PENERAPAN METODE PEMBIASAAN POSITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Nur Afni Safarina, Safuwan Amin, Rahmia Dewi, Ika Amalia

Abstract


Tujuan program pengabdian masyarakat ini adalah melakukan psikoedukasi tentang penerapan pembiasan positif untuk meningkatkan kemampuan berbahasa pada siswa Sekolah Dasar. Sasaran program adalah Sembilan orang guru Sekolah Dasar Negeri 13 Dewantara. Metode pemberian psikoedukasi dalam bentuk ceramah, ice breaking dan evaluasi melalui perbandingan hasil evaluasi pre-test dan post-test. Hasil menunjukkan terdapat peningkatan pengetahuan guru terkait penerapan pembiasan positif untuk meningkatkan kemampuan berbahasa pada siswa. Dapat disimpulkan bahwa guru memiliki pemahaman yang kuat terhadap materi psikoedukasi dalam program pengabdian masyarakat ini yang bermanfaat dalam melatih pembiasaan positif untuk meningkatkan kemampuan berbahasa siswanya.


Keywords


bahasa, pembiasaan positif, siswa, sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Aryanti, A. (2020). Pembinaan Akhlak Bagi Anak Usia Taman Kanak-Kanak Melalui Metode Pembiasaan Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyaraka, 2 (1).

Mardison, S. (2016). Perkembangan Bahasa Anak Usia Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidayah (SD/MI). Jurnal Tarbiyah Al-Awlad,, Volume VI Edisi 02.

Nyoman, N., Trisnawati, L., Suarni, N. K., Gede Agung, A. A., Guru, J. P., Anak, P., Dini, U., Konseling, J. B., & Pendidikan, J. T. (2014). Penerapan Metode Picture And Picture Dengan Media Cerita Gambar Berseri Untuk Meningkatkan Perkembangan Bahasa Pada Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha (Vol. 2, Issue 1).

Taufiqurrahman, & Suyadi. (2020). Analisis Aspek Perkembangan Bahasa Anak Usia Dasar Dalam Proses Pembelajaran. In Pionir: Jurnal Pendidikan (Vol. 8, 2).

Syarbini, Amirulloh, 2014. Model Pendidikan Karakter dalam Keluarga, Jakarta : PT Elex Media Komputido




DOI: https://doi.org/10.29103/uhjpm.v1i1.9344

Article Metrics

 Abstract Views : 264 times
 PDF Downloaded : 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Nur Afni Safarina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

UBAT HATEE: Jurnal Pengabdian Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.