Pembuatan Furfural Dari Ampas Tebu Dengan Metode Hidrolisis Menggunakan Katalisator Asam Sulfat

Rizki Ramadhan, Syamsul Bahri, Agam Muarif, Jalaluddin Jalaluddin, Rizka Nurlaila

Abstract


Proses pembuatan furfural dari biomassa (ampas tebu) melalui dua tahap reaksi, yaitu hidrolisa dan dehidrasi. Pertama kali mengalami hidrolisa pentosan menjadi pentosa, yang diikuti dengan tahap dehidrasi pentosa menjadi furfural dengan bantuan katalis asam sulfat. Produk yang dihasilkan dianalisa jumlah dan konsentrasi furfural yang dihasilkan dengan cara titrasi menggunakan larutan Na2S2O3 0.1 N, analisa densitas dengan alat piknometer dan analisa viskositas menggunakan alat viskositas Ostwald. Proses hidrolisa ini berlangsung pada temperatur 1100C serta konsentrasi asam sulfat 10% dengan volume 150 ml dan menggunakan pelarut aquades 40 ml dan juga memvariasikan ukuran sampel sebesar 20, 50, 80 dan 100 mesh dan waktu operasi 90, 120, 150 dan 180 menit. Hasil terbaik diperoleh pada penelitian kali ini pada ukuran bahan baku 100 mesh dengan waktu operasi 150 menit dan jumlah furfural yang dihasilkan sebesar 0.2467 gram dengan konsentrasi furfural sebesar 1.656 gr/L.


Keywords


ampas tebu, furfural, hidrolisa, katalis

Full Text:

PDF

References


Andaka, Ganjar., ”Hidrolisis Ampas Tebu Menjadi Furfural dengan Katalisator Asam Sulfat”, Jurnal Teknologi, Volume 4 Nomor 2, Jurusan Teknik Kimia, Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta, 2011.

Andaka, Ganjar., “Optimasi Konsentrasi Asam Sulfat dan Kecepatan Pengadukan Pada Proses Hidrolisis Ampas Tebu Menjadi Furfural”, Jurnal Teknologi, Volume 4 Nomor 2, Jurusan Teknik Kimia, Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta, 2013.

Angelina, Maria., “Optimasi Pembuatan Furfural dari Tempurung Kemiri Melalui Hidrolisis Asam”, Jurnal Furifikasi, Volt. 17, No. 2, 2017.

Brownwy., “Physical and Chemical Methods of Sugar Analysis” Jurnal Ilmu Dasar, Vol. 8 No. I, 2006.

Hidajati, Nurul, “Pengolahan Tongkol Jagung Sebagai Bahan Pembuatan Furfural”, Jurnal Ilmu Dasar, Volt. 8 No. I, 2006.

Irawati, Putri., “Pembuatan Furfural dari Kulit Biji Kopi”, Teknik Kimia, Universitas Malikussaleh, 2011.

Juwita, Rinna., “Pengaruh Jenis dan Konsentrasi Katalisator Asam Terhadap Sintesis Furfural dari Sekam Padi”, Mahasiswa Program Studi Teknik Kimia, Universitas Lambung Mangkurat, 2012.

Krik, R. E. and Othmer, D., 1955, “Encyclopedia of Chemical Tegnology”, Vol. 10, pp 237-250, The Interscience Encyclopedia Inc., New York.

Listiani, Nita,. “Hidrolisis Ampas Tebu dengan Katalisator Asam Asetat untuk Memproduksi Furfural Menggunakan Metode Steam Stripping”, Jurnal Rekayasa Kimia dan Lingkungan, Vol. 11 No. 2, 2016.

Othmer, K., “Encyclopedia of Chemical Teknology”, Interscrence Publisher, John Willy and Sons, Toronto, 1967.

Sapitra, Deni, “Pemanfaatan Limbah Kulit Kacang Tanah sebagai Bahan Baku Pembuatan Fulfural”, Universitas Malikussaleh, 2011.

Setyadji, Moch.,”Hidrolisis Pentosan Menjadi Furfural dengan Katalisator Asam Sulfat untuk Meningkatkan Kualitas Bahan Bakar Mesin Disel”, Yogyakarta, 2007.

Siska, Gusti., “Pembuatan Furfural dari Campuran Biomassa Ampas Tebu”, Jurnal Teknik Kimia, No. 2, Vol. 22, Jurusan Teknik Kimia,Universitas Sriwijaya, 2016.

Witono, J. A., “Produksi Furfural dan Turunannya : Alternatif Peningkatan Nilai Ampas Tebu Indonesia”, Program Studi Teknik Kimia, 2005.




DOI: https://doi.org/10.29103/cejs.v2i3.6558

Article Metrics

 Abstract Views : 355 times
 PDF Downloaded : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Rizki Ramadhan, Syamsul Bahri, Agam Muarif, Jalaluddin Jalaluddin, Rizka Nurlaila

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Chemical Engineering Journal Storage (CEJS) , Jalan Batam No 02 Universitas Malikussaleh Kampus Bukit Indah.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Stat Counter

Flag Counter

 

View MyStat View MyStat