EVALUASI KINERJA JALAN MERDEKA KOTA LHOKSEUMAWE (STUDI KASUS SIMPANG SELAT MALAKA S/D SIMPANG KUTA BLANG)

Said Jalalul Akbar, Yunalis Yunalis

Abstract


Jalan merupakan prasarana pengangkutan darat. Volume lalu lintas terus meningkat dari tahun ke tahun, disertai pula dengan tingkat pelayanan, ketertiban dan pengendara yang kurang, serta dengan penambahan fasilitas jalan yang kurang pula, sehingga mengakibatkan arus yang tidak terkendali dalam pola lalu lintas sehari-harinya. Oleh karena itu, perlu dilakukan evaluasi untuk mengetahui kinerja ruas jalan tersebut. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana karakteristik, kapasitas jalan, tingkat pelayanan serta kinerja jalan. Dengan menggunakan metode MKJI (Manual Kapasitas Jalan Indonesia) Pada kondisi existing Jalan Merdeka mulai dari Simpang Selat Malaka sampai dengan Simpang Kuta blang Kota Lhokseumawe lebar ruas jalan rata-rata 7 meter yang terdiri dari 2 lajur satu jalur satu arah dan tidak menggunakan median jalan. Dari hasil penelitian pada jalan Merdeka tersebut didapat kapasitas jalan 2479,5 smp/jam. Dengan kapasitas jalan tersebut didapat derajat kejenuhan dan tingkat pelayanan jalan dalam kategori C berarti kinerja ruas jalan masih stabil dan kecepatan makin terbatas.


References


Ansyori Alamsyah, Alik, 2008, Rekayasa Lalu Lintas, Umm Press, Malang.

Direktorat Jenderal Bina Marga, 1997, Manual Kapasitas Jalan Indonesia, Departemen Pekerjaan Umum, Indonesia

Sukirman, Silvia, 1999, Dasar-dasar Perencanaan Geometrik Jalan, Nova, Bandung

Tamin, Ofyar Z, 2008, Perencanaan dan Pemodelan Rekayasa Transportasi Teori, Contoh Soal dan Aplikasi, ITB, Bandung




DOI: https://doi.org/10.29103/techsi.v12i2.9174

Article Metrics

 Abstract Views : 49 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




TECHSI Journalindexed by:


Google Scholar Portal Garuda crossref doi




TECHSI Journalis a member of:


Mendeley Zotero



© Copyright of Journal TECHSI, (e-ISSN:2614-6029, p-ISSN:2302-4836).