Model Pengaturan Suhu Kelembaban Otomatis Pada Kumbung Jamur Tiram

Ananto Ananto

Abstract


Budidaya jamur tiram pada area yang memiliki suhu tinggi memerlukan teknik perawatan secara khusus. Perkembangan teknologi sekarang ini memudahkan dalam melakukan perawatan budidaya jamur tiram. Bahkan sudah tidak sedikit yang bisa  mengatur suhu dan kelembapan secara otomatis di dalam ruangan budidaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pengatur suhu otomatis yang dapat memudahkan perawatan dan mengeliminir kegagalan produksi jamur tiram. Namun pengaturan suhu kelembaban tidaklah cukup sempurna kalau tidak ada model dan teknik pengaturannya. Model yang akan dibuat dengan cara menggunakan teknik Digital Skylite yang dihubungkan dengan sumber arus, Digital skylite ini berfungsi sebagai timer otomatis. Tujuan Dari Penelitian Ini Adalah Untuk Mendapatkan Model Rancangan Alat Yang tepat dengan menggunakan Digital Skylite dan untuk melihat lama waktu yang tepat dalam pengaturan Digital Skylite. Metode yang digunakan dalam pengambilan data penelitian ini adalah Pengamatan secara Langsung (observasi), Observasi dilakukan dengan meneliti dan mengadakan pengamatan terhadap obyek yang diteliti secara langsung. Hasil dari penelitian adalah mendapatkan model rancangan pengaturan suhu yang maksimal.

 Kata kunci : jamur tiram, Digital Skylite, suhu kelembaban


Full Text:

PDF

References


Ajie Putranto dan Mad yamin. 2011. Pengendalian Suhu Ruang pada Budidaya Jamur Tiram dengan Karung Goni Basah. Jurnal keteknikan pertanian.

Abdullah, S. Hardhienata, and A. Chairunnas, 2012. “Model Pengaturan Suhu Dan Kelembaban Pada Ruang Jamur Tiram Menggunakan Sensor Dht11 DanMikrokontroler,” J. Artic., vol. 2,

Ananto, syaifuddin Islami, 2017. Provision of Organik Herbs as a perancer of growing pinhead oyster mushroom. Prosiding seminar Nasional. Politeknik Payakumbuh.

Anggi Triyanto dan Nurwijayanti K. N. 2016. Pengatur Suhu dan Kelembapan otomatis Pada Budidaya Jamur Tiram Menggunakan Mikrokontroler ATMega16. Jurnal TESLA VOL. 18/NO. 1.

Prawirahardja. 2010. “Cara Budidaya Jamur Tiram”. tabloidgallery.wordpress.com.Diakses tanggal 8 Januari 2011.

Gemalasari. 2002. Pengendalian Kumbang Cyllodes bifacies Walker (Coleoptera Nitidulidae) Pada Jamur Tiram Putih Dengan Pemasangan Barier. Fakultas Pertanian. Institut Pertanian Bogor. Skripsi.

Widodo, C. S. Prabowo, S. Winanti, and R. E. Juwanto, 2013 .“Rancang Bangun Sistem Penyiraman Tiram Secara Otomatis Menggunakan Sensor Suhu Berbasis Mikrokontroler Atmega8,” J. Ris. Drh. 2013, pp. 31–40,.




DOI: https://doi.org/10.29103/agrium.v17i1.2352

Article Metrics

 Abstract Views : 405 times
 PDF Downloaded : 108 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 Ananto Ananto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Agrium

ISSN 1829-9288 (Print)

ISSN 2655-1837 (Online)

Published by Faculty of Agriculture, Universitas Malikussaleh
Website : http://ojs.unimal.ac.id/index.php/agrium
E-mail : agrium@unimal.ac.id

Creative Commons License

Jurnal Agrium is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
(c) Author 2018 all rights reserved

Jurnal Agrium Statistics