar besi (fe) dan mangan (mn) dalam air tanah menggunakan saringan keramik. Jurnal Teknologi Volume 7. Universitas Sahid: Jakarta

Ferraz,A,I., T.Tavaresdan J.A Teixeira. 2004. Cr(III) Removal and Recoveryfrom Saccharomyces cerevisiae.Chemical Engineering Journal.105 : 11 20.

Hidayati, D. S. N., Kurniawan, S., Restu, N. W., dan Ismuyanto, B. (2016). Potensi ampas tebu sebagai alternatif bahan baku pembuatan karbon aktif. NATURAL B, Vol. 3, No. 4. Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya.

Kartika, A. A., Masriana,HS., Widjaya, A . (2013). Penggunaan petreatment basa pada proses degradasi enzimatik ampa tebu untuk produksi etanol. Jurnal Teknik Pomits.

Khaira, K. (2013). Penentuan kadar besi (fe) air sumur dan air pdam dengan metode spektrofotometri. Jurnal Saintek Vol.V No. 1:17-23. STAIN Batusangkar.

McCabe, Warren L. Julian C. Smith dan Peter Hariot. 1999. Unit Operation Of Chemical Engineering, Fifth Edition. McGraw-Hill,Inc. New York.

Muzdaleni. (2011). Analisa kandungan logam berat pb dan fe dengan metode spektrofotometri serapan atom terhadap ikan sardine Di Pekanbaru, Skripsi, Pekanbaru: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Nurhayati, I., Sutrisno, J., & Zainudin, M. S. (2018). Pengaruh Konsentrasi dan Waktu Aktivasi Terhadap Karakteristik Karbon Aktif Ampas Tebu dan Fungsinya Sebagai Adsorben pada Limbah Cair Laboratorium. Jurnal Teknik.

Purwaningsih, D. (2009). Adsorpsi multi logam Ag(I), Pb(II), Cr(III), Cu(II) dan Ni(II) pada hibrida etilendiamino-silika dari abu sekam padi. Jurnal Penelitian Saintek.

Roni., Drastinawati., dan Chairul. (2015). Penyerapan logam fe dengan menggunakan karbon aktif dari ampas tebu yang diaktifasi dengan KOH. AJurnal. Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Riau.

Saputra, WB .,2008 Desain Sistem Adsorbsi. Universitas Indonesia, Jakarta

Syauqiah, I., Amalia, M., & Kartini A.H. 2011. Analisis Variasi Waktu dan Kecepatan Aduk pada Proses Adsorbsi Limbah Logam Berat dengan Arang Aktif. Jurnal Info Teknik. 12:11-20.

Volesky, Bohumil. 2007. Biosorption and Me. Water Research.41 : 4017 – 4029

Wang, Jianlongdan Can Chen. 2006. Biosorption of Heavy Metal bt Saccharomyces cerevisiae : A review. Biotechnology Advances. 24 : 427 – 451.

Yoseva, P. L., Muchtar, A., dan Shopia, H. (2015). Pemanfaatan limbah ampas tebu sebagai adsorben untuk peningkatan kualitas air gambut. Jurnal FMIPA Volume 2 No.1.




DOI: https://doi.org/10.29103/cejs.v3i1.8013

Article Metrics

 Abstract Views : 710 times
 PDF Downloaded : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nur Annisa, Muhammad Muhammad, Masrullita Masrullita, Zulnazri Zulnazri, Rozanna Dewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Chemical Engineering Journal Storage (CEJS) , Jalan Batam No 02 Universitas Malikussaleh Kampus Bukit Indah.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Stat Counter

Flag Counter

 

View MyStat View MyStat