Penurunan Kadar FFA (Free Fatty Acid) Minyak Kelapa Sawit Menggunakan Adsorben Pencampuran Bentonit Dan Tanah Liat (Lempung) Melalui Proses Adsorpsi

Ayu Sutia Amanda, Azhari Azhari, Sulhatun Sulhatun, Suryati Suryati, Meriatna Meriatna

Abstract


Minyak kelapa sawit diperoleh dari pengolahan buah kelapa sawit yang kemudian diolah lagi menjadi minyak goreng sawit (MGS). Secara garis besar buah kelapa sawit terdiri dari serabut buah (mesocarp) dan inti (kernel). CPO memiliki kandungan asam lemak bebas (FFA) yang merupakan penentu dari kualitas CPO, karena hal ini memberi pengaruh pada sifat fisik dan kimianya. Dalam penelitian ini, adsorpsi asam lemak bebas (FFA) dari CPO dengan Bentonit Ujong Pacu dan tanah liat Krueng Geukueh sebagai adsorben diteliti dalam serangkaian studi skala laboratorium secara batch. Parameter operasi yang efektif seperti suhu adsorpsi, berat adsorben, ukuran serbuk adsorben telah diselidiki dan Isoterm Langmuir dan Freundlich. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efisiensi penyerapan adsorpsi asam lemak bebas (FFA) menggunakan bentonit dan tanah liat meningkat, %FFA setelah adsorpsi menurun setelah dilakukannya adsorpsi dan ditemukan bahwa adsorben dengan berat 10 gr, suhu 60oC, ukuran serbuk 80 Mesh dan waktu 30 menit adalah perlakuan optimal untuk %FFA. Nilai optimum efisiensi penyerapan adsorpsi pada kesetimbangan sebesar 67,77%. Model isoterm Langmuir paling baik menggambarkan data kesetimbangan yang mengindikasikan permukaan pori-pori adsorben yang bersifat homogen dan menunjukkan lapisan adsorbat yang berbentuk pada permukaan adsorben adalah monolayer.


Keywords


Kata kunci : Adsorben, Adsorpsi, Asam Lemak Bebas (FFA), Bentonit, dan CPO

Full Text:

PDF

References


Nufida B.A., Nova, K & Kurniasih, Y. (2014). “Pengaruh Ukuran Serbuk Pada Aktivasi Tanah Liat Dari Tanak Awu Terhadap Daya Adsorpsinya Pada Pemurnian Minyak Goreng Bekas”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia “Hydrogen” Vol. 2 No. 2.

Polii F.F,. (2016). “Pemurnian Minyak Kelapa Dari Kopra Asap Dengan Menggunakan Adsopben Arang Aktif Dan Bentonit”. Jurnal Riset Industri Vol. 10 No. 3.

Wardani. G. A., & Wulandari.W. T. (2018). “Studi Kinetika Dan Isoterm Adsorpsi Timbal(Ii) Pada Kulit Jengkol (Pithecellobium Jiringa) Teraktivasi”. Kovalen, 3(3):252-257.

Herlina, H., Astriyaningsih, E., Windarti, W. S., & Nurhayati, N. (2017). "TINGKAT KERUSAKAN MINYAK KELAPA SELAMA PENGGORENGAN VAKUM BERULANG PADA PEMBUATAN RIPE BANANA CHIPS (RBC) Degree of Coconut Oil Rancidity During Recycled Vacuum Frying for Production of Ripe Banana Chips (RBC)". Jurnal Agroteknologi, 11(02), 186–193.

Wijayanti. I. E., & Kurniawati. E. A. (2019). “Studi Kinetika Adsorpsi Isoterm Persamaan Langmuir Dan Freundlich Pada Abu Gosok Sebagai Adsorben” Educhemia Vol.4, No.2, 2.

Istighfaro, N. (2010). "Peningkatan Minyak Goreng Bekas Dengan Metode Adsorbsi Menggunakan Bentonit-Karbon Aktif Biji Kelor". Malang: UIN.

Kusumawardhani, D. A. (2016). "Pemanfaatan Limbah Nasi Aking sebagai Adsorben untuk Menurunkan Kadar Asam Lemak Bebas pada Minyak Jelantah". 14–15.

Putri. M. F. (2016). “ Adsorpsi Diklorometana pada Adsorben Granular Activated Carbon (GAC) Menggunakan Sistem BATCH”.

Handayani. M., & Sulistiyono. E. (2017). “Uji Persamaan Langmuir Dan Freundlich Pada Penyerapan Limbah Chrom (Vi) Oleh Zeolit”. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi Nuklir Ptnbr – Batan Bandung.

Murtihapsari, M., Mangallo, B., & Handyani, D. D. (2017). "MODEL ISOTERM FREUNDLICH DAN LANGMUIR OLEH ADSORBEN ARANG AKTIF BAMBU ANDONG (G. verticillata (Wild) Munro) DAN BAMBU ATER (G. atter (Hassk) Kurz ex Munro)". Jurnal Sains Natural, 2(1), 17.




DOI: https://doi.org/10.29103/cejs.v2i1.4676

Article Metrics

 Abstract Views : 881 times
 PDF Downloaded : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ayu Sutia Amanda, Azhari Azhari, Sulhatun Sulhatun, Suryati Suryati, Meriatna Meriatna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Chemical Engineering Journal Storage (CEJS) , Jalan Batam No 02 Universitas Malikussaleh Kampus Bukit Indah.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Stat Counter

Flag Counter

 

View MyStat View MyStat