Kajian Formulasi Pembuatan Creambath Berbasis Minyak Kemiri

Cut Rika Saffira, Sulhatun Sulhatun, Eddy Kurniawan, Syamsul Bahri, Rizka Mulyawan

Abstract


Biji kemiri dapat diformulasikan sebagai creambath untuk melembabkan kulit kepala. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai pengembangan formulasi dan pemanfaatan tanaman biji kemiri (Aleurites Moluccana L. Wild) sebagai bahan kosmetik yang memiliki banyak manfaat dan sangat diminati banyak negara luar, salah satunya yaitu sebagai pembuatan creambath. Berdasarkan hasil yang didapat sediaan creambath terbanyak di dapat pada sampel 16 dengan waktu pengadukan selama 8 menit dengan volume minyak 12,5 yaitu seberat 168,72 gram. Dan hasil produk creambath yang terkecil terdapat pada waktu pengadukan selama 2 menit dengan volume minyak 5% yaitu 98,43.5. Berdasarkan uji pH yang terdapat pada sediaan creambath di peroleh yaitu 6,3-7,5, nilai pH pada masing-masing creambath tersebut berada pada kisaran nilai pH yang terdapat pada SNI 16-4399-1996. Hasil uji organoleptik diperoleh standarisasi organoleptik creambath pada konsentrasi volume minyak 12,5% dengan waktu pengadukan selama 8 menit. Berdasarkan uji homogenitas waktu pengadukan 6-8 menit pada volume 5%-12% sediaan creambath yang   dihasilkan terbentuk sempurna (homogen). Dan pada hasil pengamatan stabilitas terhadap creambath pada suhu kamar 25oC dan suhu 35 oC creambath tidak mengalami perubahan tekstur warna dan bau.

 


Keywords


Minyak Kemiri, Creambath, Waktu Pengadukan, Homogenitas, Stabilitas

Full Text:

PDF

References


Estrada, F., Gusmao, R., Mudjijati, & Indraswati, N. (2007). Pengambilan Minyak Kemiri dengan Cara Pengepresan dan Dilanjutkan Ekstrasi Cake Oil. Jurnal Widya Teknik, 6(2), 121–130.

Sari. (2021). Pengaruh Proporsi Lidah Buaya Dan Buah Stroberi Sebagai Kosmetik Creambath Untuk Perawatan Rambut Kering Wilujeng Indah Sari Mahasiswa S1 Pendidikan Tata Rias Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya Dra . Dewi Lutfiati , M . Kes . Dosen Program Studi. E-Journal, 10(1), 1–15.

Suhartiningsih, R. (2014). pengaruh konsentrasi minyak sereh wangi (Cymbopongon nardus L.,) Terhadap Kualitas Sediaan Creambath dan uji aktivitas anti jamur (candida albicans). 68–74.

Teti Indrawati, N. S. (2018). Formulasi Creambath dengan Variasi Konsentrasi Sari Bonggol Pisang Ambon (Musa acuminata Colla) (Creambath Formulation with Concentration Variation Water Extracts of Ambon Banana Weevil (Musa acuminata Colla)) Teti Indrawati*, Nabhilla Sofia. Jurnal Ilmu Kefarmasian Indonesia, 16(1), Diana, W. (2014). Penggunaan Ekstrak Buah Alpukat.




DOI: https://doi.org/10.29103/cejs.v2i2.7299

Article Metrics

 Abstract Views : 362 times
 PDF Downloaded : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Cut Rika Saffira, Sulhatun Sulhatun, Eddy Kurniawan, Syamsul Bahri, Rizka Mulyawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Chemical Engineering Journal Storage (CEJS) , Jalan Batam No 02 Universitas Malikussaleh Kampus Bukit Indah.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Stat Counter

Flag Counter

 

View MyStat View MyStat