SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI PEMAIN BOLA MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

Asrianda Asrianda, Rozzi Kesuma Dinata, Rahmat Hidayat

Abstract


ABSTRAK

Setiap tim sepak bola mempunyai standar yang digunakan oleh pelatih dalam menentukan pemain yang sesuai dengan kriteria untuk dimasukkan ke dalam starting eleven. Terkadang pelatih bingung menentukan pemain terbaik yang dapat dimainkan. Tujuan penelitian ini adalah membuat sistem pendukung keputusan pemilihan starting eleven dan mengimplementasikan analytical hierarchy process ke dalam sistem.

Penelitian ini menggunakan metode analytical hierarchy process. Proses dari metode tersebut adalah mendefinisikan masalah dan menentukan solusi, menentukan prioritas elemen, menentukan, mengukur konsistensi, menghitung indeks konsistensi, menghitung rasio konsistensi, dan memeriksa konsistensi hierarki. Sehingga sistem menghasilkan rekomendasi starting eleven sesuai standar yang digunakan oleh pelatih.

 Berdasarkan hasil percobaan kasus yang telah dilakukan, dapat diketahui bahwa hasil perhitungan dari sistem ini sama dengan hasil perhitungan yang dilakukan secara manual. Selanjutnya, perubahan nilai bobot setiap perbandingan kriteria mempengaruhi hasil akhir, sehingga rekomendasi starting eleven dapat berubah-ubah. Secara keseluruhan penelitian ini menghasilkan sistem pendukung keputusan pemilihan starting eleven dan berhasil mengimplementasikan analytical hierarchy process ke dalam sistem.




DOI: https://doi.org/10.29103/techsi.v11i2.1522

Article Metrics

 Abstract Views : 1169 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 46 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




TECHSI Journalindexed by:


Google Scholar Portal Garuda crossref doi




TECHSI Journalis a member of:


Mendeley Zotero



© Copyright of Journal TECHSI, (e-ISSN:2614-6029, p-ISSN:2302-4836).