Aplikasi Game Edukasi Tebak Gambar Ulama Se-Aceh Menggunakan Metode Rolling Hash Berbasis Android

Wahyu Fuadi, Risawandi Risawandi, Halimatun Sakdiah

Abstract


Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi saat ini, mengenal tokoh-tokoh ulama, sejarah dan budaya bangsa ini cendrung bosan dan kurang diminati oleh anak-anak maupun orang dewasa. Sehingga ditakutkan akan terlupakan dan hilang seiring berjalannya masa, akhirnya menjadi tantangan tersendiri bagi penulis untuk membangun sebuah aplikasi game yang bersifat edukasi. Salah satu jenis game edukasi dalam penelitian ini adalah Game Edukasi Tebak Gambar Ulama Se-Aceh Menggunakan Metode Rolling Hash Berbasis Android. Langkah- langkah yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kebutuhan, perancangan sistem dan pengujian sistem dengan white box testing dan black box testing yang dinyatakan layak pakai dan lulus uji test dengan hasil yang sesuai harapan. Aplikasi ini dirancang menggunakan model perancagan berorientasi objek yaitu UML (Unified Modelling Language) dan diterapkan dengan bahasa pemrograman Visual Studio Code, Android SDK, JavaScript, Sublime Text3 dan MySQL untuk desain file perancangan database. Untuk memecahkan permasalahan yang terdapat dalam aplikasi pada penelitian ini, penulis mengimplementasikan metode rolling hash ke dalam sistem, dikarenakan metode rolling hash adalah sebuah metode yang cocok untuk aplikasi ini yaitu untuk pencocokan suatu string menjadi angka dan untuk mengetahui kesamaan suatu substring. Serta diharapkan aplikasi ini dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk dapat meningkatkan minat anak-anak maupun orang dewasa mengingat, mempelajari dan mengenal ulama.


References


Safaat, Nazarudin. Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung: Informatika, 2012.

Wijaya, Edwin. Pencocokan Pola Majemuk Dengan Algoritma Rabin – Karp. Bandung: Program Studi Teknik Informatika, Sekolah Teknik Elektro dan Informatika, Institut Teknologi Bandung, Jl. Ganesha 10 40132, Indonesia, 2015.

Handriyantini, E. Permainan Edukatif (Educational Games) Berbasis Komputer Untuk Siswa Sekolah Dasar. Malang: Sekolah Tinggi Informatika & Komputer Indonesia, 2009.

Ismail, Andang. Education Games. Yogyakarta: Pro U Media, 2009.

Kahlert, Tobias and Kay Giza. Visual Studio Code Tips & Tricks Vol. 1. Microsoft Deutschland GmbH, 2016.

Muhtarom. Reproduksi Ulama di Era Gloalisasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005.

Henderi, M. Kom. Object Oriented Modelling With Unified Modeling Language (UML). Tanggerang: Diktat Perancangan Sistem Informasi (Si-111/3 SKS) STMIK Raharja, 2010.




DOI: https://doi.org/10.29103/techsi.v12i1.1668

Article Metrics

 Abstract Views : 96 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




TECHSI Journalindexed by:


Google Scholar Portal Garuda crossref doi




TECHSI Journalis a member of:


Mendeley Zotero



© Copyright of Journal TECHSI, (e-ISSN:2614-6029, p-ISSN:2302-4836).