Pemanfaatan Limbah padat Industri asap cair (Arang Tempurung Kemiri) Untuk Pembuatan Sabun Cuci Piring

Maryanti Maryanti, Sulhatun Sulhatun, Meriatna Meriatna, Suryati Suryati, Agam Muarif

Abstract


Limbah yang dihasilkan dari proses pemecahan biji kemiri berupa tempurung kemiri belum dimanfaatkan secara optimal. Saat ini limbah padat industri asap cair (arang tempurung kemiri) dapat digunakan untuk proses pembuatan sabun cuci piring dengan demikian dapat memanfaatkan limbah pada industri asap cair. Adapun tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh massa charcoal dan waktu pengadukan terhadap produk sabun cuci piring yang dihasilkan, mengetahui pengaruh massa charcoal dan waktu pengadukan terhadap kualitas sabun cuci piring yang dihasilkan, dan mengetahui kondisi proses terbaik terhadap nilai pH, kadar alkali bebas, dan bobot jenis. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahapan proses yaitu meliputi tahap persiapan bahan baku, dan tahap proses pencampuran. Pada penelitian ini dengan kondisi terbaik pada proses pembuatan sabun cuci piring cair dengan massa charcoal 1 gr dan 1,5 gr dengan waktu pencampuran 15 menit yaitu dengan kadar alkali bebas maksimal kurang dari 0,1%. Pada setiap sampel telah memenuhi SNI 06-4075-1996, pada nilai pH yang terbaik adalah 6-8 dengan itu nilai pH pada sabun cair telah memenuhi SNI 1996, dan pada bobot jenis 0,890026 dan 0,889937.

Kata kunci:

Charcoal,   Sabun Cuci Piring, Standard nasional Indonesia.

dan Waktu Pengadukan


Keywords


Charcoal, Sabun Cuci Piring, Standard nasional Indonesia. dan Waktu Pengadukan

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Agung Prabowo. 2016. Evaluasi Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Di Bengkel Praktik SMK Negeri 1 Sedayu. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. (Tugas Akhir Skripsi).

Anggraeni, Y., Nisa‟, F., & Betha, O. S. (2020). Karakteristik Fisik dan Aktivitas-Aktivitas Antibakteri Sabun Cair Minyak Nilam (Pogostemon cablin Benth). yang BerbasisSurfaktan Sodium Lauril Eter Sulfat. Jurnal Kefarmasian Indonesia, 0, 1–10.

Bidilah, S. A., Rumape, O., & Mohamad, E. (2017). Optimasi Waktu Pengadukan dan Volume KOH Sabun Cair Berbahan Dasar Minyak Jelantah. Jurnal Entropi,12(6), 55–60. Wijaya, H.C., dan Mulyono, N. 2009. Bahan Tambahan Pangan;Pewarna Spesifikasi regulasi, aplikasi praktis. Bogor : IPB Press.

Gani, Anischan. 2009. Potensi Arang Hayati (Biochar) Sebagai Bahan Pembentuk Tanah. Iptek Tanaman Pangan vol 4. No 1. Sukamandi.33-44 hal.

Jongko. 2009. Membuat Sabun Transparan Di Rumah. [Ebook, Pdf],

(http://duraposita.blogspot.com/, diakses tanggal 12 November 2020).

Pratiwi, F.N. 2014. Pengaruh Minyak Jahe Sebagai Fragrance oil Terhadap Sifat Fisik Sabun Batang Transparan. Skripsi. Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. 21-22.

S. Ketaren. (1986). Pengantar Teknologi Minyak dan Lemak Pangan, Jakarta : UIPress. Subana, Sudrajat, 2005, Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah, Bandung: Pustaka Setia

Safrudin, Mulyati, S., & Lubis, R. (2018). Pengembangan kepribadian dan profesionalisme bidan. Malang: Wineka Media.

Sembiring M., Sinaga T. 2003. Arang Aktif (Pengenalan dan Proses Pembuatannya). USU Digital Library. Sumatera Utara.

Sembiring, Meiliata Tryana dan Tuti Sarma, S, (2003), “Arang Aktif (Pengenalan dan Proses Pembuatannya)”. USU Digital Library, Indonesia, hal 1-9

Sohi, S., Lopez-Capel, E., Krull, E. and Bol, R. (2009) Biochar, Climate Change and Soil: A Review to Guide Future Research. CSIRO Land and Water ScienceReport 05/09, 64.

Sunanto, F. X. 1994. Tanaman Kakao Budidaya dan Pengolahan Hasil. Kanisius. Yogyakarta.

Zaror, & Pyle. (1982). MT Studi Proses Pirolisis Tempurung Kelapa Pembuatan Asap Cair (Bahan Pengawet Alami). Dalam R. B. Pamungkas, MT Studi Proses Pirolisis Tempurung Kelapa Pembuatan Asap Cair (Bahan Pengawet Alami) (hal. Vol 24-27).

Zulkifli, M dan Estiasih (2014) Sabun Dari Destilat Asam Lemak Minyak Sawit Kajian Pustaka,Jurusan Teknologi Hasil Pertanian, FTP Universitas Brawijaya Malang, Malang. Jurnal Pangan dan Agroindustri, Vol. 2(4):171 – 174.




DOI: https://doi.org/10.29103/cejs.v2i2.7231

Article Metrics

 Abstract Views : 487 times
 PDF Downloaded : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Maryanti Maryanti, Sulhatun Sulhatun, Meriatna Meriatna, Suryati Suryati, Agam Muarif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Chemical Engineering Journal Storage (CEJS) , Jalan Batam No 02 Universitas Malikussaleh Kampus Bukit Indah.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Stat Counter

Flag Counter

 

View MyStat View MyStat