HUBUNGAN VOLUME KECEPATAN DAN KEPADATAN BERDASARKAN METODE GREENSHIELD DAN METODE GREENBERG
Abstract
Jalan Sisimangaraja termasuk daerah yang cukup padat akan aktivitas pasar. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diperlukan manajemen lalulintas yang terencana dan terarah dengan terlebih dahulu mengetahui karakteristik lalu lintas seperti volume dan kecepatan dengan melakukan studi pada ruas jalan . Lokasi penilitian ini berada pada ruas jalan Sisimangaraja yang memiliki 2 lajur 2 arah tanpa median (2/2UD). Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan nilai hubungan dan perbandingan model nilai volume maksimum dengan model Greenshield dan Greenberg. Data yang diambil dari lokasi penelitian adalah data volume kendaraan, kecepatan, kepadatan dan metode yang digunakan adalah model Greenshield dan Greenberg.Validasi hubungan model lalu lintas adalah untuk mendapatkan volume maksimum berdasarkan sebaran data, nilai koefisien korelasi (r) dan kesesuaian untuk hubungan volume, kecepatan, dan kepadatan. Diperoleh niai determinasi tertinggi pada metode Greenshield sebesar 0,822, metode Greenberg sebesar 0,8433. Model hubungan dari kedua model didapat hubungan kecepatan dan kepadatan pada model Greenshield yaitu S= 51,36 -0,815. D dan model Greenberg yaitu S= 12,76 x Ln ( Berdasarkan perhitungan volume maksimum dari kedua model tersebut yang paling mendekati dengan perhitungan kapasitas PKJI 2014 yang sebesar 2377 skr/jam adalah model Greenberg pada hari minggu sebesar 2367,11 skr/jam.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.1976/tts%204.0.v3i3.9469
DOI (PDF): https://doi.org/10.1976/tts%204.0.v3i3.9469.g4217
Article Metrics


Refbacks
- There are currently no refbacks.