Respon Pupuk Guano Dan Mikoriza Dalam Memperbaiki Sifat Kimia Dan Hasil Kedelai Pada Tailing Tambang Emas Di Kabupaten Sijunjung

Riza Syofiani, Giska Oktabriana.S

Sari


Tailing merupakan bahan hasil galian yang dapat mencemari lingkungan, memiliki Kapasitas Tukar Kation (KTK) dan unsur hara yang rendah. Salah satu usaha yang bisa dilakukan untuk memperbaiki sifat kimianya yaitu dengan pemberian pupuk guano dan mikoriza. Tujuan penelitian ini yaitu untuk melihat interaksi penggunaan pupuk guano dan mikoriza dalam memperbaiki sifat kimia dan hasil kedelai di tailing tambang emas. Penelitian dilakukan di STIPER Sawahlunto Sijunjung dan dilanjutkan di Laboratorium Tanah Universitas Andalas. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dalam bentuk faktorial dengan 3 ulangan dimana Faktor A (dosis pupuk guano) A1 : 0 ton/ha, A2 : 10 ton/ha, A3 : 15 ton/ha, A4: 20 ton/ha, A5 : 25 ton/ha dan Faktor B  (dosis mikoriza) B1 : 0 g/tan, B2 : 10 g/tan, B3 : 15 g/tan. Data hasil penelitian dianalisis secara statistik dengan uji F pada taraf nyata 5%. Jika hasil pengujian tidak berbeda nyata maka dilanjutkan dengan uji lanjutan Duncan New Multiple Range (DNMRT) pada taraf nyata 5%. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan pupuk guano dan mikoriza dapat memperbaiki sifat kimia dan hasil kedelai pada tailing tambang emas.


Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi


Anas dan Santosa, D. A., 1993. Mikoriza vesikular arbuskular. Fakultas Pertanian IPB. Bogor.

Barrett, G., C.D. Campbell, A.H. Fitter, & A. Hodge. 2011. The arbuscular mycorrhizal fungus Glomus hoi can capture and transfer nitrogen from organic patches to its associated host plant at low temperature. Appl Soil Ecol. 48:102-105.

Bolan, N.S. 1991. A critical review on the role of mycorrhizal fungi in the uptake of phosphorus by plants. Plant and Soil 134: 189-207p

Gusnidar, S.Yasin dan Burbey 2008. Pemanfaatan Gulma Tithonia diversifolia dan Jerami Sebagai Bahan Organik In Situ Untuk Mengurangi Penggunaan Pupuk Buatan serta Meningkatkan Hasil Padi Sawah Intensifikasi. Laporan Hasil Penelitian. Universitas Andalas. Padang. 49 hal.

Hakim, N; M.Y. Nyakpa; A.M. Lubis; S.G. Nugroho; M.A. Diha; G.B. Hong; H.H. Bailey. 1986. Dasar-dasar ilmu tanah. Universitas Lampung. 488 halaman.

Khairuna, Syarifuddin, dan Marlina. 2015. Pengaruh fungi mikoriza arbuskular dan kompos pada tanaman kedelai terhadap sifat kimia tanah. Jurnal Floratek 10: 1-9

Kresnatita, S. 2004. Pengaruh Pemberian Pupuk Organik dan Nitrogen Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Jagung Manis. Malang.

Nyakpa., M.Y., N. Hakim., A. M. Lubis., M. A. Pulung., G. A. Amrah., A. Munawar dan G.B Hong. 1988. Kesuburan Tanah. Universitas Lampung. Bandar lampung. 258 hal

Simanungkalit, R.D.M., Suriadikarta, D.A., Saraswati, R., Setyorini, D. dan Hartatik, W. 2006. Pupuk organik dan pupuk hayati. Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Sumberdaya Lahan Pertanian. Bogor.

Supeni, S., Suharno, dan Bone, I.H. 2011. Endomikoriza yang berasosiasi dengan tanaman pertanian non-legum di lahan pertanian daerah transmigrasi Koya Barat, Kota Jayapura. Jurnal Biologi Papua. 3 (1): 1-8.

Suwarniati. 2014. Pengaruh FMA dan pupuk organik terhadap sifat kimia tanah dan pertumbuhan bunga matahari (Helianthus annuus L.) pada lahan kritis. Jurnal Biotik. 2 (1): 1-76.

Tan, K. H. 1008. Dasar-Dasar Kimia Tanah. Terjemahan Principles of Soil Chemistry oleh D. H. Goenadi. UGM Press. 295 hal

Wasis, B dan istantini, A. 2013. Pengaruh Pemberian Arang Temputung Kelapa Dan Kotoran Sapi (Bokasi) Terhadap Peningkatan Pertumbuhan Semai Jabun (Anthocephalus cadamba) pada media tanam tailing tambang emas. Jurnal Silvi Kultur Tropika. 4(2):82-87.

Wicaksono, M. I., Rahayu, M., Samanhudi. 2014. Pengaruh Pemberian Mikoriza dan Pupuk Organik Terhadap Pertumbuhan Bawang Putih. Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian XXIX ( 1): 35 -44




DOI: https://doi.org/10.29103/agrium.v17i2.2853

Article Metrics

 Sari Views : 87 times
 PDF (English) Downloaded : 35 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##