Aplikasi Game Edukasi Tebak Gambar Ulama Se-Aceh Menggunakan Metode Rolling Hash Berbasis Android
DOI:
https://doi.org/10.29103/techsi.v12i1.1668Abstract
Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi saat ini, mengenal tokoh-tokoh ulama, sejarah dan budaya bangsa ini cendrung bosan dan kurang diminati oleh anak-anak maupun orang dewasa. Sehingga ditakutkan akan terlupakan dan hilang seiring berjalannya masa, akhirnya menjadi tantangan tersendiri bagi penulis untuk membangun sebuah aplikasi game yang bersifat edukasi. Salah satu jenis game edukasi dalam penelitian ini adalah Game Edukasi Tebak Gambar Ulama Se-Aceh Menggunakan Metode Rolling Hash Berbasis Android. Langkah- langkah yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kebutuhan, perancangan sistem dan pengujian sistem dengan white box testing dan black box testing yang dinyatakan layak pakai dan lulus uji test dengan hasil yang sesuai harapan. Aplikasi ini dirancang menggunakan model perancagan berorientasi objek yaitu UML (Unified Modelling Language) dan diterapkan dengan bahasa pemrograman Visual Studio Code, Android SDK, JavaScript, Sublime Text3 dan MySQL untuk desain file perancangan database. Untuk memecahkan permasalahan yang terdapat dalam aplikasi pada penelitian ini, penulis mengimplementasikan metode rolling hash ke dalam sistem, dikarenakan metode rolling hash adalah sebuah metode yang cocok untuk aplikasi ini yaitu untuk pencocokan suatu string menjadi angka dan untuk mengetahui kesamaan suatu substring. Serta diharapkan aplikasi ini dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk dapat meningkatkan minat anak-anak maupun orang dewasa mengingat, mempelajari dan mengenal ulama.
References
Safaat, Nazarudin. Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika, 2012.
Wijaya, Edwin. Pencocokan Pola Majemuk Dengan Algoritma Rabin - Karp. Bandung: Program Studi Teknik Informatika, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, Institut Teknologi Bandung, Jl. Ganesha 10 40132, Indonesia, 2015.
Handriyantini, E. Permainan Edukatif (Educational Games) Berbasis Komputer Untuk Siswa Sekolah Dasar. Malang: Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia, 2009.
Ismail, Andang. Education Games. Yogyakarta: Pro U Media, 2009.
Kahlert, Tobias and Kay Giza. Visual Studio Code Tips & Tricks Vol. 1. Microsoft Deutschland GmbH, 2016.
Muhtarom. Reproduksi Ulama di Era Gloalisasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.
Henderi, M. Kom. Object Oriented Modelling With Unified Modeling Language (UML). Tanggerang: Diktat Perancangan Sistem Informasi (Si-111/3 SKS) STMIK Raharja, 2010.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication and this work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
All articles in this journal may be disseminated by listing valid sources and the title of the article should not be omitted. The content of the article is liable to the author.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
In the dissemination of articles by the author must declare the TECHSI Journal as the first party to publish the article.