Efektivitas Pematahan Dormansi Dan Komposisi Media Organik Terhadap Pertumbuhan Bibit Sengon (Paracerianthe falcataria (L) Nielsen

Eva Rosdiana, Sri Rahayu, Rina Maharany

Abstract


Sengon merupakan industri hutan tanaman yang menghasilkan kayu dan bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat. Sengon termasuk biji yang berbiji keras, maka perlu mematahkan dormansi penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan acak kelompok dengan dua faktor. Faktor pertama terdiri dari 4 level dan faktor kedua terdiri dari empat standar, yang diulang tiga kali. Faktor pertama dimasukkan ke dalam air biasa dengan suhu antara 270-28oC selama 24 jam (P0), benih dalam oven dengan suhu 400 C selama 24 jam (P1), dan benih yang direndam dalam air panas (suhu 80oC ) selama lima menit (P2), benih direndam dalam air garam H2SO4 80% selama 15 menit (P3). Faktor kedua adalah media pohon yaitu tanah pucuk+pasir (K0), pucuk+pasir+pupuk kambing (K1), pucuk+pasir+pupuk ayam (K2), pucuk+pasir+kompos (K3). Pengamanan dewan direksi terdiri dari tanaman, tanaman itu basah kuyup, tahu kering, tanaman, akar, Diameter Batang. Hasil pengamatan pada masing-masing variabel sisi dianalisis dengan menggunakan ANOVA untuk dilanjutkan dengan uji coba lanjutan DMRT 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan dormansi P2 memberikan pengaruh yang nyata terhadap parameter tinggi tanaman dan panjang akar, diketahui triwulan I memberikan pengaruh yang nyata pada parameter berat tanaman basah, namun kenyataan berbeda pada parameter tinggi tanaman dan panjang akar. berat tanaman kering. Terdapat interaksi pengaruh P1K1 terhadap berat basah.

Keywords


Dormansi, Sengon, Media Tanam

Full Text:

PDF

References


Atmosuseno. S. (1999). Dasar-dasar Ilmu Tanah. Penebar Swadaya Grup.

Benih, P., & Paraserianthes, S. (2013). Pengaruh perlakuan pencelupan dan perendaman terhadap perkecambahan benih sengon

Direktorat Jenderal Rehabilitasi Lahan Dan Perhutanan Sosial. (2000). Pedoman Penanganan Benih Tanaman Hutan Tropis dan Subtropis. Gramedia.

Fahmi, Z. I. (2013). Studi Perlakuan Pematahan Dormansi Dengan Skarifikasi Mekanik dan Kimiawi. Balai Besar Perbenihan Dan Proteksi Tanaman Perkebunan Surabaya, 1–6. http://ditjenbun.pertanian.go.id/bbpptpsurabaya/tinymcpuk/gambar,file/16. STUDI PERLAKUAN PEMATAHAN DORMANSI dengan skarifikasi mekanik dan kimia ok.pdf

Martheen, E. Kaya, dan H. Rehatta. 2013 “Pengaruh Perlakuan Pencelupan dan Perendaman terhadap Perkecambahan Benih Sengon (Paraserianthes falcataria (L). Nielsen)”. Dalam Jurnal Agrologia. 2 (1): 10-16. Fakultas Pertanian Universitas Pattimura. Ambon http://download. portalgaruda. Org.

Mulyana. D dan C. Asmarahman. (2012). Untung Besar dari Bertanam Sengon. Agro Media Pustaka.

Muswita, P. M. dan L. H. (2008). Pengaruh Pupuk Organik Terhadap Pertumbuhan Sengon (Albizia falcataria (L.) Fosberg). Jurnal Biologi, 1(1), 15-18.

Sarief, E. . (1986). Kesuburan dan Pemupukan Tanah Pertanian. Pustaka Buana.

Sarif, N. 2014. “Pertumbuhan Bibit Sengon (Paraserianthes falcataria (L) Nielsen) Pada Media Bekas Tambang Pasir dengan Pemberian Subsoil dan Arang Batok Kelapa”. Skripsi. Departemen Silvikultur Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor.

Sastrahidajat, I. dan R. S. (1991). Budidaya Tanaman Tropika. Usaha Nasional.

Setyamidjaja, D. (1986). Pupuk dan Pemupukan. Simplex.

Sutopo Lita. (2004). Teknologi Benih. Rajawali Pers.

Trubus. (2010). Jabon Jagoan Kayu Produktif (1st ed.). Trubus Swadaya.




DOI: https://doi.org/10.29103/agrium.v19i3.8744

Article Metrics

 Abstract Views : 562 times
 PDF Downloaded : 211 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Eva Rosdiana, Sri Rahayu, Rina Maharany

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Agrium

ISSN 1829-9288 (Print)

ISSN 2655-1837 (Online)

Published by Faculty of Agriculture, Universitas Malikussaleh
Website : http://ojs.unimal.ac.id/index.php/agrium
E-mail : agrium@unimal.ac.id

Creative Commons License

Jurnal Agrium is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
(c) Author 2018 all rights reserved

Jurnal Agrium Statistics