KESALAHAN YANG DILAKUKAN SISWA PADA PENGGUNAAN BENTUK PAST TENSE DALAM MENULIS RECOUNT TEXT

Rahmati Rahmati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan jenis kesalahan dalam penggunaan tense(bentuk waktu) past tense yang dibuat oleh siswa kelas satu SMA Negeri 2 Lhokseumawe. Dalam menulis kalimat, para siswa diminta untuk menulis bebas tentang pengalaman mereka ketika liburan. Selain itu, penelitian ini juga memberikan identifikasi dan penjelasan dari jenis kesalahan untuk mengetahui jenis kesalahan yang sering dilakukan. Sampel penelitian ini adalah semua siswa kelas X-4 SMA Negeri 2 Lhokseumawe dengan jumlah siswa sebanyak 32. Dalam penelitian ini penulis menerapkan teori error analysis dari beberapa buku dan referensi yang berhubungan dengan analisis kesalahan dan tata bahasa dan juga memberikan tes untuk mengumpulkan data penelitian. Kemudian data dianalisa untuk menentukan kesalahan tata bahasa dari kalimat yang menandainya, merekonstruksi kalimat tersebut, menganalis kalimat yang memiliki kesalahan, mengelompokkan jenis kesalahan, dan menghitung setiap jenis kesalahan untuk mengetahui jenis kesalahan mana yang paling sering dibuat oleh siswa. Data menunjukkan bahwa siswa yang melakukan kesalahan pada Omission sebanyak 64 kesalahan, Addition 29 kesalahan, misformation sebanyak 83 kesalahan.dengan persentase kesalahan pada bagian orientation sebanyak 61 (35%), pada bagian Events sebanyak 82(46%), dan pada bagian reorientation sebanyak 23(19%). Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyarankan bahwa siswa harus lebih fokus dalam memahami penggunaan past tense khususnya pada perubahan bentuk kata kerja baik dalam bentuk kata kerja yang beraturan dan tidak beraturan , dan juga dalam penggunaan kata kerja bantu (Auxiliaries). Selain itu, guru juga perlu mengetahui bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam hal perubahan kata kerja pada bentuk past tense, dan dapat menerapkan metode baru.


Keywords


Recount text, Schematic Structure, Errors Analysis

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2002. Prosedure penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta; Rineka Cipta.

Azar, Betty S. 1999. Fundamentals of English Grammar. London : Regents/ PrentuceHall.

Brown, H.D. 2001. Teaching By Principles: An Interactive Approache To

Language Pedagogy. (2nd ed.). New York: Longman

Anderson, M. And K. Anderson. 1997. Text Types in English 1 and 2.

South Yarra: Macmillan Education Australia pty ltd.

Azar, Betty. Schamper. 1989. Understanding and Using English Grammar.

New Jersey: Prentice Hall.

Bennet. 1968. Language and Language Teaching. London: Cambridge

University Press.

Brown, H. D. 2000. Principles of Language Learning and Teaching.

Longman.Bungin, H.

Byrne, Donn. 1990. Teaching Writing Skills. London and New York:

Longman Group UK Limited.

Corder, S.P. 1973. Introducing Applied Linguistic. Middlesex, Penguin.

Derewianka, B. 1980. Exploring How Texts Work. Newton: Primary

English Teaching Association.

Edward, E. Wilson. 2001. Writing and Grammar Communication in Action.

USA: Prentice-Hall, Inc.

Eisenhardt. 1989. Building Theories from Case Study Research.

Retrieved on September, 2013, from

http://ideas.repec.org/a/eee/jbrese/v64y2011i7p680-686.html.

Ellis, Rod. 2003. Second Language Acquisition: An Introductory

Course. Mahwah, NJ: LEA

Gass, S. and Slinker, L. 1994. Second Language Acquisition: An

Introductory Course. Mahwah, NJ: LEA.

Group.Corder, S. Pit. 1981. Error Analysis and Interlanguage. London:

Oxford University Press.

James, Carl. 1998. Errors in Language Learning and Use Exploring

Error Analysis. New York: Addison Wesley Longman.

Norrish, Jhon. 1983. Language Learner and Their Errors. London:

Macmillan Press.

Richards, J.C. 1985. The Context of Language Teaching. America:

Cambridge University Press.

Singh, Kumar Y. 2006. Fundamental of Research. Ansari Road. Daryaganj.

New Delhi. New Age International Publisher Ltd.

Smalley and Ruette. 1986. Refening Composition Skills. New York:

Macmillan Publishing Company.

Talif, R & M, Edwin. 1989. Error Analysis of Form Four English

Compositions. The English Teacher. Vol. XVIII, September 1989.

Thomas. 2011. Qualitative Inquiry. Retrieved September, 2013, from

http://en.wikipedia.org/wiki/Case_study#History_of_the_case_study.

Thompson, A.J and Martinet, A. V. 1986. A Practical English Grammar.

New York: Oxford University Press. Text Types in English 1 and 2. South Yarra Jan 1997

Bennet. 1968. Language and Language Teaching. London: Cambridge

University Press.

James, Carl. 1998. Errors in Language Learning and Use Exploring

Error Analysis. New York: Addison Wesley Longman.

Norrish, Jhon. 1983. Language Learner and Their Errors. London:

Macmillan Press.




DOI: https://doi.org/10.29103/relativitas.v2i1.1461

Article Metrics

 Abstract Views : 1007 times
 PDF Downloaded : 112 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rahmati Rahmati

Creative Commons License

Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

© 2018 All rights reserved | p-ISSN: 2654-4172, e-ISSN: 2655-8793.

View My StatsFlag Counter