SISTEM KONVERSI TEXT TO SPEECH PADA DELPHI MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE AUTOMATA

Rizal Tjut Adek

Abstract


Pada era modern ini, kecanggihan komputer dalam pengolahan data sangat beragam diantaranya pengolahan suara. Pengolahan suara menggunakan berbagai macam metode. Salah satunya pengubah tulisan menjadi suara atau biasa dikenal dengan Text To Speech.Text To Speech merupakan alat pengubah inputan tulisan menjadi suara dengan mengubahphonem tulisan.Text To Speech terdiri dari dua sub sistem yakni konverter kata ke phonem dan konverter phonem ke ucapan.Phonemitu sendiri terdiri dari pecahan kata yang memiliki peech berbeda satu dengan yang lainnya.Untuk melakukan proses pemisahan phonem digunakan metode Finite State Automata. Finite State Automata dapat mengenali bahasa paling sederhana dan merupakan mesin abstrak yang masukkan dan keluarannya berbentuk diskrit. Sistem inputyang diproses oleh sistem hanya terdiri dari dua buah kata. Apabila lebih dari dua input-an kata maka program tidak dapat melakukan pemisahan kata dengan baik. Setelah pemisahan kata dilakukan, maka sistem melakukan konverter phonem ke ucapan.Ucapan yang dihasilkan diproses oleh database Indo_TTS yang dikembangkan Arry Akhmad Arman dengan menggunakan metode prosodi diphone concatenation. Namun Indo_TTS memiliki kekurangan tidak bisa membedakan kata homograf yaitu penulisan sama tetapi bacaan dan artinya berbeda. Kata yang telah dipisah akan disimpan kedalam database MySQL sebagai hasil kata yang telah diuji oleh sistem. Nantinya sistem ini akan diperuntukkan kepada masyarakat umum, pelajar maupun penderita tuna wicara

Full Text:

PDF

References


Adriati W., R., Tolle, H., & Setyawati, O. (2016). Pengembangan Aplikasi Text-to-Speech Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Finite State Automata Berbasis Android. Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (JNTETI) , Vol 5 (No. 1).

Arman, A. A. (2003). Konversi dari teks ke ucapan. Bandung.

Dutoit, T. (1997). An Introduction to Text-to-Speech Synthesis. Springer Netherlands.

Isrokah, & Yasin, M. (2013). APLIKASI KONVERSI TEKS MENJADI SUARA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENGGAL KATA FINITE STATE AUTOMATA (FSA). CYBER-TECHN , Vol 7 (No. 02).

Lee, K.-F. (1989). Automatic Speech Recognition. New york: Springer US.

Nugroho, A. S. (2013). Teori Bahasa dan Automata. Graha ilmu.

Wijaya, T., Susanto, S., & Salman, A. G. (2013). SPEECH RECOGNITION BAHASA INDONESIA UNTUK ANDROID. Jakarta: Universitas Bina Nusantara.




DOI: https://doi.org/10.29103/techsi.v10i1.518

Article Metrics

 Abstract Views : 811 times
 PDF Downloaded : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




TECHSI Journalindexed by:


Google Scholar Portal Garuda crossref doi




TECHSI Journalis a member of:


Mendeley Zotero



© Copyright of Journal TECHSI, (e-ISSN:2614-6029, p-ISSN:2302-4836).