Perbandingan Kinerja Perusahaan Berdasarkan Variabel-Variabel Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU) (Studi Banding Antara PTPN II dan PTPN IV)

Hamzah Manurung, Alda Kartika

Abstract


Menghadapi lingkungan bisnis yang kompleks dan penuh persaingan, setiap instansi pemerintah maupun swasta berusaha untuk meningkatkan kualitas kinerjanya. Dukungan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan informasi yang menjadi penunjang untuk mengarahkan setiap instansi/perusahaan dalam mengelola dan mengukur capaian kerjanya masing-masing. Hal inilah yang mendorong terciptanya penerapan suatu sistem pengukuran kinerja yang tepat dan akurat sebagai alat untuk mengevaluasi kinerja secara keseluruhan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan membandingkan kinerja Kategori Fokus Pelanggan dan kinerja Kategori Fokus Tenaga Kerja PTPN II dan PTPN IV. Metode pengumpulan datanya melalui pengisian dokumen aplikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis Perbandingan Kinerja Perusahaan berdasarkan Variabel-Variabel Kriteria Penilaian Kinerja Unggul (KPKU) antara PTPN II dan PTPN IV. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  secara parsial untuk Kategori Fokus Pelanggan, PTPN II capaian 47,65% dan PTPN IV capaian 55,00% sementara untuk Kategori Fokus Tenaga Kerja, PTPN II memperoleh capaian 60,00% dan PTPN IV memperoleh capaian 52,35%. Secara simultan untuk Kategori Fokus Pelanggan dan Kategori Fokus Tenaga Kerja, PTPN II dan PTPN IV berada di Level 4 (50%-65%) dimana PTPN II memperoleh capaian 53,82% dan PTPN IV memperoleh capaian 53,68% dengan Tingkat Maturitas Proses menunjukkan telah terjadi keselarasan organisasi di PTPN II dan PTPN IV dan Tingkat Maturitas Pembelajaran Organisasi menunjukkan bahwa PTPN II dan PTPN IV telah memiliki strategi dan solusi untuk mengatasi permasalahan karena alat dan sistem perbaikan/peningkatan kinerja telah diterapkan di  perusahaan dan menjadi solusi bilamana terjadi tanda-tanda penurunan kinerja.


Keywords


KPKU, Fokus Pelanggan, Fokus Tenaga Kerja

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.29103/ag.v5i1.2861

Article Metrics

 Abstract Views : 206 times
 PDF Downloaded : 98 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Hamzah Manurung, Alda Kartika

Agrifo: Jurnal Agribisnis Universitas Malikussaleh