Legal Protection for Teachers as an Effort to Guarantee Teachers' Rights in Carrying Out Duties at SMAN 1 Dewantara
DOI:
https://doi.org/10.29103/uhjpm.v2i2.18771Keywords:
Sosialisasi, Perlindungan Hukum, Guru.Abstract
Pengabdian ini dilakukan bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang Perlindungan Hukum Bagi Guru: Menjamin Hak-Hak Guru Dalam Melaksanakan Tugas Di Sman 1 Dewantara. Guru sebagai pendidik profesional memiliki peran yang fungsi, peran, dan kedudukan sangat strategis dalam pencapaian tujuan pencerdasan kehidupan bangsa. Oleh karena itu, untuk mendukung fungsi dan peran strategis guru sebagai pendidik, upaya perlindungan hukum perlu dilakukan. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi guru dalam melaksanakan tugasnya dan profesi. Secara yuridis, agar guru dapat menjalan fungsi dan perannya secara maksimal, pemerintah telah menetapkan sejumlah aturan untuk menjamin kepastian perlindungan hukum bagi guru. Ketentuan tentang perlindungan hukum guru di Indonesia secara umum adalah diatur dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru, dan secara khusus diatur dalam Permendikbud No 10 Tahun 2017 Tentang Perlindungan Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Tujuan pengabdian ini adalah untuk memberikan pemahaman terhadap perlindungan hukum bagi guru di Takengon. Metode Pengabdian dengan melakukan sosialisasi kepada guru-guru SMAN 1 Dewantara tentang upaya perlindungan hukum bagi guru sebagai langkah untuk menjamin hak-hak guru dalam melaksanakan tugas.
References
Jaiz Jamalullael, Vidhy Andika Setyaningrum, Ahmad Suyuti, Zumrotul Istiana, Mengintensifkan Peranan Guru Dalam Menanggulangi Kekerasan Di Smp Islam Truwolu Ngaringan Grobogan Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam Qouman, Vol. 1, No.2, 2022
Jumriani Nawawi, Perlindungan Hukum Terhadap Profesi Guru Dari Kriminalisasi Di Indonesia Jurnal Al-Adalah: Jurnal Hukum Dan Politik Islam, Vol. 4, No. 2, Juli 2019.
Ratnawati Peranan Guru Sebagai Model Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 2018.
Santoso, A. (2020). Perlindungan Hukum bagi Guru di Indonesia: Studi Implementasi Regulasi. Jakarta: Pustaka Akademika.
Wijaya, B. (2019). Pemahaman Guru terhadap Hak-Hak Hukum dalam Pendidikan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication and this work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
All articles in this journal may be disseminated by listing valid sources and the title of the article should not be omitted. The content of the article is liable to the author.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
In the dissemination of articles, the author must declare the UBAT HATEE: Jurnal Pengabdian Masyarakat as the first party to publish the article.