Karakteristik Kandungan Unsur N, P Dan K Limbah Cair Kelapa Sawit Kolam Anaerob Dengan Kontak Kuantitas Bentonit

Pada Mulia Raja, Giyanto Giyanto, Siholanna Barus

Abstract


Limbah Cair Pabrik Kelapa Sawit (LCPKS) merupakan limbah organik agroindustri yang berasal dari pengolahan Tandan Buah Segar (TBS) menjadi Minyak Sawit Mentah (CPO) yang masih dapat dimanfaatkan sebagai pupuk cair. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar Nitrogen, Fosfor, dan Kalium yang telah diberikan bentonit dan Efektif Mikroorganisme-4 ke dalam kolam anaerob LCPKS. Penelitian ini terdiri dari 4 tahap, yaitu: karakterisasi LCPKS, preparasi bentonit. Aplikasi bentonit berdasarkan jumlah LCPKS dan karakterisasi N, P, K pada LCPKS setelah pemberian bentonit. Pada penelitian ini dilakukan proses fermentasi LCPKS dengan penambahan Effective Microorganism-4 (EM4) dan partikel bentonit 3%, 5% dan 7% dengan ukuran 60 mesh dengan 3 kali ulangan. Hasil penelitian menunjukkan kadar N tertinggi yaitu 9167 ppm) diperoleh dari proses fermentasi dengan bentonit 7%, kadar P tertinggi 20,1 ppm diperoleh dari bentonit 3% dan kadar K tertinggi diperoleh bentonit 3% dengan nilai rata-rata. rata-rata 742 ppm. Aplikasi bentonit dapat meningkatkan nilai N, P & K pada LCPKS pada kolam anaerobik.


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, Dewi, 2013, Studi Fermentasi lumpur Hasil Pengolahan Limbah Cair PT Indofood CBP dan Limbah Bawang Merah Goreng Menggunakan Aktivator EM-4 dan Lumpur aktif. Undergraduate Thesiss, fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Semarang.

Ashadi, martini, k.S., Masykuri, M., Saputro, S., (2009). Kinerja Sistem Adsorben Surfaktan Kationik Berpenyangga Montmorilonit Lokal Untuk Remidiasi Limbah Selenat Dalam Air. Jurnal Alchemy 6(2). 10-12. UNS Surakarta.

Budianta,D.(2005). Potensi limbah cair pabrik kelapa sawit sebagai sumber hara untuk tanaman perkebunan. Dinamika Pertanian. 20(3):273-282.

Hartutik, Sri , Sriatun,Taslimah. 2012. Pembuatan pupuk kompos dari limbah bunga kenanga dan pengaruh persentase zeolit terhadap ketersediaan nitrogen tanah.

Irvan,. 2011. Pembuatan pupuk organik aktif dari pengolahan lanjut limbah cair pabrik kelapa sawit, Laporan Hasil Penelitian, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Nasution.D.Y. 2004. Pengolahan limbah cair pabrik kelapa sawit yang berasal dari kolam akhir (final pond) dengan proses koagulasi melalui elektrolisis. Jurnal Sains Kimia. 8(2): 38-40.

Nurhayati, H. 2010. Dasar-Dasar Ilmu Tanah. Lampung : Universitas Lampung.

Nursanti.I, Dedik.B, Napoleon.A dan Parto.Y. 2013. Zeolite utilization as a catalyst and nutrient absorbent in an organic fertilizer processing derived ssfrom palm oil mill effluent as a raw material. International Journal of Mechanical and Material . Inpress.

Pamin.K, Siahaan.M.M, dan Tobing. P.L. 1996. Pemanfaatan limbah cair PKS pada perkebunan kelapa sawit di Indonesia. Makalah Lokakarya Nasional Pemanfaatan Limbah Cair cara Land Application, 26-27 November 1996. Jakarta.

Priatmoko, S dan Najiyana, K., 2006, Adsorpsi Logam Cr (III) Oleh Lempung Bentonit Yang Telah Diberi Perlakuan HCL dan H2SO4. Seminar Nasional dan Pendidikan Kimia. UNNES Semarang.

Ristiawan, Ardhi. 2012. Studi Pemanfaatan Aktivator Lumpur Aktif dan EM4 dalam Proses Fermentasi Lumpur Organik, Sampah Organik Domestik, Limbah Bawang Merah Goreng dan Limbah Kulit Bawang. Undergraduate Thesis, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Semarang.

Simanjuntak. H. 2009. Studi korelasi antara BOD dengan unsur hara N, P dan K dari Limbah Cair Pabrik Kelapa Sawit Tesis. Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara Medan.

SNI 19-7030-2004, Spesifikasi Kompos dari Sampah Organik Domestik.

Suswardany, Dwi Linna, Ambarwati, Yuli Kusumawati. 2006. Peran Effective Microorganism-4 (EM-4) Dalam Meningkatkan Kualitas Kimia Kompos Ampas Tahu. Jurnal Penelitian Sains dan Teknologi, 7(2). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sutiani D., 2006, Karakteristik Bentonit Asal Karangnunggal, Tasikmalaya Bogor : Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor.




DOI: https://doi.org/10.29103/agrium.v18i2.5326

Article Metrics

 Abstract Views : 4241 times
 PDF Downloaded : 663 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Pada Mulia Raja, Giyanto Giyanto, Siholanna Barus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Agrium

ISSN 1829-9288 (Print)

ISSN 2655-1837 (Online)

Published by Faculty of Agriculture, Universitas Malikussaleh
Website : http://ojs.unimal.ac.id/index.php/agrium
E-mail : agrium@unimal.ac.id

Creative Commons License

Jurnal Agrium is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
(c) Author 2018 all rights reserved

Jurnal Agrium Statistics