Perancangan Media Pembelajaran Pengenalan Huruf Dengan Unity 3D Untuk Paud Permata Bunda

Nunsina Nunsina, Epa Yanti, Cut Fadhilah

Abstract


Anak usia dini merupakan awal kreativitas anak, dan kreativitas anak diawali dengan kegiatan bermain. Kegiatan yang menyenangkan akan semakin mengembangkan kreativitas anak. Tempat dimana pendidikan seni bagi anak-anak terkesan hanya sekedar bermain. Namun perlu anda ketahui bahwa kreativitas anak dapat ditingkatkan melalui pendidikan seni yang diaplikasikan dengan permainan akan membuat anak semkain tertarik dalam pembelajaran, karena anak menemukan hal-hal baru dan hal-hal yang sudah diketahuinya. Melalui kegiatan menggambar, siswa dapat mengungkapkan berbagai ide yang ada di benaknya, dan gambar yang dihasilkan juga menunjukkan tingkat kreativitas anak.Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah menerapkan media pembelajaran pengenalan huruf dengan Unity 3D untuk Anak Usia Dini supaya mempermudah anak didik dalam memahami pelajaran secara efektif. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai sumber untuk memperluas pengetahuan di bidang  aplikasi yang menggunakan Unity 3D sebagai media pembelajarannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan dari aplikasi Unity 3D pengenalan huruf ini memudahkan pengguna dalam mengenali huruf secara real-time.


References


Affandi, d. (2017). Pengenalan Huruf Alfabet Dengan Objek 3d Augmented Reality. Jurnal Informatika. Vol.9, no.2.

AH, H. (2018). Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif.Yogyakarta : Kaukaba Dipantara.

Aris, N. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Permainan Ular Tangga Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Materi Gaya. Jurnal Pendidikan Fisika 1(1) : 11-18.

Azhar. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran dengan Augmented Reality. Bandung: Informatika.

Du, Y. e. (2019). Marker Augmented Reality Registration Agorithm Based On ORB. Proceedings, IEEE ICSP 2014 :1236-1240.

Efendi. (2016). Penerapan Teknologi AR (Augmented Reality) Pada Pemebelajaran Energi Angin. Jurnal Sistem Informasi, 9(1), 29-47.

Gargenta, M. (2018). Learning Android. California: O’Reilly Media.

Huda, N. d. (2017). Perancangan Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Huruf Dan Angka Berbasis Augmented Reality. Jurnal Siskom. Vol.6, No.2.

Lazuardy. (2018). Pemanfaat Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran. Bandung: Informatika.

Mustaqim, I. d. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal JPTK. Vol.14, No.2.

Oktavianto, M. d. (2017). Media Pembelajaran Mengenal Huruf Alfabet Berbasis Augmented Reality pada Perangkat Mobile Android. Jurnal Siskom. Vol.7, No.1.

Prameswari, D. P. (2022). Perancangan Game Edukasi Pengenalan Huruf dan Susun Kata Untuk Anak Usia Dini (Doctoral dissertation, Universitas Nusantara PGRI Kediri).

Pressman, R. S. (2010). Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Andi. .

Purwaningtyas. (2017). Pemanfaatan Media 3D. Bandung: Informatika.

Roedavan, R. (2018). UNITY- Tutorial Game Engine.Bandung : Informatika Bandung.

Rudi dan Riyana, S. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak. Bandung: Alphabeta. .

Safaat, H. (2019). Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC berbasis Android. Bandung: Informatika.

Sugiyono. (2016). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &D . Bandung: CV. Alphabeta.

Sugiyono, 2. (2019). Penerapan Teknologi Augmented Reality Pada Sistem Media. Yogyakarta : Kaukaba Dipantara.




DOI: https://doi.org/10.29103/techsi.v14i2.15063

Article Metrics

 Abstract Views : 47 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




TECHSI Journalindexed by:


Google Scholar Portal Garuda crossref doi




TECHSI Journalis a member of:


Mendeley Zotero



© Copyright of Journal TECHSI, (e-ISSN:2614-6029, p-ISSN:2302-4836).