PINTEREST SEBAGAI MEDIA REFERENSI VISUAL PADA MATAKULIAH PERANCANGAN ARSITEKTUR

Muhammad Heru Arie Edytia, Zulhadi Sahputra

Abstract


Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) harus diberlakukan pada matakuliah Perancangan Arsitektur di Program Studi Arsitektur Universitas Syiah Kuala yang berbasis studio sejak Maret 2020 sebagai akibat dari tindakan pemutusan rantai penyebaran COVID-19 di lingkungan kampus. Pengajar atau dosen arsitektur terpaksa mentransformasi metode pembelajaran dari tatap muka secara intensif yang biasa dilakukan di studio menjadi PJJ melalui metode dalam jaringan (daring). Begitu halnya peserta didik, mahasiswa arsitektur yang menjalani proses pembelajaran arsitektural secara daring harus siap memanfaatkan berbagai media pembelajaran. Salah satu media referensi visual yang populer digunakan adalah Pinterest. Meskipun Pinterest telah banyak dan populer digunakan sebelum PJJ diberlakukan, media yang diluncurkan pada Maret 2010 ini mampu menjadi media rujukan visual utama bagi dosen dan mahasiswa arsitektur layaknya fasilitator atau dosen pembimbing. Oleh karena itu, tulisan ini bertujuan untuk merefleksikan penggunaan Pinterest sebagai media referensi visual bagi dosen dan mahasiswa pada matakuliah Perancangan Arsitektur (PA) dan pengembangannya selama proses pembelajaran jarak jauh (PJJ). Refleksi ini dimulai dari deskripsi fitur-fitur dan kaitannya dengan proses desain pada matakuliah PA. Refleksi ditutup dengan menjabarkan kemungkinan pengembangan pemanfaatan Pinterest sebagai proses pembelajaran arsitektur. Pada akhirnya Pinterest dapat menjadi media alternatif yang membantu proses desain pada matakuliah PA.


Keywords


Media; Perancangan Arsitektur; Pinterest; Refleksi

References


A. Karimah and K. Paramita, "Investigating the Domestic Layers Adaptation During Pandemic", Interiority, vol. 3, no. 2, pp. 185-200, 2020.

L. Ahmad, M. Sosa, and K. Musfy, “Interior Design Teaching Methodology During the Global COVID-19 Pandemic,” Interiority, vol. 3, no. 2, pp. 163–184, 2020.

P. Atmodiwirjo and Y. Yatmo, Transformasi Pendidikan Arsitektur: Sebuah Catatan Pembelajaran Jarak Jauh. Depok: Departemen Arsitektur Universitas Indonesia, 2020.

R. Conaway, S. Easton and W. Schmidt, "Strategies for Enhancing Student Interaction and Immediacy in Online Courses", Business Communication Quarterly, vol. 68, no. 1, pp. 23-35, 2005.

J. Dwiagmi and G. Purwoko, in ENVISI 2020, 2020, pp. 168–174.

K. Hansen, G. Nowlan and C. Winter, "Pinterest as a Tool: Applications in Academic Libraries and Higher Education", Partnership: The Canadian Journal of Library and Information Practice and Research, vol. 7, no. 2, 2012.

I. Mull and S. Lee, "“PIN” pointing the motivational dimensions behind Pinterest", Computers in Human Behavior, vol. 33, pp. 192-200, 2014.




DOI: https://doi.org/10.29103/arj.v8i1.3792

Article Metrics

 Abstract Views : 1399 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Heru Arie Edytia, Zulhadi Sahputra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.



Indexed in:

Crossref logo  Portal Garuda   Google Scholar      Dimension

Creative Commons LicenseThis work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Published by:
Architecture Program
Universitas Malikussaleh