RANCANGAN APLIKASI ANDROID UNTUK PENCARIAN LOKASI WISATA DI KOTA BANDA ACEH

Mukti Qamal

Abstract


Banda Aceh merupakan kota dimana bidang pariwisatanya sedang mengalami perkembangan yang pesat. Para wisatawan dari luar Aceh, khususnya yang baru pertama kali mengunjungi kota Banda Aceh akan sedikit kesulitan dalam mengakses tempat-tempat wisata di kota ini karena tidak mengetahui secara detail informasi mengenai lokasi tempat-tempat wisata tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sebuah Sistem Informasi Geografis berbasis mobile tentang pariwisata Banda Aceh, yang diharapkan dapat membantu wisatawan local ataupun asing dalam memilih lokasi wisata yang ingin dikunjungi dan merekomendaisikan rute terdekat dari posisi user ke tempat wisata tersebut. Metode yang menjadi dasar dalam perancangan SIG ini adalah metode Graf, dengan menerapkan algoritma pencarian rute terpendek yaitu algoritma Dijkstra. Selain itu, sistem ini akan menggunakan Haversine Formula dalam mengkalkulasikan jarak, yaitu jarak antara posisi user ke satu tempat wisata. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi berbasis Mobile Web dua bahasa yang dapat menginformasikan lokasi-lokasi wisata yang ada serta menampilkan rute terdekat dari posisi user menuju ke tempat wisata tersebut

References


Denny Charter. 2004. Desain dan Aplikasi GIS. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Eddy Prahasta. 2009. Sistem Informasi Geografi : Konsep-Konsep Dasar (Perspektif Geodesi & Geomatika). Bandung, CV Informatika.

Eddy Prahasta. 2007. Sistem Informasi Geografis: Membangun Aplikasi Web-Based GIS Dengan MapServer. Bandung: C.V Informatika.

Indra Jati Kusuma. 2013. Sistem Informasi Geografis Pariwisata Pulau Lombok Berbasis Android. Program Studi Teknik Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Stan Aronoff. 1991. “Geographical Information System: A Management Perspective”. Ottawa, Canada: WDL Publications.

Stephanus Hermawan S. 2011. Mudah Membuat Aplikasi Android. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Widy Sulistianto. 2012. Aplikasi Mobile GIS Berbasis Android Lokasi Perguruan Tinggi Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Teknik Informatika FT Industri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.29103/techsi.v11i1.1387

Article Metrics

 Abstract Views : 475 times
 PDF (Bahasa Indonesia) Downloaded : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




TECHSI Journalindexed by:


Google Scholar Portal Garuda crossref doi




TECHSI Journalis a member of:


Mendeley Zotero



© Copyright of Journal TECHSI, (e-ISSN:2614-6029, p-ISSN:2302-4836).