SISTEM PENDETEKSI POLA TAJWID AL-QUR’AN HUKUM IDGRAM BI-GHUNNAH DAN BILA GHUNNAH PADA CITRA MENGGUNAKAN METODE NEI AND LI

Deassy Siska, Cut Fadillah

Abstract


Al Quran merupakan pedoman bagi umat muslim yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantaranya yakni malaikat Jibril. Untuk membaca Al Quran diperlukan pengetahuan tentang hukum tajwid. Oleh karena itu, sistem pendeteksi tajwid diperlukan untuk membantu pengguna menemukan tajwid di dalam Al Quran. Dalam penelitian ini, metode Nei and Li Similarity digunakan untuk menghitung jarak kemiripan pola tajwid pada citra Al Quran. Hasil pengujian menunjukan bahwa keakuratan sistem ini sebesar 60% hingga 90%, proses keakurasiannya dapat dilakukan dengan memberikan pelatihan lebih lanjut dengan tambahan data training yang lebih banyak dan lebih bervariasi. Walaupun begitu, sistem deteksi tajwid ini tidak menafikan pentingnya guru dalam belajar cara baca sesuai dengan hukum-hukum tajwid yang benar.


Full Text:

PDF

References


Fadlisyah, 2013.Sistem Pendeteksian Wajah Pada Video Menggunakan Jaringan Adaptive Linear Neuron (ADALINE). Program Magister Teknik Elektro.Universitas Sumatera Utara.

Kadir Abdul, 2013, Dasar pengolahan citra dengan Delphi, Yogyakarta, Andi.

Nuruddin Triyasyid, 2015, Pedoman Ilmu Tajwid, Solo, Penerbit Taujih.

Putra Darma, 2010, pengolahancitra digital, yogjakarta, Andi.

Sutoyo T, Dkk, 2009, Teori Pengolahan Citra Digital, Yogyakarta, Andi

Seung-Seok Choi, Sung-Hyuk Cha, Charles C. 2010 Tappert A Survey of Binary Similarity and Distance Measures. Diambil dari (http://www.iiisci.org/Journal/CV$/sci/pdfs/GS315JG.pdf, diakses pada tanggal 1 Juli 2015, pukul 00:24 WIB).




DOI: https://doi.org/10.29103/techsi.v8i1.127

Article Metrics

 Abstract Views : 515 times
 PDF Downloaded : 3 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




TECHSI Journalindexed by:


Google Scholar Portal Garuda crossref doi




TECHSI Journalis a member of:


Mendeley Zotero



© Copyright of Journal TECHSI, (e-ISSN:2614-6029, p-ISSN:2302-4836).