APLIKASI PEMBELAJARAN RAMBU-RAMBU LALU LINTAS MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE MACHINE (FSM) BERBASIS WEB
DOI:
https://doi.org/10.29103/techsi.v10i2.841Abstract
Banyak kecelakaan yang terjadi saat ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman masyarakat mengenai rambu-rambu lalu lintas. Rambu lalu lintas merupakan salah satu perlengkapan jalan yaitu lambang, huruf, angka kalimat atau perpaduan antaranya. Rambu sangat penting bagi pemakai jalan sebagai alat untuk pentunjuk dan peringatan pada pengguna di jalan. Untuk itu perlu diberikan pemahaman kepada masyarakat tersebut. Cara yang paling mudah adalah dengan memberikan pembelajaran berbentuk game tentang pembelajaran rambu-rambu lalu lintas. Kegiatan Penelitian ini mengembangkan game pembelajaran Rambu Lalu Lintas Berbasis Web dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai basis data. Dan menerapkan metode Finite State Machine untuk proses alur kontrol permainan yang terdiri dari 4 level, dimana player akan melengkapi jawaban dari setiap level agar dapat melanjutkan ke level berikutnya. Hasil dari game ini dapat memberikan pengetahuan tentang rambu-rambu lalu lintas yang lebih menarik untuk dipelajari dan menyadari pentingnya menaati rambu-rambu lalu lintas.
References
Abdullah, Dahlan., dkk. 2015, Game Edukasi Berbasis Role Playing Game dengan Metode Finite State Macine (FSM), Informatika. Universitas Malikus-saleh Lhoksemawe.
A.S., Rosa, Shalahuddin, M., 2013, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, Informatika, Bandung.
Andriyanto, Irwan., 2016, Game Edukasi Pengenalan Rambu-Rambu Lalu Lintas Untuk Anak SD, Skripsi. Universitas Mu-hammadiyah, Surakarta.
Huda, A.S., 2016, Game Edukasi Cepat Tepat Dengan Metode Finite State Ma-chine pada Smartphone, Skripsi. Islam Negri Maulana Malik Ibrahim, Malang.
Muharraran, Maryam., 2014, Aplikasi Pembelajaran Dasar Aksara Sunda Ber-basis Android, Program Studi Sistem In-formasi, Universitas Komputer Indonesia, Bandung.
Pratama, Dargawan Aditia., 2014, Ap-likasi Edukasi Bagi Anak Usia Dini Ber-basis Mobile Android, Program Studi Sis-tem Informasi, Universitas Komputer In-donesia, Bandung.
Reza, Baihaqi., 2015, Game Edukasi Ber-basis Role Playing Game Dengan Metode Finite State Machine, Skripsi. Universitas Malikussaleh, Lhoksemawe.
Rostianingsih, Silvia, dkk., 2011, Game Simulasi Finite State Machine untuk Per-tanian dan Perternakan, Informatika, Kristen Petra, Surabaya.
Sidik, Fajri., 2016, Implemantasi Algorit-ma Multiplicative Congruential Random Number Generator Pada Try Out SMA (Sekolah Menengah Atas) Berbasis Web, Skripsi, Universitas Malikussaleh, Lhoksemawe.
Sugiman, V.R, dkk., 2012, Pengem-bangan Aplikasi Rambu-Rambu Lalu Lintas berbasis Android Menggunakan Metode Prototyping, Sekolah Tinggi Teknologi, Garut vol 11.
Suyanto, Wardan., 2012, Pengenalan Rambu-Rambu Lalu Lintas Bagi Siswa SMK Dalam Rangka Memben-tuk Prilaku Tertip Berlalu Lintas, Yogya-karta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication and this work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
All articles in this journal may be disseminated by listing valid sources and the title of the article should not be omitted. The content of the article is liable to the author.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
In the dissemination of articles by the author must declare the TECHSI Journal as the first party to publish the article.