SISTEM PENDETEKSI POLA TAJWID WAJIBUL GHUNNAH PADA SURAT AL-WAQIAH MENGGUNAKAN METODE SOKAL & SNEATH

Fadli syah, Bustami Bustami, Cut Chairun Nisa

Abstract


Al Quran adalah Kalamullah, sebagai mu’jizat, yang telah diturunkan kepada penutup para Nabi dan Rasul, membacanya sebagai ibadah, yang dimulai dengan surah Al-Fatihah yang ditutup dengan surah An-Nas. Untuk membaca Al Quran diperlukan pengetahuan tentang pedoman ilmu Tajwid. Pada umumnya,tidak banyak orang yang mempelajari, mudah mengerti maupun untuk menemukan hukum Tajwid di dalam kitab suci Al Quran. Oleh karena itu, sistem pendeteksi Tajwid sangat berguna untuk membantu pengguna menemukan hukum-hukum Tajwid di dalam Al Quran. Dalam penelitian ini, metode Sokal & Sneath digunakan untuk menghitung jarak keakuratan pola Tajwid pada citra Al Quran, khususnya Wajibul Ghunnah dan dibatasi dengan surat Al Waqiah. Hasil pengujian menunjukan bahwa keakuratan sistem ini sebesar 88%. Persentase detection rate tersebut menunjukkan bahwa metode Sokal & Sneath dapat digunakan sebagai salah satu pendekatan untuk pendeteksian pola Tajwid pada citra Al Quran. Sistem ini memiliki beberapa kelemahan yaitu memiliki false positive rate yang tinggi, dapat dilihat pada unjuk kerja dari sistem pendeteksi Tajwid ini, proses keakurasiannya dapat dilakukan dengan memberikan pelatihan lebih lanjut dengan tambahan data training yang lebih banyak dan lebih bervariasi. Walaupun begitu, sistem deteksi Tajwid ini tidak bisa menggantikan pentingnya guru untuk membimbing dalam belajar cara baca sesuai dengan hukum-hukum Tajwid yang benar.


Full Text:

PDF

References


Munandar, Imam. 2013. Implementasi Algoritma Deteksi Tepi Untuk Menentukan Kualitas Surface Pada Mutiara Laut Dengan Menggunakan Metode Sobel(Study Kasus PT. Autore Pearl Farm Show Room.

Gazali, Wikaria. at al 2012. PenerapanMetodeKonvolusiDalam Pengolahan Citra Digital. Jurnal Matematika dan Statistik Vol 12 No 2,Juli, 2012.

Fadhilah, Cut. 2015. Sistem Pendeteksi Pola Tajwid Al-Qur’an Hukum Idgham Bighunnah dan Idgham Bilaghunnah pada Citra Menggunakan Metode Nei and Li.

Mulya, Megah and Abdiansyah.Penerapan Multi-threading untuk Meningkatkan Kinerja Pengolahan Citra Digital. Jurnal Jurusan Teknik Informatika,Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Sriwijaya Vol 8 No 2, September 2013.

Wakhidah,Nur. 2012. Deteksi Plat Nomor Kendaraan Bermotor Berdasarkan Area pada Image Segmentation. Jurnal Transinformatika, Vol 9 No 2Januari,2012.

Ramli Nazirah, 2014. Ranking Fuzzy Numbers based on Sokal and Sneath Index with Hurwicz Criterion. Departemen Matematika Dan Statistik, Fakultas Komputer Dan Matematika Ilmu Pengetahuan, Universiti Teknologi MARA Pahang, 26400 Bandar Jengka, Pahang, Malaysia




DOI: https://doi.org/10.29103/techsi.v10i2.904

Article Metrics

 Abstract Views : 1055 times
 PDF Downloaded : 50 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




TECHSI Journalindexed by:


Google Scholar Portal Garuda crossref doi




TECHSI Journalis a member of:


Mendeley Zotero



© Copyright of Journal TECHSI, (e-ISSN:2614-6029, p-ISSN:2302-4836).