SIMULASI PENGARUH BUKAAN VALVE TERHADAP PRESSURE DROP DAN KAVITASI PADA CONTROL VALVE TIPE BALL VALVE DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTODESK CFD (COMPUTATIONAL DYNAMICS FLUID)

Sindi Qistina Asriati, Nasrul ZA, Muhammad Muhammad, Jalaluddin Jalaluddin, Azhari Azhari

Abstract


Control valve merupakan suatu instrumen yang digunakan dalam proses industri dan memiliki peran yang sangat penting. Sebagai final control element¸control valve digunakan untuk mengatur aliran fluida agar mampu mengimbangi adanya gangguan serta tetap menjaga variable proses tetap berada pada set point yang diinginkan. Simulasi pengaruh bukaan valve terhadap pressure drop  dan kavitasi pada control valve menggunakan autodeks CFD (2019). Kavitasi adalah suatu keadaan yang disebabkan oleh berubahnya fase cairan yang sedang dialirkan dari fase cair menjadi fase uap sehingga menimbulkan gelembung-gelembung. Timbulnya gelembung tersebut disebabkan oleh menurunnya tekanan hingga berada di bawah tekanan uap jenuh cairan tersebut. Adapun variable tetap yang digunakan adalah tekanan 4 atm, 5 atm, 6 atm dan bukaan valve 50 %, 70 %, 90 % dan variable  terikat Penurunan tekanan (∆P), Bilangan reynold (NRe), Kavitasi (CN). Di dalam penggambaran geometri valve menggunakan autodeks fusion 360. Untuk bukaan valve yang kecil yaitu 50% penurunan tekanannya sebesar 1.84 atm dengan tekanan awal 5 atm. Bilangan Reynold tertinggi pada bukaan valve 90% dengan bilangan reynold 78,352 dan aliran yang terbentuk adalah turbulen. Indeks kavitasi terendah adalah sebesar 9.47 dan yang tertinggi 36.7. Pada percobaan ini dapat dilihat antara variable terikat, penurunan tekanan dan kavitasi serta variabel bebas bukaan valve dan tekanan yang paling berpengaruh. 

Keywords


Autodesk Fusion 360, Autodesk Simulation CFD, Control Valve, Kavitasi.

Full Text:

PDF

References


Agustiyan, D. A., & Dr Bambang Lelono Widjiantoro ST, M. (2007). Simulasi Kavitasi Pada Control Valve. 1-9. Surabaya. Institut Teknologi Sepiluh Nopember.

Celik, H. K., Rennie, A. E. W., Karayel, D., & Akinci, I. (2011). Determination of Flow Parameters through CFD Analysis for Agricultural Irrigation Equipment: A Case Study for a Mini Valve. Tarım Makinaları Bilimi Dergisi, 7(3), 231–239.

A. Tabrizi, M. Asadi, G. Xie, G. Lorenzini and C. Biserni. (2014). Computational of Cavitation, Journal of Engineering Thermophysics Vol. 23 No.1, pp.

Flowserve. (2006). Flowserve Cavitation Control (pp. 1–20).

Hasbi, M. (2009). Pola Aliran Pada Downstream Katup. 1(1), 9–16

Muhtadi, M., L, B. D., Widjiantoro, S. M., Cordova, Hendra, S. M. (N.D). (2017). Analisis Reduksi Intensitas Kavitasi Pada Kontrol Valve Akibat Pressure Drop Dengan Metode Pressure Recovery Factor di Vaco Indonesia, 1-7. Surabaya. ITS.

Shirazi, T. N., G. Reza Azizyam and G. Hossein Akbari. (2012). CFD Analysis Of the Ball Valve Performance In Presence Of Cavitation. Life Sci J. www.Lifesciencesite.com.

Syamsi Firdaus. (2017). Analisis Performa Modifikasi Propeller Ka-70 Menjadi Hubless Rim Driven Propeller. 1-108. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh November.




DOI: https://doi.org/10.29103/cejs.v1i2.5443

Article Metrics

 Abstract Views : 1110 times
 PDF Downloaded : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sindi Qistina Asriati, Nasrul ZA, Muhammad Muhammad, Jalaluddin Jalaluddin, Azhari Azhari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Chemical Engineering Journal Storage (CEJS) , Jalan Batam No 02 Universitas Malikussaleh Kampus Bukit Indah.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Stat Counter

Flag Counter

 

View MyStat View MyStat