PEMBUATAN TAWAS DARI LIMBAH KALENG MINUMAN BEKAS

Rati Halimatussakdiyah, Jalaluddin Jalaluddin, Agam Muarif, Masrullita Masrullita, Sulhatun Sulhatun

Abstract


Semua kaleng minuman rata-rata terbuat dari aluminium sehingga sangat memungkinkan untuk dimanfaatkan dalam pembuatan tawas. Tawas atau alum adalah suatu senyawa aluminium sulfat dengan rumus kimia [Al2(SO4)212H2O].  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan kualitas kadar tawas sintesis yang dihasilkan dari limbah   kaleng minuman dan menentukan pengaruh rasio alunimium (Al), kalium hidroksida (KOH) dalam pembuatan tawas. Pada penelitian ini digunakan konsentrasi KOH 10 %, 20%, 30% 40%, 50% dan H2SO4 8M dengan berat sampel 5 gram. Dari penelitian ini diperoleh yield tawas yang paling besar (maksimum) diperoleh pada konsentrasi KOH 30% dengan konsentrasi H2SO4 8M. Yield tawas yang diperoleh oleh tawas dari kaleng lasegar yaitu 88,45%, sedangkan tawas yang dihasilkan dari kaleng redbull yaitu 75,48%. Yield tawas dari kaleng lasegar lebih baik daripada kaleng redbull dikarenakan jumlah yield mendekati 100%. Tawas yang berasal dari kaleng lasegar lebih baik dibandingkan tawas yang berasal dari kaleng redbull dengan kadar alumunium 4,64%. Tawas yang diperoleh berbentuk kristal berwarna putih.


Keywords


Aluminium, Kaleng, Tawas dan Yield

Full Text:

PDF

References


Alaerts G., & S.S Santika. 1984. Metode Penelitian Air. Usaha Nasional. Surabaya. Indonesia.

Bagus, Trisaksono. Pengelolaan Dan Pemanfaatan Sampah Menggunakan Teknologi Incenerator. Jurnal Teknologi Lingkungan, Vol.3, No. 1 Januari 2002 : 17-23, Januari 2002. Available at https:// ejurnal.bppt.go.id diakses pada 20 Juni 2017.

Desviani, Amanda P, Evaluasi Pemberian Dosis Koagulan Aluminium Sulfat Cair Dan Bubuk Pada Sistem Dosing Koagulan Di Instalasi Pengolahan Air Minum PT. Krakatau Tirta Industri. Skripsi, Institut Pertanian Bogor, 2012.

Efendi Helfi. (2003). Kualitas Air bagi Pengelolaan Sumber Daya dan Lingkungan. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Ikhsan, Juslin. 2014. “Pengaruh Mordan Sintesis Dari Limbah Kaleng Terhadap Daya Ikat dan Laju Lepas Zat Warna Methyl Violet oleh Serat Kain” Jurnal Penelitian saintek, UNY. Vol 19, No 1 . Yogyakarta.

Manurung, M., Ayuningtyas, Fitria, I. 2010. Kandungan Aluminium dalam Kaleng Bekas dan Pemanfaatannya dalam Pembuatan Tawas. Jurnal Kimia (Journal of Chemistry).

Marliani, N., (2014), Pemanfaatan Limbah Rumah Tangga (Sampah Anorganik) sebagai Bentuk Implementasi dari Pendidikan Lingkungan Hidup, Jurnal Formatif 4(2), pp. 124-132.

Mulyadi, S. 2011. Karakterisasi Sifat Mekanis Kaleng Minuman (Larutan Lasegar, Pocari Sweat Dan Coca Cola. Jurnal Ilmu Fisika| Universitas Andalas. Vo. 3. No. 2. Hal. 68-74.

Purnawan, I, Ramadhani, R. 2014. Pengaruh Konsentrasi KOH Pada Pembuatan Tawas Dari Kaleng Aluminium Bekas. Jurnal Teknologi No 6 Vol 2. Hal 09-119.

Syaiful, M., Anugrah Intan Jn dan Danny Andriawan “Efektivitas Alum Dari Kaleng Minuman Bekas Sebagai Koagulan Untuk Penjernihan Air” Jurnal Teknik Kimia No. 4, Vol. 20. 2014 : 39-45.

Sitompul, L.R, Elvi, Y,, Shinta, E. 2017. Pemanfaatan Logam Aluminium (Al) pada Kaleng Minuman Soda Menjadi Tawas. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Riau. Vol. 4. No. 1-6.

Susanto, Ricky. 2008. Optimasi Koagulasi-Flokulasi dan Analisis Kualitas Air pada Industri Semen. Jakarta: Program Studi Kimia Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.




DOI: https://doi.org/10.29103/cejs.v2i2.7437

Article Metrics

 Abstract Views : 46 times
 PDF Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rati Halimatussakdiyah, Jalaluddin Jalaluddin, Agam Muarif, Masrullita Masrullita, Sulhatun Sulhatun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Chemical Engineering Journal Storage (CEJS) , Jalan Batam No 02 Universitas Malikussaleh Kampus Bukit Indah.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Stat Counter

Flag Counter