Pembuatan Permen Jeli Dari Sari Kulit Semangka Dengan Penambahan Kadar Gula

Nadira Diandra, Zainuddin Ginting, Eddy Kurniawan, Muhammad Muhammad, Syamsul Bahri

Abstract


Penelitian pembuatan permen jeli dari sari kulit semangka dengan penambahan kadar gula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kadar gula terhadap kualitas permen jeli dari sari kulit semangka secara fisik, kimia, dan perkapangan serta untuk mengetahui konsentrasi gula dan CMC yang tepat. Pada peneltian adapun bahan yang digunakan meliputi sari kulit semangka, CMC, gula pasir, asam sitrat dan air. Berdasarkan hasil analisa menunjukkan bahwa penambahan kadar gula terhadap pembuatan permen jeli kulit semangka berpengaruh nyata terhadap kadar air, kadar abu dan kapang. Penambahan kadar gula dengan 400, 450, dan 500 gram dan variasi penambahan CMC 4,6 dan 8 gram memperoleh kadar air yang bagus terdapat pada 500 gram gula dan 8 gram CMC dengan kadar air 20% dan kadar abu 1,92% telah memenuhi standar SNI permen jeli , kapang yang terjadi pada media Potato Dextrose Agar (PDA) dilihat penampakan kapang secara makrokopis dan mikrokopis dapat dibandingkan dengan petunjuk bahwa kapang yang tumbuh Aspergillus Niger

Keywords


kulit semangka, permen jelly, kadar air, kadar abu, kapang.

Full Text:

PDF

References


Afifah. (2017). Studi pembuatan permen jelly dengan variasi konsentrasi Sari kulit buah naga (Hylocereus costaricencis) dan ekstrak angkak. Jurnal Ilmu Ilmu Pertanian “AGRIKA,” 11(2), 206–220.

Koswara, S. (2009). Teknologi Pengolahan Singkong (Teori Dan Praktek). Teknologi Pengolahan Singkong, 1–24.

Martia Ramadhani Siregar, Noviar harun, Y. (2016). Pemanfaatan buah belimbing manis (Averrhoa carambola L) dan buah nanas (ananas comosus L) dalam pembuatan permen jelly. Tjyybjb.Ac.Cn, 18(2), 33–37. Retrieved from http://www.tjyybjb.ac.cn/CN/article/downloadArticleFile.do?attachType=PDF&id=9987

Nuh, M., Barus, W. B., Miranti, Yulanda, F., & Pane, M. R. (2020). Studi Pembuatan Permen Jelly dari Sari Buah Nangka. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 9(1), 193–198.

Rahayu, C. (2017). PENGARUH KADAR GULA TERHADAP KUALITAS PERMEN JELI BELIMBIMG WULUH. (September), 210093.

Wijana, S., Mulyadi, Arie, F., & Septivirta, Theresia, D. (2014). Pembuatan Permen Jelly dari Buah Nanas (Ananas comosus) Subgrade (Kajian Konsentrasi Karagenan dan Gelatin). Teknologi Industri Pertanian, 1(1), 1–15.




DOI: https://doi.org/10.29103/cejs.v2i4.6605

Article Metrics

 Abstract Views : 1093 times
 PDF Downloaded : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nadira Diandra, Zainuddin Ginting, Eddy Kurniawan, Muhammad ., Syamsul Bahri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Chemical Engineering Journal Storage (CEJS) , Jalan Batam No 02 Universitas Malikussaleh Kampus Bukit Indah.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Stat Counter

Flag Counter

 

View MyStat View MyStat