EVALUASI TINGKAT KERUSAKAN JALAN AKIBAT MUATAN BERLEBIH PADA RUAS JALAN LAMPEUNERUT-BILUY- SIBREH KABUPATEN ACEH BESAR
DOI:
https://doi.org/10.29103/techsi.v12i3.9190Abstract
Jalan Lampeunerut - Peukan Biluy - Pekan Sibreh adalah jalan kebupatenyang menghubungkan kecamatan Darul Imarah, Darul Kamal, Simpang Tiga
Dan Kecamatan Suka Makmur, merupakan jalan yang begitu banyak
pemanfaatnya. Pemanfaatan tetap jalan ini adalah truk pengangkut material
berupa tanah timbun, batu gunung, kerikil dan pasir karena di daerah ini
terdapat quary galian C. Oleh karena itu untuk sekarang ini kondisi ruas jalan
Lampeuneurut-Biluy-Sibreh terlihat rusak berat, sehingga kerusakan tersebut
dapat kita jumpai disepanjang badan jalan dan sangat mengganggu aktifitas
lalu lintas yang melaluinya. Salah satu faktor yang menyebabakan kerusakan
jalan biasa disebabkan oleh truk pembawa muatan berlebih dari muatan yang
diizinkan. Tujuan dari penulisan ini adalah untuk mengetahui seberapa besar
pengaruh muatan berlebih terhadap kerusakan ruas Lampeuneurut-Biluy-
Sibreh kabupaten Aceh Besar pada STA (07 + 800 s.d 09 + 800) dengan
menggunakan Metode Analisa Komponen Bina marga, SKBI 1987 yang
melibatkan beberapa jenis kendaraan berat seperti kendaraan ringan (2 ton),
Truk 2 As Colt (8 ton), Truk 2 As Engkel (15 ton) dan truk 3 As Tronton (20
ton). Setelah dilakukan analisa perhitungan pada jenis-jenis kendaraan
tersebut, kendaraan yang sangat berpengaruh terhadap kerusakan jalan adalah
Truk 3 As Tronton, akan tetapi ditinjau dari segi konfigurasi pembebanan
kendaraan yang lebih cepat merusak perkerasan jalan adalah truk 2 As
Engkel dengan nilai Ekivalen (E) sebesar 1,0375. Untuk lapisan perkerasan
beban realisasi untuk surface course (5 cm), Base Course (15 cm) dan
Subbase Course (10 cm). Sedangkan untuk lapisan beban rencana surface
course (5 cm), Base Course (15 cm) dan Subbase Course (10 cm). Jenis -
jenis kerusakan yang terjadi pada STA 07 + 800 s.d 09 + 800 pada ruas jalan
Lampeuneurut-Biluy-Sibreh Kabupaten Aceh Besar rata - rata adalah retak
kulit buaya, penggemuka, terurai dan Amblas. Dari hasil penelitian bahwa
hubungan antara Indeks permukaan dengan lintas ekivalen selama 10 tahun
kedepan, maka untuk ruas jalan Lampeuneuru-Biluy-Sibreh Kabupaten Aceh
Besar ini harus dilakukan pelapisan tambahan karena telah menunjukkan
hubungan nilai Indeks permukaan (IP) sebesar 1,5 maka jalan tersebut untuk
tingkat pelayanan jalan masih terendah untuk dilalui kendaraan berat.
References
Sukirman, S, 1999, Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan
Raya, Penerbit Nova, Bandung
Sukirman, S, 1999, Perencanaan Tebal Struktur Perkerasan
Lentur Jalan Raya, Penerbit Nova, Bandung
Ir. Harry Purwanto. M. Eng. Sc, Ir. Aberor Dachwan, 2010,
Manajemen Proyek Jalan, PT. Medisa, Jakarta
Ir. Bukhari, RA. M.Eng, 2007, Rekayasa Bahan dan Tebal
Perkerasan Jalan Raya, Unsyiah, Banda Aceh
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication and this work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
All articles in this journal may be disseminated by listing valid sources and the title of the article should not be omitted. The content of the article is liable to the author.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
In the dissemination of articles by the author must declare the TECHSI Journal as the first party to publish the article.