EVALUASI OBJEK KAWASAN WISATA RELIGI (STUDI KASUS DESA BEURINGEN DAN DESA KUTA KRUENG ACEH UTARA)

Zulfan Zacky, Suparwoko Suparwoko, Iskandar Iskandar

Abstract


Wisata merupakan objek yang melatar belakangi manusia untuk berkunjung pada sebuah tempat tertentu. Salah satu kategori wisata yang erat kaitannya dengan agama dan prinsip-prinsip keagamaan yang dianut masyarakat adalah wisata religi. Salah satu tempat wisata andalan di Kabupaten Aceh Utara dan tempat wisata religi adalah Kerajaan Samudra Pasai. Terdapat banyak kekurangan dalam fasilitas baik dari kebutuhan pengelola hingga para wisatawan, sebagai objek wisata religi telah memiliki potensi yang cukup dan regulasi yang jelas. Mengenai Permasalahan tersebut bagaimanan kesiapan dan fasilitas yang harus di penuhi oleh kawasan wisata religi di Desa beuringen dan Kuta Krueng. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kompenen objek wisata religi di kawasan Desa Beuringen dan Kuta Krueng serta mengetahui fasilitas-fasilitas yang harus dilengkapi pada wisata religi. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan metode penelitian kualititatif deskriptif dan berbagai metode pengumpulan data. Penelitian ditemukan kebutuhan pengunjung berdasarkan fasilitas yang digunakan, kebutuhan yang tidak tersedia dan kebutuhan yang diharapkan akan tersedia.


Keywords


Evaluasi; Kawasan; Wisata Religi.

References


T. Muhammad, “Jejak Kebudayaan Persia Samudra Pasai,” Media Syariah, vol. xv, pp. 31–42, 2013.

M. Luma, N. Djafri, and U. N. Gorontalo, “Urgensi Nilai Sosial dan Budaya Masyarakat dalam Pendidikan di Era Society 5.0,” Aksara Kawanua J. Ilm. Multidisiplin, vol. 2, no. 1, pp. 9–16, 2023.

Isdarmanto, Dasar Dasar Kepariwisataan dan Pengelolaan Destinasi Pariwisata. 2016. [Online]. Available: http://perpus.univpancasila.ac.id/repository/EBUPT190173.pdf

O. A. Yoeti, Pengantar ilmu pariwisata. Bandung: Angkasa, 1996.

N. S. Pendit, Ilmu pariwisata : sebuah pengantar perdana. Jakarta: Pradnya Paramita, 2002.

Salah Wahab and Frans Gromang, Manajemen kepariwisataan. Jakarta: Pradnya Paramita, 1996.

Marsono and Andayani, Dampak pariwisata religi kawasan masjid sunan kudus terhadap ekonomi, lingkungan, dan sosial-budaya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2016.

F. N. Zebua, “Persepsi Wisatawan Terhadap Fasilitas Objek Wisata Dataran Tinggi Dieng Provinsi Jawa Tengah,” J. Planol. Unpas, vol. 5, no. 1, p. 897, 2018, doi: 10.23969/planologi.v5i1.926.

S. Keliwar and A. Nurcahyo, “MOTIVASI DAN PERSEPSI PENGUNJUNG TERHADAP OBYEK WISATA DESA BUDAYA PAMPANG DI SAMARINDA,” J. Manaj. resort, vol. 12, no. 2, pp. 10–27, 2015.

S. Chookaew, O. chanin, J. Charatarawat, P. Sriprasert, and S. Nimpaya, “Increasing Halal Tourism Potential at Andaman Gulf in Thailand for Muslim Country,” J. Econ. Bus. Manag., vol. 3, no. 7, pp. 739–741, 2015, doi: 10.7763/joebm.2015.v3.277.

E. Sugiarto and S. Sulartiningrum, Pengantar akomodasi dan restoran : untuk anda yang berkecimpung dalam industri pariwisata. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1996.

A. Fauzi et al., METODOLOGI PENELITIAN. Jawa Tengah: Pena Persada, 2022.




DOI: https://doi.org/10.29103/arj.v10i1.8484

Article Metrics

 Abstract Views : 195 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Zulfan Zacky, Suparwoko Suparwoko, Iskandar Iskandar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



Indexed in:

Crossref logo  Portal Garuda   Google Scholar      Dimension

Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by:
Architecture Program
Universitas Malikussaleh